Pesan Indah Dari Camp Green Grass Cikole Lembang

0

Road To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022

Suara hape berdering dari ruangan redaksi Economic Travelling.Com, di kawasan Sultan Adam Permai Banjarmasin. Wah ada 4 misccall disertai video call, saat sejumlah reporter tengah sibuk berolahraga di halaman kantor Economic Travelling.Com, Sabtu pagi (05/03/2022). Buru-buru redaksi pun melakukan panggilan video call balik  kepada sang pengirim panggilan yakni traveler Abby.

“Selamat pagi, ini Abby kebetulan nih lagi di camp Green Grass Cikole.Saat ini kami lagi mengawali kegiatan Road to Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022,” ujar Abby, usai menunggang kuda menyusuri persiapan acara, di kawasan Green Grass Cikole, Lembang, Bandung.

Tak lama berselang Abby pun mengajak sosok yang familiar di kalangan publik Kalimantan Selatan. Sosok ini pun membuat para awak Economic Travelling.Com langsung mengenalinya. Hermansyah Manaf, Msi, terlihat tersenyum menyapa. Pria yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan  Perikanan Jawa Barat, mengaku surprise bertemu teman-teman di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah…salam buat kawan-kawan wartawan di Banjarmasin. Kebetulan hari ini kami bersama kawan-kawan penggiat pariwisata dan lingkungan hidup, seperti Abby melakukan Road To Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, yang diawali dari kawasan Green Grass Cikole, Lembang, Bandung,” sapa Hermansyah, yang dulu pernah menjabat sebagai Kepala Biro Humas Pemprov Kalsel.

 

Pemerintah Jawa Barat sendiri menurut Hermansyah,sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas penggiat pariwisata nasional Abby, Ashadi dan Yulianjar Wati, untuk menggelorakan semangat kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19. Apalagi kegiatan Borneo Camping Festival dan Arak Budaya 2022, bukan sekedar seremonial dan sekedar kumpul-kumpul saja, namun makna mendasar adalah ikut menjaga kelestarian alam dan penanaman pohon untuk warisan kepada anak cucu di masa depan.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Diawali di Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat. kita dorong pemulihan ekonomi melalui atraksi budaya dan pengenalan destinasi wisata yang diawali dari Cikole, Lembang,” kata Hermansyah, yang ikut langsung melakukan penanaman bibit pohon termasuk pohon endemik Kalimantan di kawasan Green Grass Cikole, Lembang, Bandung.

Hermansyah sendiri optimis pelaksanaan Borneo Camping Festival dan  Arak Budaya 2022, yang diselenggarakan 24 Juni hingga 2 Juli berjalan lancar dan sukses.Apalagi animo peserta mengikuti event berskala nasional dan internasional ini cukup tinggi. Kabarnya sejumlah komunitas pencinta alam dan olahraga otomotif berbagai kota di tanah air mulai menyatakan keikutsertaan.

 

Pelaksanaan Road To Borneo Camping Festival dan  Arak Budaya 2022,diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas di Jawa Barat.Sejumlah agenda mewarnai pelaksanaan event di kawasan Green Grass Cikole, seperti kunjungan pelaku UMKM binaan Dinas Kelautan dan  Perikanan Jawa Barat sekaligus pameran produk UMKM, pertunjukan musik diwarnai aksi peserta yang menyumbang lagu serta olahraga pagi.Kegiatan juga dilakukan dengan penanaman bibit pohon secara serentak.

“Alhamdulillah, Road To Borneo Camping Festival dan  Arak Budaya 2022, menjadi pesan indah yang dibawa dari Cikole, Lembang, Bandung. Pesan itu bahwa wisata minat berbasis alam ada aspek penghayatan dan penghargaan bagi kelestarian alam, lingkungan dan budaya,” ucap ABBY Ketua Panitia  Borneo Camping Festival dan  Arak Budaya 2022.

 

Dipilihnya Bandung mengawali perjalanan event nasional ini, karena visi dan misi kegiatan wisata berbasis alam ini juga selaras dengan pesatnya pertumbuhan venue wisata minat khusus. Sinkronisasi dan kolaborasi antara Kalimantan Selatan dan Jawa Barat, menandakan Indonesia secara bersama-sama mengandeng tangan membangkitkan sektor pariwisata Indonesia pada tahun 2022.

“Insya Allah puncak kegiatan ini di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar Juni dan Juli 2022. Alhamdulillah dukungan luar biasa dimana-mana. Namun sebelumnya Selanjutnya selepas lebaran Road To Borneo Camping Festival dan  Arak Budaya 2022 di kawasan Segoro Gunung,Karang Anyer, Jawa Tengah.Doakan kegiatan kita bersama ini berjalan sukses,” harap Abby, traveler perempuan Indonesia yang terobesi mengenalkan destinasi-destinasi Indonesia ke penjuru Indonesia. (Olpah Sari Risanta).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version