Kenalkan Kebaikan Sawit dan Potensinya Kepada Generasi Muda

0

Edukasi Humanis PT Astra Agro Lestari- 1 Lewat  Program Astra Mengajar

 

Tabalong – Meskipun dikenal sebagai perusahaan pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional, namun perusahaan sekelas PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong, masih memberikan perhatian serius pada sektor pendidikan. Perusahaan swasta nasional ini tetap komitmen peningkatan kualitas SDM, terutama di kalangan generasi muda.

Setidaknya langkah ini direalisasikan dengan sejumlah kegiatan berbasis peduli pendidikan. Salah satunya adalah melalui Program Astra Mengajar ke sekolah di Kabupaten Tabalong. Selasa tadi (27/9/2022) , Tim PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong, mengunjungi  SMK Negeri 1 Muara Uya untuk program studi Agrobisnis, sebagai salah satu satu program berbagi ilmu.Kegiatan sendiri sebenarnnya merupakan program rutin beberapa tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 membuatnya tertunda disamping adanya PPKM yang membatasi peserta didik untuk melakukan Tatap Muka di Sekolah.

“Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap pendidikan di lingkar perusahaan dan sekitarnya. Komitmen PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tabalong,” terang Suparmono, Community Development PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong, kepada sejumlah awak media di Tabalong.

 

 

Menurut Suparmono, masalah pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah semata namun juga tanggung jawab bersama termasuk pihak-pihak swasta. Karena itu dalam rangka mendukung program pemerintah mencerdaskan generasi muda dan mengenalkan dunia usaha dan dunia industri (DuDi), PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong melaksanakan sinkronisasi program sebagai dunia usaha dan dunia iIndustri dengan dunia Pendidikan.

Program Astra Berbagi Ilmu ini digelar di SMK Negeri 1 Muara Uya  juga melibatkan tenaga pendidik (Guru) dan Peserta Didik (Siswa) maupun warga sekolah. Kegiatan ini pula diikuti oleh puluhan guru dan siswa  perwakilan dari sekolah tersebut. Program Astra mengajar ini pun mendapat apresiasi dan sambutan luar biasa, termasuk Kepala Sekolah SMKN 1 Muara Uya, Rita Herlina, S.P, M.Pd,.

“kegiatan Astra mengajar yang dilakukan PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong ini sangat luar biasa dan bermanfaat baik kepada guru, peserta didik , juga warga sekolah.kami sangat berterimakasih dengan adanya kerjasama dalam hal pendidikan melalui program guru tamu dari SMKN 1 Muara Uya yang berkolaborasi dengan program Astra Berbagi Ilmu,” ujar Rita Herlina.

Melalui programi ini pula mereka berharap ada  kerjasama program magang baik sebelum lulus melalui prakerin dan program magang kerja untuk peserta didik yang sudah lulus dan belum mendapatkan kesempatan kerja.

“Harapan kedepanya PT Astra Agro Lestari-1 Tabalong memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melakukan kunjungan ke dalam perusahaan sebagai salah satu Wisata Edukasi kepada peserta didik dan guru,” sambung Rita Herlina.

 

 

Sementara dalam kegiatan ini para peserta terdiri dari guru dan siswa mendapat pengetahuan dan wawasan dari M.Nurul Huda dari Sustainability PT Astra Agro Lestari -1 Tabalong. Nurul pun memberikan pandangan sejarah kepala Sawit dan manfaat bagi kehidupan serta Sawit Sebagai Sahabat Lingkungan.Nurul juga membeberkan potensi dan manfaat ekonomi bagi petani dan masyarakat luas.

“Tujuan dari kegiatan Astra Berbagi Ilmu ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar perusahaan atau sekolah yang berada di kabupaten Tabalong. Pada satu sisi kami juga memberikan pemahaman sejak dini kepada peserta didik bahwa sawit merupakan sahabat lingkungan dan juga komoditas yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan para petani sawit,” bebernya.

Dengan pemahaman yang baik ini pula menurut Nurul Huda, generasi muda dan warga sekolah bisa mengetahui ilmu tentang Industri kelapa Sawit yang bisa memberikan kesejahteraan dan mampu memberikan pemahaman bahwa sawit tidak merusak lingkungan jika dilakukan pengelolaan secara profesional.

“Sawit tidak merusak lingkungan dan justru memberikan kesejahteraan, jika dikelola dengan profesional,” tegasnya lagi.

Kegiatan ini Astra Mengajar sendiri  merupakan program kolaborasi dari divisi Sustainability PT Astra Agro Lestari -1 Tabalong dengan Team Community Development Officer.

“Kami pun berharap kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada siswa agar bisa mempersiapkan diri dengan tekun belajar dan ketika lulus sudah menjadi SDM berkualitas dan siap memasuki tenaga kerja. Hanya saja pengembangan diri sangat mutlak, termasuk meningkatkan skill yang dimiliki, sehingga ketika lulus benar-benar menjadi tenaga kerja siap pakai dan profesional,” ujar Suparmono memotivasi para siswa. (Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version