Wapres Ma’aruf Amin : MTQ Mengedukasi Umat Semakin Mencintai Al-Quran

0

Martapura – WAKIL Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap MTQ menjadi wahana mengedukasi umat untuk mencintai dan membumikan Alquran,bukan sekedar berlatih dan berlomba membaca Alquran semata.

“Saya berharap MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca  Alquran, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran,” ujar Wapres Ma’ruf Amin, saat membuka secara resmi MTQ Nasional XXIX 2022, di Astaka Utama Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu malam (12/10/2022).

Wakil Presiden juga optimis Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan. Harapannya dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju.

“MTQ ini diharapkan pula bisa meningkatkan kesadaran beragama yang humanis dan terbuka. Tak hanya itu ini sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” kata Ma’ruf Amin.

 

 

Disela-sela sambutannya itu Wakil Presiden juga menginginkan nilai-nilai kerukunan dan toleransi lebih diutamakan. Menurutnya Alquran harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

Sementara itu Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor mengungkapkan bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memegang tanggung jawab besar dalam menyukseskan MTQ Baik sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi bagi Kalimantan Selatan dan Indonesia. Lebih dari itu, tentu substansi dan makna MTQ di Provinsi Kalimantan Selatan kiranya menggerakkan seluruh umat Islam untuk lebih mencintai Islam.

“Harapannya MTQ Nasional XXIX 2022 ini tidak hanya sukses secara penyelenggaraannya. Namun, kata dia, juga semakin memupuk ketakwaan dan keIilaman seluruh umat muslim di Indonesia,” ujar Gubernur yang akrab dipanggil dengan sebutan Paman Birin.

 

 

MTQ Nasional XXIX sendiri diselenggarakan di tiga Kabupaten dan Kota, yakni Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.Pelaksanaan sendiri digeber sejak tanggal 10 Oktober hingga 19 Oktober 2022 dengan 12 venue yang tersebar di tiga kota, Martapura, Banjarbaru dan Banjarmasin.

Bagi Kalimantan Selatan sendiri ini merupakan yang kedua kali menjadi tuan rumah, setelah MTQ Nasional III tahun 1970 di Banjarmasin, sejak pelaksanaannya dimulai dari Ujung Pandang, Sulawesi Selatan tahun 1968 silam. (Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version