Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Lukman Fadllun bersama Tim serta Ketua RT 40 Sungai Andai, mengecek kondisi terkini Kampung Merah Putih Banjarmasin.

Tak terasa sudah setahun lebih Kampung Merah Putih dicanangkan Pemerintah Kota Banjarmasin dan diresmikan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Kampung yang terletak di sudut kawasan Jalan Cengkeh RT.70, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, menjadi simbol spirit cinta tanah air Indonesia.

Sebutan Kamaratih atau Kampung Merah Putih, memberikan inspirasi bagi kampung-kampung lainnya di Banjarmasin, untuk menggerakkan hal serupa. Setidaknya mengibarkan merah putih menjadi keseharian semangat masyarakat Sungai Andai yang heterogen namun menjunjung tinggi rasa kebersamaan, meskipun dengan latar belakang berbeda.

Kamaratih sendiri adalah salah satu terobosan terbaik yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin.Kampung ini diresmikan Wali Kota Banjarmasin, 6 Agustus 2023 lalu bertepatan dengan momen menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78.

“Ketika Kamaratih berdiri tahun lalu, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berharap dapat menjadi simbol cinta kepada tanah air baik bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar. Sekaligus untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme yang terpancar dalam diri masyarakat kota Banjarmasin,” terang Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Lukman Fadllun, kepada awak media disela-sela peninjauan Kampung Merah Putih Sungai Andai, Sabtu (27/07/2024).

Kunjungan dirinya didampingi Kepala Bidang Ideologi dan Wasbang, H Amy Hasan, Ketua PPWK (Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan), Bambang Budiyanto dan pengurusan lain , serta Jurnalis Senior Transmedia (CNN-Trans7), Muhammad Risanta, adalah dalam upaya memberikan spirit kembali masyarakat Sungai Andai, terutama menanamkan semangat cinta tanah air.

“Kita kembali memberikan spirit kepada masyarakat Sungai Andai dan Kampung Merah Putih untuk terus menebarkan semangat cinta tanah air, termasuk gerakan mengibarkan bendera merah putih. Terlebih menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini,” kata Lukman Fadlun.

 

Tim Paskibra Kota Banjarmasin menggelar latihan di Kampung Merah Putih, Sungai Andai Banjarmasin.

Menurut Fadlun, Kesbangpol sendiri berkolobarorasi dengan Pusat pendidikan wawasan kebangsaan juga mendorong kampung-kampung lainnya meniru semangat yang tumbuh di Kampung Merah Putih ini.Karena itu pihak mengajak para Ketua RT dan penggerak pelopor untuk terus menggerakan semangat  kepada Kelurahan dan kampung-kampung lainnya di Banjarmasin.

“Ibarat lagu penyemangat, Garuda didadaku Kamaratih Kebanggaanku.Ini juga mengapa kita menginiasi berdirinya kampung Merah Putih. Karena pada waktu  tidak sampai 100 persen mengibarkan bendera merah putih. Untuk itu kami bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan, membangkitkan semangat mengibarkan merah putih, sebagai nilai-nilai perjuangan.Supaya masyarakat pada umumnya tidak meninggalkan semangat dan nilai-nilai perjuangan tersebut,”tegasnya.

Setahun berdiri Kampung Merah Putih, perlahan mengubah potret semangat warga Sungai Andai, khususnya Jalan Cengkeh RT. 70 kelurahan Sungai Andai.Karena tak hanya menjadi kampung percontohan dan model bagi kampung lainnya di Banjarmasin dan Kalsel, namun juga menjadi kampung destinasi wisata kebangsaan.

“Sebagai warga Sungai kami merasa bangga salah satu kampung disini menjadi Kampung Merah Putih. Selain menumbuhkan semangat dan nilai-nilai perjuangan, kampung kami sering dikunjungi orang sehingga menjadi wisata baru, terutama wisata kebangsaan, “ tutur Ketua RT 70 Sungai Andai, Fikri Mulyadi.

 

Tim Kesbangpol Kota Banjarmasin bersama Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan serta Pelopor Penggerak Kampung Merah Putih usai menggelar pertemuan di Aula SMP Negeri 35 Banjarmasin.

Sementara itu sebagai pembinaan lanjutan terhadap Pelopor Penggerak Kamaratih Sundai RT 70, Kesbangpol Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK), Binmas Polresta Banjarmasin menggelar Rapat dan Dialog Khusus.

“Harapan kita bersama terus tumbuh kesadaran warga Kampung Merah Putih, untuk selalu mengibarkan bendera merah putih pada hari hari Besar Nasional , ada atau tidak ada Edaran dari Pemko,” ujar Ketua Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin, Bambang Budiyanto.

Pada hari yang sama juga digelar sharing dan penyegaran bagi anggota baru baru calon Paskibra 2024 untuk berlatih diluar Balaikota yaitu di lokasi Kamaratih RT 70 Jalan Cengkeh/Ar Rahman.

“karena nantinya para anggota Paskibra tersebut akan menjadi Kader Pancasila, yang merupakan mitra kerja Pengurus PPWK, dalam menyebarluaskan pemahaman tentang Ideologi Nasional kita, yaitu Pancasila,” tandasnya. (Olpah Sari).

Olpah Sari – Penulis – Editor Economic Travelling.Com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version