Produksi Pertanian Memuaskan Kalsel Siap Menjadi Penyangga Pangan Ibukota Negara

0

Pesan Khusus Paman Birin, Wujudkan Pertanian Kalsel Lebih Baik

Banjarbaru – Gubernur Kalsel Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor meminta Forum Musrembang Pertanian, untuk dapat memantapkan penyusunan rencana kerja pembangunan lingkup pertanian, baik provinsi maupun kabupaten/kota, demi terwujudnya pembangunan pertanian yang lebih baik di Kalsel.

Pesan ini disampaikan Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, mewakili Gubernur Kalsel, membuka secara resmi Musrenbangtan Tahun Anggaran 2023 di Q Grand Daffam Syari’ah Hotel, Senin (28/3)

Lebih lanjut Roy menyampaikan pesan khusus Paman Birin , diakui pertanian merupakan sektor yang tidak terlalu terdampak oleh adanya pandemi Covid-19. Bahkan, pembangunan pertanian dalam lingkup perkebunan dan peternakan, mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat. Tercatat produksi-produksi tanaman perkebunan karet, kelapa sawit hingga peternak sangat menggembirakan.

“Terlihat disini angka produksi karet, produksi kelapa sawit dan daging, sudah sangat memuaskan, tercatat nilai capaian kinerja di atas 90 persen,” ungkap Roy.

 

 

Sekdaprov Kalsel ini juga menegaskan, dalam mengerjakan program agar lebih memfokuskan program paling prioritas diantara program prioritas. Apalgi Kalsel memiliki komoditas unggulan, seperti komoditas kelapa sawit, karet, kopi, sapi potong, kambing, serta itik.

Jika menengok saat ini berbagai program prioritas yang telah direncanakan Pemprov Kalsel, diantaranya integrasi kelapa sawit – sapi potong berbasis kemitraan usaha ternak inti plasma (Siska Ku Intip).Selanjutnya adalah pengembangan pengembangan korporasi petani berbasis kawasan karet (intervensi ternak kambing didalamnya), sehingga dapat mempercepat tercapainya swasembada daging, ketahanan pangan dan penyangga pangan ibu kota negara.

“Mari kita bergerak lebih cepat. Optimalkan potensi dan peluang sektor perkebunan dan peternakan secara terintegrasi, dari hulu hingga ke hilir, sehingga tumbuh kemandirian daerah dan kesejahteraan rakyat,” ajaknya.Musrembangtan Tahun Anggaran 2023, juga mendapat perhatian serius Ketua DPRD Prov Kalsel, H Supian HK, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel, Suparmi. Musrembang sendiri juga dihadiri langsung Kepala Dinas yang membidangi sektor pertanian se- Kalsel.

 

Kepala Dinas Perkebunan dan peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Drh HJ.Suparmi MS, dalam berbagai kesempatan kepada wartawan menyampaikan salah satu program dalam percepatan penyediaan daging sapi atau yang dikenal SISKA KUINTIP (Sistem Integrasi Sawit-Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma) akan terus didorong untuk diimplementasikan oleh Perusahaan Besar Swasta (PBS) Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan.

 

Suparmi juga membeberkan Program SISKA KUINTIP juga didukung dengan Pergub Nomor 053 Tahun 2021 tentang Percepatan Swasembada Sapi Potong Melalui Program Integrasi Sapi-Sawit. Selain itu juga sedang disusun Perda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan yang didalamnya juga mengatur implementasi integrasi sapi-sawit.

“Harapan kita semua program model seperti ini dapat berjalan baik untuk percepatan penyediaan daging sapi untuk Kalsel,dan juga untuk penyangga pangan Ibukota Negara Baru ” ucap Suparmi.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version