Walikota Ibnu Sina Inginkan Ketersediaan Bahan Pokok Terjaga

0

 

Banjarmasin Terus Kendalikan Inflasi Lewat Bazar Pasar Murah

Banjarmasin – Gerakan masif mengendalikan inflasi dan menjaga ketersediaan bahan pokok di pasar, terus dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin. Lagi-lagi salah satu strategi upaya pengendalian tersebut dilakukan dengan menggelar Bazar Pasar Murah di sejumlah wilayah di Banjarmasin.

Kali ini Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bekerjasama dengan TP PKK Kota Banjarmasin menggelar Bazar Pasar Murah dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah di Kota Banjarmasin. Pelaksanaan sesi tiga digelar di Halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu (15/02/2023).

Bazar tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Pembukaan Bazar Pasar Murah yang dipadati warga kawasan Banjarmasin Selatan dan sekitarnya, juga dihadiri lansung Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Isa Anshari, Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, Kepala DKP3 Kota Banjarmasin, M Makhmud, Camat, Lurah beserta jajaran SKPD terkait.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, mengatakan pelaksanaan bazar pasar murah tersebut sebagai bagian dari upaya Pemko Banjarmasin untuk mengendalikan inflasi daerah dan masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok (bapok) dengan harga yang relatif terjangkau

“Digelarnya Bazar Pasar Murah ini adalah untuk dapat memastikan ketersediaan distribusi dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak terjadi kelangkaan bahan-bahan pokok. Terlebih, giat pasar murah kali ini merupakan kali ke-3 digelar sejak awal tahun 2023 lalu,” ujar Ibnu Sina.

 

 

Melalui kegiatan ini juga menurut Ibnu Sina, merupakan salah satu upaya yang pihaknya lakukan, termasuk juga bekerjasama dengan PKK, melibatkan sektor UKM-UKM binaan UP2K di masing-masing kecamatan.Sehingga pada Bazar Pasar Murah ini UKM bisa menjajakan jualan mereka di sini sehingga siklus ekonomi yang saling menguntungkan dapat terwujud.

Berdasarkan pantauan Economic Travelling.Com, pada Bazar Pasar Murah ini sejumlah barang kebutuhan pokok dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Tercatat satu karung beras ukuran 10 Kg hanya dijual seharga Rp.90 ribu.Hanya dalam hitungan menit seluruh dagangan beras ludes terjual diserbu warga yang berbelanja.Demikian pula dengan produk lainnya.

“Pemerintah Kota Banjarmasin bekerja sama TP PKK Kota Banjarmasin hari ini menyediakan beras sebanyak 2 ton untuk dijual kepada masyarakat  di Bazar Pasar Murah ini, .Yang dipasok ke bazar adalah jenis beras premium dari buffer stok Bulog Kalsel,” jelas Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, kepada Economic Travelling.Com.

Pengadaan beras murah sendiri termasuk barang pokok lainnya menurut Ichrom Muftezar, sebagai antisipasi memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang-barang kebutuhan pokok, terutama menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Pemerintah Kota sendiri tengah berkonsentrasi mengupayakan pengendalian harga yang beras melambung tinggi akhir-akhir ini. (Ridzky Husna Risanta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version