Bank Kalsel Syariah Kenalkan Pentingnya Perbankan Syariah  Bagi Dunia Usaha

0

 

Banjarmasin – Menggeliatnya ekonomi pasca transisi pandemi ke endemi, memberikan dampak bagus bagi dunia usaha, khususnya sektor UMKM.Sejumlah pengusaha mikro dan kecil pun terus bergerak memanfaatkan momentum kebangkitan perekonomian ini.

Setidaknya sejumlah sektor usaha pun terdongkrak seiring membaiknya kondisi saat ini. Hal ini membuka pergerakan dunia usaha, yang diperlihatkan dengan semangat luar biasa untuk menghasilkan produk-produk berkelas dan unggulan. Terlebih saat ini kalangan perbankan memberikan kemudahan dari segi pembinaan dan pembiayaan dalam pengembangan usaha berkelanjutan.

Hal ini pula yang mendorong Bank Kalsel Syariah gencar melakukan sosialisasi terkait perbankan syariah. Masih banyaknya pelaku usaha belum memanfaatkan produk-produk perbankan syariah, menjadi tantangan tersendiri.Padahal sejumlah kemudahan  dari beragam produk perbankan syariah cukup tersedia di Bank Kalsel Syariah.

Salah satu sasaran pemahaman perbankan syariah adalah pelaku usaha khususnya yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kalimantan Selatan. Di sela-sela kegiatan pelantikan Pengurus Hipmikindo Kalsel Periode 2023-2027, Bank Kalsel Syariah memberikan pemahaman dan wawasan tentang perbankan syariah, termasuk sistem kerja perbankan syariah.

“Bank Kalsel Syariah sendiri banyak memiliki produk dan jasa serta layanan yang ada. Mulai Tabungan Haji dan Pembiayaan Talangan Umrah (Tabungan Haji iB-Ar-Rahman) hingga Pembiayaan Syariah.Tentunya bagi dunia usaha produk yang tepat adalah produk  pembiayan syariah, mulai konsumtif,produktif hingga pembiayaan produktif Program Pemerintah,” terang Muhammad Riansyah, Koordinator UMK KCS Bank Kalsel Banjarmasin, dalam presentasi di hadapan ratusan anggota Hipmikindo Kalsel , Selasa (17/01/2023).

Bagi Bank Kalsel Syariah sendiri menurut Riansyah, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan terkait Perbankan Syariah serta produk, jasa maupun layanan yang ada di Bank Kalsel Syariah. Bagi dunia usaha Bank Kalsel Syariah memiliki program-program pembiayaan

“Sebut saja pembiayaan produktif  yang di dalamnya  ada pembiayaan Murabahah Modal Kerja, selanjutnya Mudhabarah Modal Kerja hingga pembiayaan Musyarakah.Sedangkan Pembiayaan konsumtif terdapat Pembiayaan Hunian ib Arrahman seperti pembelian rumah, kendaraan bermotor sampai dengan pembiayaan multijasa ib Arrahman,” tambahnya lagi.

Sosialiasi sekaligus pemahaman tentang perbankan syariah yang disampaikan terbuka Tim Bank Kalsel Syariah Banjarmasin sendiri diapresiasi sejumlah pelaku usaha. Tawaran produk pembiayaan berbasis syariah sedikit banyak dinilai memberikan manfaat luar biasa bagi mereka yang sebagian besar membutuhkan kucuran dana segar untuk mengembangkan usahanya.

“Alhamdulillah, kami mengapresiasi kepada Bank Kalsel Syariah.Intinya produk-produk yang ditawarkan seirama dengan visi kami terutama dalam mengembangkan usaha yang semakin baik. Tentunya melalui sistem berbasis syariah ini sangat pas bagi kami.Mudah-mudahan kami, terutama pelaku UMKM di daerah mendapatkan kemudahan dalam mengakses pembiayaan-pembiayaan berbasis syariah ini,” ujar Ludya, pelaku UMKM dan penggiat pariwisata Tanah Bumbu. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version