Banjarmasin Kota Sangat Inovatif, Spirit Untuk ASN Berinovasi

0

Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Setdako Banjarmasin, Dr Machli Riyadi.

 

Menyandang Predikat sebagai Kota Sangat Inovatif, membuat Banjarmasin menjadi pusat perhatian nasional. Bersama sejumlah kota lainnya yang mendapat penghargaan Inovative Government Award 2023 yang dilaksanakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Banjarmasin pun sekarang dinilai sebagai kota mantap dalam pengembangan layanan publik, termasuk kemampuan mengelola kemajuan digitalisasi.

Penghargaan itu sendiri menurut Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Setdako Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, membuat jajaran ASN dibawah duet kepemimpinan Ibnu Sina dan Arifin Noor untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik berbasis data dan digitalisasi, yang semakin memudahkan masyarakat mendapat pelayanan terbaik.

Terlebih saat ini juga Banjarmasin diperkuat dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik “Baiman” di Plaza Mitra Banjarmasin. Hal ini semakin mengukuhkan Banjarmasin sebagai kota yang semakin berinovasi dalam pelayanan publik.

“Penghargaan Inovative Government Award 2023 yang dberikan Kementerian Dalam Negeri menjadi semangat luar biasa. Alhamdulillah spirit kami rasakan juga begitu mendapat amanah mewakili Bapak Wali Kota Banjarmasin untuk menerimakan langsung penghargaan tersebut,” kata Machli kepada awak media, Rabu malam (13/12/2023).

Spirit ini tentunya  menurut pria bergelar Doktor Hukum ini, harus dijadikan sebagai triger bagi Pejabat dan ASN untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik dan bisa beradaptasi dgn perkembangan zaman, baik yang menggunakan teknologi informasi sistem digital maupun inovasi-inovasi berbasis manual.

“Karena tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang bermutu dan cepat harus bisa kita wujudkan, sisi dgn filosofi pelayanan yang diajarkan pak Wali Kota Banjarmasin, Kalau bisa dipercepat jangan diperlambat, kalau bisa dipermudah jangan dipersulit dan kalau bisa selesai hari ini jangan ditunda besok,” tegasnya.

 

Dr Machli Riyadi mewakili Wali Kota Banjarmasin menerimakan Tropy Penghargaan Kota Sangat Inovatif untuk Banjarmasin, di Jakarta. (Foto-Dok Diskominfotik Banjarmasin).

Machli juga menyebutkan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik sangat penting.Terlebih Program yang dilakukan pemerintahan Ibnu Sina dan Arifin Noor berbasis kepada pelayanan terbaik di setiap sisi dan pelayanan berbasis kemasyarakat.

“Inovasi pelayanan publik diperlukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas, efisiensi, dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik. Alhamdulillah dibawah kepemimpinan Bapak Ibnu Sina dan Arifin Noor, ASN maupun pejabat mendapat spirit luar biasa mewujudkan harapan masyarakat dalam persfektif Banjarmasin Baiman,” ujar Machli.

Sekedar mengingatkan,di penghujung tahun 2023, Kota Banjarmasin kembali menuliskan prestasi terbaik yang tercatat dalam sejarah kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Kali ini penghargaan spesial diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (KemenPAN-RB) Republik Indonesia, dan menetapkan Banjarmasin sebagai Kota Sangat Inovatif.

 

Dr Machli Riyadi bersama jajaran.

Bersama Surakarta, Padang, Solok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Jogjakarta, Kota Seribu Sungai  berhasil meraih status terbaik, dalam momen Inovative Government Award 2023 yang dilaksanakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Penghargaan IGA ( Inovative Goverment Award ) kategori sangat inovatif itu diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki nilai indeks inovasi daerah di atas 60.00. Penghargaan bidang inovasi yang dilaksanakan melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Berdasarkan berbagai sumber data, menyebutkan ada 36 indikator dalam penilaian indeks inovasi daerah antara lain kemanfaatan inovasi, jumlah inovasi daerah, kualitas inovasi daerah, monitoring dan evaluasi, jumlah kajian inovasi, penggunaan IT, ketersediaan sumber daya inovasi daerah dan regulasi inovasi daerah.

Pada Katagori Kota Sangat Inovatif  ini, mencerminkan bagaimana sebuah  kota sekelas Banjarmasin, mampu melakukan inovasi-inovasi untuk tata kelola pemerintahan yang adapatif, dinamis dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(Ridzky Husna).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version