Andri Radiany :  AI Itu Efisien Memudahkan Kita Bekerja

0

Project Officer STIE Pancasetia , Dr.M. Andri Radiany, BFt., MM Saat memberikan spirit bagi lulusan STIE Pancasetia Banjarmasin.

 

Era kemajuan teknologi harus disambut dengan baik, terlebih saat ini ilmu pengetahuan terus berkembang. Salah satu  di bidang sains yang berimplikasi ke bidang-bidang lainnya.

Era digital atau disebut pula dengan era mondial atau era global, mengharuskan setiap orang harus mampu menjemputnya dengan baik, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Dan yang menjadi perhatian dan sangat membantu aktivitas masyarakat sedunia adalah penggunaan Artificial Intelligence(AI) atau kecerdasan buatan. Penggunaan AI dapat meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang repetitif dan berulang.

Hal itu memungkinkan setiap orang maupun kelompok bisa fokus pada tugas-tugas yang memerlukan pemikiran kreatif dan strategis. Kemudahan ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor.

Demikian hal ini disampaikan Project Officer STIE Pancasetia , Dr.M. Andri Radiany, BFt., MM dihadapan ratusan wisudawan S1 dan S2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, di Ballroom Lima Rasa, Banjarmasin, Jumat (20/10/2023).

“ AI atau kecerdasan buatan itu secara signifikan meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai bidang, terutama untuk pekerjaan yang repetitif atau berulang-ulang.Berbeda dengan manusia, mesin tidak memerlukan istirahat untuk memulihkan diri dari kelelahan dan meningkatkan produktivitas,” terang Andri Radiany.

 

Project Officer STIE Pancasetia , Dr.M. Andri Radiany, BFt., MM, memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik pada Wisuda STIE Pancasetia tahun 2023.

Andri begitu sapaan akrab eksekutif muda, mencontohkan keberadaan AI sangat membantu aktivitas manusia sehari-hari, seperti google asisten, siri, maupun alexa yang merupakan asisten virtual dan bekerja dengan menggunakan teknologi AI.Yang dikenal pula sebagai sistem rekomendasi yang biasa ditemui saat membuka aplikasi dan web e-commerce juga merupakan penerapan dari AI.

“Salah satu AI memudahkan saya membuat foto-foto menarik lewat aplikasi image generation atau chat GPT. Teks sambutan saya pun merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung penggunaan AI. Karena itulah manfaatkan AI sebaik mungkin untuk memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan kita,” kata Andri.

Andri pun sangat mengapresiasi keberadaan teknologi AI yang membantu dalam setiap aktivitas terutama yang bersentuhan teknologi komputerisasi dan jaringan

Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya. Diketahui ilmuwan Komputer Professor John McCarthy adalah tokoh yang memperkenalkan konsep AI pada tahun 1956.

Karakteristik AI meliputi kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu. Artificial Intelligence terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda.

Artificial intelligence (AI) yang dilansir dari berbagai literatur menyebutkan memberikan manfaat seperti meningkatkan produktivitas, cepat dan efisien, membantu meminalkan kesalahan manusia (biasa ditemui pada mobil yang hadir dengan fitur-fitur sensor untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan). Selain itu AI juga mudah dilakukan secara otomatisasi (biasanya mendeteksi spam dalam email maupun virus). (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version