Gegara Sakit, 3 Calon Haji Kloter 1 Kalsel Gagal Berangkat

0

Banjarbaru – Tiga orang Jamaah calon haji kelompok terbang (keloter) pertama Kalimantan Selatan (Kalsel) gagal berangkat, sesuai agenda yang terjadwal Minggu malam (12/62022). Ketiganya tidak bisa diberangkatkan bersama ratusan jamaah calon haji lainnya, karena sakit.Padahal ketiganya sudah termasuk dalam rombongan kloter I (satu) yang terbang ke tanah suci (

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, HM Thambrin, kepada wartawan di Asrama Haji Banjarbaru, mengatakan akibat sakit tersebut jumlah jamaah calon haji kloter pertama berkurang menjadi 357 orang dari jumlah semula 360 orang. Mereka yang gagal berangkat dalam rombongan kloter ini berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu 1 orang dan Kabupaten Banjar 2 orang.

“Kabar terbaru, ketiga orang yang tertunda keberangkatan Minggu malam (12/6/2022) disebabkan sakit. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan rekomendasi dokter daerah asalnya, mereka tidak bisa diberangkatkan pada kloter ini,” kata HM Thambrin saat menggelar jumpa pers di Media Center Haji Kalsel, Asrama Haji Kalsel, Banjarbaru,Minggu malam (12/6/2022).

 

Berdasarkan keterangan yang dihimpun tim Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, ketiga jamaah calon haji tersebut saat ini masih berada di daerahnya masing-masing dan belum sempat masuk asrama haji.
“Meskipun begitu jika kondisinya pulih dan dinyatakan sembuh serta mendapat rekomendasi dokter, maka ketiganya akan diberangkatkan bersama kloter terakhir pada tanggal 21 Juni 2022.Terkait penyakit yang diderita ketiga jamaah ini, kami belum mendapat informasi langsung dari pihak-pihak terkait,” ungkap Thambrin.
Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin sendiri berasal dari 3 (tiga) Kabupaten, yakni Tabalong sebanyak 258 orang dan Balangan 82,Kabupaten Banjar 12 orang serta 1 orang dari Kabupaten Tanah Bumbu.Rombongan kloter pertama Jamaah Calon Haji Kalsel ini didamping 4 (empat) orang petugas pendamping haji.

Berdasarkan terkait hasil pemeriksaan kesehatan, tercatat 70 persen dari 1.743 orang Jamaah Calon Haji Kalsel termasuk dalam golongan resiko tinggi atau risti.Meskipun demikian setelah melewati serangkaian test kesehatan dan kebugaran, kondisi Jamaah Calon Haji tersebut dalam kondisi baik dan direkomendasikan untuk berangkat ke tanah suci.
“Harapannya para jamaah tetap selalu menjaga kesehatan dan kondisi saat berangkat hingga ke tanah suci.Sehingga proses ibadah haji tetap berjalan baik dan lancar. Tentunya pula mereka yang tergolong risti tetap menyiapkan obar-obatan dan terus menjaga kondisi dengan baik,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, dr.Diauddin.

 

 

Sementara itu Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Kalsel Minggu malam (12/6/2202) resmi dilepas langsung Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, di Asrama Haji Banjarbaru.Pelepasan sendiri diwarnai dengan salawatan yang dipimpin langsung Paman Birin, panggilan Gubernur Kalsel.

“Jangan lupa Jamaah selalu menjaga kesehatan dan keselamatan selama menjalan ibadah haji.Kami disini mendoakan semua berangkat dalam keadaan sehat dan pulang dengan kondisi sehat serta selamat. Jangan lupa doakan pula kami dan Kalsel agar selalu aman dan sejahtera dan berkah,” pesan Paman Birin.

Salah satu jamaah, H.Edy Yusi mengaku terharu karena berkesempatan bertemu langsung Paman Birin. Karena tidak mengira keberangkatan mereka dalam kloter pertama dilepas langsung Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor bersama Ketua DPRD Kalsel, H.Supian HK.

“Alhamdulillah Barakallah, himungnya bisa bertemu langsung Paman Birin dan ternyata beliau melepas kami secara resmi bersama pejabat lainnya. Sungguh ini menjadi spirit luar biasa bagi jamaah calon haji lainnya dalam menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” ucap H.Edy Yusi gembira.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version