Gandeng UPZ Bank Kalsel dan Baznaz, Pemko Banjarmasin Bedah Rumah Layak Huni

0

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meresmikan secara resmi kunci rumah yang dibedah kepada 10 warga dari keluarga pra sejahtera di Banjarmasin.

Program pengentasan kemiskinan dan kepedulian terhadap masyarakat pra sejahtera, terus dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin. Komitmen ini merupakan bagian dari visi dan misi Baiman 2 yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Meskipun sebagai salah satu daerah yang dianggap berhasil melakukan penurunan kemiskinan ekstrem yang semula 1,12 persen pada Maret 2023 lalu, sudah turun hingga 0,83 persen pada tahun 2024, namun perhatian kepada masyarakat yang tergolong dalam katagori ini cukup tinggi.

Ini diwujudkan Pemerintah Kota Banjarmasin dengan menggandeng UPZ Bank Kalsel dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banjarmasin dengan melakukan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Realisasinya program ini menyasar 10 rumah dan Kepala Keluarga se-Kota Banjarmasin. Dan kegiatannya sendiri dipusatkan di Jalan Teluk Tiram Darat, Banjarmasin Barat, Senin (14/10/2024).

 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Ketua Baznas Riduan Masykur dan Direktur UPZ Bank Kalsel Muhammad Fajri Muhtadi serta undangan lainnya di sela-sela peresmian Bedah Rumah Tidak Layak Huni.

Rumah yang selesai dibedah ini pun secara simbolis diresmikan langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.Peresmian sendiri disaksikan langsung Ketua Baznas Riduan Masykur dan Direktur UPZ Bank Kalsel Muhammad Fajri Muhtadi serta undangan lainnya dan masyarakat Teluk Tiram Darat. Bersamaan dengan itu Baznas Banjarmasin juga menyerahkan bantuan pendidikan dan modal usaha untuk warga penerima manfaat.

“Alhamdulilah program perbaikan ini memang sudah menjadi rutinitas setiap tahun baik dari Pemerintah Kota Banjarmasin maupun Baznas Banjarmasin untuk saling berkolaborasi menjenguk dan mendata masyarakat yang rumahnya dinilai sudah tidak layak huni,” terang Ibnu Sina.

Pihaknya sendiri bersyukur bersama Baznas kota Banjarmasin dan UPZ Bank Kalsel kita menyerahkan bantuan Rutilahu 2024 sebanyak 10 unit yang tersebar di lima kecamatan

“Ini tentu sangat bermanfaat bagi warga kita yang memang layak dibantu berdasarkan hasil evaluasi tim survei Baznas Banjarmasin di lapangan,” tambah Ibnu.

Untuk itu, Ia pun meminta dukungan seluruh elemen dan masyarakat agar program sosial Rutilahu ini bisa terus berlanjut dan lebih baik lagi dalam pelaksanaannya.

“Ini 10 unit dari Baznas, dan dari Pemko sendiri itu ada sekitar 168 rumah yang telah dibantu, kami mohon supaya program bedah rumah ini bisa berjalan semakin baik,” harapnya.

Ibnu Sina pun optimis dengan program-program ini sangat produktif dan tepat sasaran sehingga bisa membantu masyarakat Banjarmasin.Dirinya berharap pun sangat berterima kasih dengan semua pihak dengan mendukung program ini, termasuk juga bantuan untuk pendidikan dan biaya modal usaha.(Ridzky Husna).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version