Tahun Investasi Parekraf ASPPI Siap Bergandeng Tangan Dengan GIPI

0

 

Jakarta – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menyatakan dukungan penuh bagi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dalam meningkatkan investasi bagi pariwisata dan ekonomi kreatif.

ASPPI sendiri pun berkomitmen sebagai organisasi terbuka yang tergabung dalam GIPI, untuk berperan aktif mendorong percepatan pertumbuhan industri pariwisata setelah sempat dihantam badai dan tsunami pandemi Covid-19. Hal ini selaras dengan keinginan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, membangkitkan pariwisata Indonesia butuh kebersamaan dan menerapkan strategi yang dikenal dengan 3G (Gercep,Geber dan Gaspol).

“Sebagai organisasi terbuka dan selalu siap berkolaborasi serta bersinergi dengan siapa pun.Karena itulah kami pun selalu mendukung penuh program-program kerja GIPI, sebagai salah satu wadah pemersatu para pengusaha sektor swasta bidang kepariwisataan untuk membangun pariwisata nasional,” terang Wakil Ketua Umum DPP ASPPI, H.Hendri,SE.MM, disela-sela Rakernas I GIPI Tahun 2023, di Hotel Rafles Jakarta, Selasa (23/05/2023).

Terkait dengan keinginan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, agar para pengusaha tidak wait and see di tahun politik, sebagai organisasi yang diisi praktisi pariwisata, ASPPI menurut Hendri akan mendukung sepenuhnya keinginan “Mas Menteri” sebutan akrab Menparekraf.

“Tentunya ASPPI selalu bergandengan tangan dengan pihak mana pun, termasuk bersama GIPI, memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan investasi.Kita menyambut baik keinginan pemerintah melalui Kemenparekraf yang menyebutkan bahwa Nantinya investasi di sektor parekraf akan digunakan untuk membangun ekosistem pariwisata,” kata Hendri.

 

Indonesia Travel Mart salah satu event nasional yang digelar ASPPI, dalam rangka percepatan pemulihan pariwisata Indonesia pasca pandemi.

Hal senada diungkapkan pula Sekretaris Umum DPP ASPPI, Rudy Indriawan, yang melihat keinginan pemerintah membangun ekosistem pariwisata sesuatu yang patut untuk diapresiasi sepenuhnya para pelaku industri pariwisata.Apalagi sebagai induk organisasi pariwisata, GIPI dinilai Sandiaga Uno memiliki peran penting dalam meningkatkan investasi karena terdiri dari berbagai asosiasi yang bergerak di sektor pariwisata.

“Berkaca apa yang disampaikan Mas Menteri saat membuka Rakernas I GIPI Tahun 2023, tentu memberi peluang kita semua orang-orang berkecimpung di industri pariwisata untuk bisa mengambilnya, mengerjakannya sesuai kapasitasnya dan bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pariwisata Indonesia.Nah sekarang tinggal kita komitmen sama-sama untuk terus membangunkan pariwisata yang sempat tertidur pulas, menjadi kekuatan untuk menopang perekonomian negara kita.Saatnya bergandengan tangan lagi dan ASPPI pun siap untuk itu,” ujar Rudy Indriawan.

 

ASPPI sebagai organisasi terbuka siap bergandeng tangan dengan siapa pun untuk bersama-sama membangun pariwisata Indonesia yang semakin maju dan profesional.

Saat membuka Rakernas dan Rapimnas GIPI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, berharap momentum tahun politik jangan membuat para pengusaha dan investor hanya menunggu dan melihat saja (wait and see), namun bisa memanfaatkan untuk meningkatkan investasi.

Sandiaga menyebut sesuai jajak pendapat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan cukup tinggi mencapai 80 persen. Karena itulah kebijakan yang pro terhadap investasi bakal berlanjut,Karena itulah semuanya membutuhkan percepatan pembangunan.

“Tahun politik justru tahun investasi. Jadi bukan tahun wait and see.Investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nantinya akan digunakan sepenuhnya untuk membangun ekosistem pariwisata. GIPI memiliki peran penting dalam meningkatkan investasi karena terdiri dari berbagai asosiasi yang di sektor pariwisata,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dalam Rakernas I GIPI dan Rapimnas GIPI Tahun 2023, di Hotel Raffles Jakarta, delegasi ASPPI menghadirkan Wakil Ketua Umumnya H Hendri SE MM dan Sekretaris Umumnya Rudy Indriawan. Selain ASPPI turut hadir pula anggota GIPI lainnya seperti PHRI, Astindo, Asita, Intoa, akpi, Apji, Appbi, Arki, Asensi, aspi,Asppi, asperapi, aspehindo, Astri, Faji, Forum Halal, Forwarpar, Gahawisri, Hildiktipari, Hpi, PPHI, Hippindo, Inaca, Inca,Invindo, Itlla, Mpi, Organda, Papindo, perphindo, Pkbsi, PpJi, Putri, Rei, Insa. Kegiatan yang berlangsung sejak Selasa pagi, akhirnya secara resmi ditutup ketua Umum GIPI Dr. Ir. H. Hariyadi Bs Sukamdani, MM. (Olpah Sari Risanta- Humas DPP ASPPI).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version