Indonesia Andalkan Tiga Desa Wisata Ke  “UNWTO Best Tourism Villages 2021”

0

Indonesia Andalkan Tiga Desa Wisata Ke  “UNWTO Best Tourism Villages 2021”

Jakarta– Indonesia salah satu sorga tersembunyi yang menyimpan sejuta pesona dan keindahan.Tak heran keelokan alamnya dengan hamparan pemandangan terbaiknya menjadi jaminan negeri ini kaya dengan potensi pariwisata. Indonesia pun dikenal pula negeri indah yang memiliki kekayaan alam, budaya, sukunya yang beragam hingga potensi desa wisatanya..

Perkembangan terbaru, ternyata sekarang banyak desa-desa di Indonesia yang terus mengembangkan potensi  alam dan budaya mereka, yang kental dengan kearifan lokal. Hal inilah membuat  desa wisata yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat sangatlah diminati wisatawan.Alasannya  desa wisata  itu dinilai lebih personalize, customize, _localize, dan smaller in size.

Bahkan beberapa dari desa wisata di Indonesia  tersebut sudah menyabet predikat 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Dari inilah akhirnya ada desa-desa wisata terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang “UNWTO Best Tourism Villages 2021”. Desa wisata tersebut meliputi Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, DIY Yogyakarta, disusul  Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dan terakhir Desa Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

 

 

Ketiga desa ini siap beradu keindahan dengan desa wisata di berbagai belahan dunia. Ketiganya harus bersaing ketat, karena ada sejumlah desa yang menjadi pesaing cukup berat dan sudah terkenal secara global. Pesaing yang harus dihadapi wakil Indonesia adalah Murcia (Cehegin), Spanyol; Alonissos, Westerb Samos, dan Soufli yang mewakili Yunani; serta desa wisata dari Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan masih banyak lagi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/11/2021) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketiga desa yang berhasil mewakili Indonesia di ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021.

 

 

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah kita bersama dalam menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lomba desa wisata bertaraf internasional ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri untuk bangsa Indonesia, sekaligus sebagai salah satu upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah global. Untuk itu, mari Sandiaga mengajak wisatawan untuk menelusuri apa saja keunggulan dari ketiga desa wisata tersebut.( Fikri Husaini-Risanta ).

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version