Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Belajar Ilmu Branding

0

 

Bali – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreati Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak mahasiswa di Universitas Brawijaya untuk belajar branding melalui brand “Wonderful Indonesia”. Dia menjelaskan memasuki industri 4.0, kemampuan mengkomunikasikan suatu produk hingga personal branding sangat dibutuhkan. Salah satu yang dapat dipelajari untuk meningkatkan branding dan personal branding, adalah  dari pengelolaan brand Wonderful Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga, dalam acara webinar YES Goes To Campus, bertajuk “Branding for Millennial 2021”, yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Malang yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Sabtu (25/09/2021).

“Kemenparekraf memiliki sebuah brand kepariwisataan nasional yaitu Wonderful Indonesia. Meskipun berbeda skala dan konteks dengan personal branding, ada beberapa hal yang Saudara dapat pelajari dari pengelolaan brand Wonderful Indonesia ini. Saya merangkum beberapa hal ini dalam sebuah rumus 5K, yakni kapabilitas, konsisten, kolaborasi, kreatif, kepribadian,” ujar Sandiaga Uno.

 

Dalam pelajaran kapabilitas yang bisa diambil dari brand Wonderful Indonesia, menurut Sandiaga Uno, brand kepariwisataan nasional ini memiliki performa brand yang terus meningkat serta mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan dari berbagai institusi internasional.

“Berkaca pada hal tersebut, maka K yang pertama yang dapat kita pelajari dari brand Wonderful Indonesia adalah Kapabilitas. Be excellent at what at you’re doing! Bangun kapabilitas sesuai dengan bidang yang Saudara tekuni,” kata Sandiaga.

Sandiaga menyebut konsistensi diperlukan dalam melakukan branding dalam suatu produk hingga personal branding. Wonderful Indonesia, adalah yang terus melakukan penyegaran , namun tetap mempertahankan pesan inti dan visual brand-nya.

Selanjutnya adalah kolaborasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif maupun sektor lain kerap dilakukan brand Wonderful Indonesia. Sehingga dapat menunjang dan memperluas segmen pasar dan memperkuat posisi brand. K yang berikutnya adalah Kreatif dalam Wonderful Indonesia yang banyak melakukan inovasi dalam segi konten hingga aktivitas promosi yang menarik.

“Dan yang terakhir adalah kepribadian. Perubahan perilaku audiens juga menjadi salah satu yang perlu kita perhatikan. Ekspektasi dan keraguan masyarakat terhadap brand semakin tinggi. Maka pelajaran terakhir yang bisa kita petik dari brand Wonderful Indonesia adalah asah Kepribadian,” ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengajak semua pihak terutama para generasi muda agar tetap semangat, memanfaatkan masa pandemi ini untuk berbenah diri, meningkatkan kualitas skill dan produk, serta memanfaatkan peluang yang ada dengan inovasi dan kreativitas, untuk mendorong percepatan pemulihan perekonomian.

“Sehingga akhirnya mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

 

 

Dalam webinar YES Goes To Campus, bertajuk “Branding for Millennial 2021”,Menparekraf Sandiaga Uno, didampingi oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya dan Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Paham. Webinar tersebut juga dihadiri langsung Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS; Wakil Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim , M.Si; dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya, Dr. drg. Nur Permatasari, M.S.( Olpah Sari Risanta )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version