Ficth Rating Indonesia : Bank Kalsel Peringkat Nasional A

0

Foto Ilustrasi - Dok Bank Kalsel.

Catatan bagus kembali ditorehkan Bank Kalsel. PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel) diafirmasi oleh Fitch Ratings Indonesia sebagai Peringkat Nasional Jangka Panjang obligasinya di ‘A(idn)’. Sekedar diketahui Outlook untuk Peringkat Nasional Jangka Panjang adalah Stabil.

Berdasarkan keterangan resmi yang dilansir Fitch Ratings Indonesia, Peringkat Nasional ‘A’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama

“Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Kalsel ditopang oleh dukungan pemerintah dan profil kredit standalone-nya. Pentingnya bank ini bagi provinsi Kalimantan Selatan mendasari ekspektasi kami akan kemungkinan yang kecil untuk dukungan luar biasa dari pemerintah Indonesia (BBB/Stabil), jika diperlukan,” demikian keterangan resmi yang ditulis Fitch Ratings Indonesia,Rabu (14/08/2024).

Dalam pandangan Ficth dukungan pemerintah juga mempertimbangkan terbatasnya kepentingan bank ini secara sistemik di level nasional. Pemerintah Kalimantan Selatan mengendalikan 25,1% saham Bank Kalsel pada akhir 2023, sementara berbagai pemerintah kota dan kabupaten di provinsi ini memiliki sisa sahamnya

“Bank Kalsel memiliki peran dan keahlian yang signifikan sebagai bank regional, memfasilitasi pinjaman kepada pegawai negeri, proyek pemerintah, dan bisnis lokal, serta berfungsi sebagai bendahara pemerintah daerah yang menangani dan menyalurkan dana pemerintah,” tulis Fitch Rating Indonesia dalam siaran resminya.

Disebutkan Fitch Rating, kondisi juga tercermin dalam pangsa pasar yang signifikan di Kalimantan Selatan, dengan pangsa pasar pinjaman sekitar 15% pada akhir 2023. Pemberian pinjamannya terdiri dari pinjaman konsumen (53%), pinjaman korporasi atau komersial (38%), dan pinjaman UKM (9%).

Fitch menilai bahwa pemerintah Indonesia memiliki kecenderungan untuk mendukung Bank Kalsel, karena bank ini memiliki pangsa pasar pinjaman dan deposito yang signifikan di provinsinya, meskipun kepentingan sistemiknya secara nasional terbatas.

Disebutkan pula profil kredit mandiri Bank Kalsel dibatasi oleh pangsa pasarnya yang sangat kecil dengan operasinya terutama di provinsi Kalimantan Selatan. Kualitas aset dan profitabilitasnya sejalan dengan rata-rata bank regional yang diperingkat Fitch. Kapitalisasinya sedikit lebih rendah dari rata-rata industri, sementara pendanaan dan likuiditasnya tunduk pada fluktuasi musiman dan risiko konsentrasi sedang. (Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version