Tampil Cantik dan Sehat Pasca Lebaran

0

 

Baru saja tampil cantik saat lebaran, tentu sesuatu yang menyenangkan bagi kaum perempuan.Cantik luar dan dalam memberikan kesan sehat dan bersih, sebagaimana Islam juga mengajarkan untuk mengenakan pakaian yang bagus-bagus saat merayakan Idul Fitri.

Demikian bagi yang tengah mudik dan berlebaran di kampung halaman, cantik dan sehat bagian terpenting di suasana lebaran. Terlebih wajah segar dan cantik memberikan kesan pembeda dalam nuansa lebaran nan indah.

Nah bagaimana agar cantik pasca lebaran ini, terutama yang tengah balik lebaran menuju kota asal atau tempat bekerja. Tentunya tampil cantik saat lebaran tentunya sangat disarankan.. Bukan hanya itu, harus membuat wajah segar dan cantik saat tampil cantik saat pasca lebaran tidak bisa didapat secara instan. Perempuan pun perlu melakukan perawatan kulit sebelum lebaran sejak jauh-jauh hari untuk memperoleh tampilan kulit yang sehat.

“Yang terpenting dalam agar terlihat segar dan cantik, terutama pasca lebaran adalah perawatan yang rutin yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah atau bisa juga ke klinik kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah rutin mencuci muka. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah,” terang dr. Rizky Padelia dari Kiona Skin Clinik Banjarbaru, kepada Tim Economic Travelling.Com.

 

dr.Rizky Padelia, dokter Kiona Skin Clinic Banjarbaru.

 

Menurut dokter muda berparas cantik ini mulailah cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Selanjutnya bisa menuangkan sabun pembersih wajah dengan kandungan ringan secukupnya ke telapak tangan. Usapkan sabun cuci muka ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan-gerakan melingkar mulai atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.Lakukan ini setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan setelah beraktivitas.

“Nah selain itu jangan lupa selalu oleskan pelembap pada kulit. Kaum perempuan bisa memilih jenis pelembap sesuai dengan jenis kulit. Sebaiknya jika punya kulit kering, hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Sedangkan, bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah pelembap yang tidak rentan menyumbat pori-pori (noncomedogenic) dan berbahan dasar air,” ujar dr Rizky Padelia memberikan tips khusus.

Untuk memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari, sebaiknya menurut lulusan Fakultas Kedokteran ULM ini, tak salahnya untuk menggunakan pelembap yang mengandung SPF untuk sekaligus. Pada pagi hari, sebaiknya gunakan pelembap yang teksturnya lebih ringan. Oleskan pelembap yang mengandung antioksidan, seperti teh hijau, kedelai, koenzim Q10, atau kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu menangkal bahaya radikal bebas, penyebab penuaan kulit serta potensi kanker kulit.

Rizky Padelia juga menyarankan biasanya berpergian balik dari mudik kulit wajah sangat rentan dari beragam paparan mulai debu hingga sinar matahari. Karena itulah tampil cantik pasca lebaran seperti ini perlu didukung dengan penggunaan sunscreen atau tabir surya. Pastikan hanya menggunakan tabir surya mengandung SPF minimal 30.

“Disarankan pula ibu-ibu atau remaja putri memilih sunscreen yang mengandung titanium dioksida atau zinc oxide karena kandungan tersebut kemungkinan tidak menyebabkan iritasi pada kulit,”saran owner Kiona Skin Clinic Banjarbaru, sembari menyilakan Tim Economic Travelling.Com icip-icip kue lebaran.

 

 

 

Selama mudik lebaran, bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman, tentu sangat menguras tenaga. Karena itulah agar tetap bugar dan cantik bak putri keraton, salah satu tips nya adalah dengan tidur yang cukup.Karena tidur yang cukup konon dapat mengatasi lingkaran hitam yang biasa terlihat di area mata.

“Tidur yang cukup itu dapat meningkatkan warna kulit tetap lebih cerah dan segar. Berbagai penelitian kesehatan menyebutkan kurang tidur akan berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga muncul tanda penuaan. Maka dari itu, disarankan untuk tidur selama 7—9 jam setiap harinya. Yang terpenting itu adalah bagaimana kita sehat dan kulit segar dan cantik,” katanya.

Sama seperti bulan Ramadan, saat lebaran dan pasca lebaran Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi, kulit akan terasa kering, kasar.

“Mengonsumsi air putih dengan cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara tampil cantik saat lebaran dan pasca lebaran. asupan cairan tubuh yang tercukupi bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik dan membuat segar.Pastikan kulit dan wajah terus segar dan cantik,” pesannya .(Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version