Warga Sambut Gembira Fasilitas Kemudahan Miliki Rumah Dari Bank Kalsel  

0

Foto Ilustrasi

Banjarmasin – Upaya Bank Kalsel mendukung program Kementerian PUPR agar memudahkan masyarakat mendapatkan rumah dengan harga terjangkau, diapresiasi semua kalangan. Terlebih sebelumnya Bank kebanggaan warga Kalsel ini telah menjalin kerjasama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA), terkait program penyaluran Pembiayaan maupun Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera untuk tahun 2023.

Sekedar diketahui memiliki rumah adalah impian banyak orang. Meskipun demikian tidak semua orang memiliki kesempatan untuk punya rumah sendiri. Dana yang terbatas memang menjadi problem yang dihadapi masyarakat, apalagi yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, KPR Subsisi adalah kredit atau pembiayaan kepemilikan rumah yang mendapat bantuan atau kemudahan dari pemerintah berupa dana murah jangka panjang dan subsidi perolehan rumah yang diterbitkan oleh Bank pelaksana baik secara konvensional maupun dengan prinsip syariah.

Ada tiga jenis KPR subsidi yang terdiri dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Rumah (FLPP), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Subsidi Selisih Bunga (SSB). KPR FLPP adalah dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Alhamdulillah, dengan sekarang ada kerjasama Bank Kalsel dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA), semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan maupun kredit.Mudah-mudahan masyarakat bisa segera mendapatkan kemudahan tersebut,” ujar Andra, salah satu warga Landasan Ulin Utara, Banjarbaru.

Hal serupa dirasakan Udin, salah seorang pekerja serabutan di kawasan Teluk Dalam Banjarmasin.Dirinya sedikit lega ada upaya pemerintah termasuk Bank Kalsel, memudahkan masyarakat untuk membeli rumah dengan sistem KPR FLPP, salah satu jenis KPR subsidi.Karena selama ini dia bersama istrinya tinggal di rumah kontrakan dan mendambakan membeli rumah dengan harga yang terjangkau bisa dicicil dengan sesuai kemampuan.

“Harapan kita tahun 2023, mungkin kami bersama warga lainnya bisa mendapatkan kemudahan, semoga saja bisa difasilitasi oleh Bank Kalsel,”harap Udin.

Sebelumnya Bank Kalsel melakukan penandatangan Kerjasama Bersama Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA). Kerjasama yang dijalin tersebut adalah dalam program penyaluran Pembiayaan maupun Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera untuk tahun 2023. Kedua belah bersepakat dalam kerjasama yang bertujuan memudahkan dan memfaslitasi masyarakat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version