Pesan Khusus Menparekraf Untuk  Pariwisata Kalimantan Selatan

0

 

Sandiaga Uno : Kalsel itu Cantik Untuk Wisata Eco Tourism & Religi

 

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan perhatian khusus bagi Provinsi Kalimantan Selatan.Apalagi saat ini Kalsel bersama daerah lainnya di pulau Kalimantan saat ini sedang menuju dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif. Untuk itu, peran pemerintah pusat mendukung upaya pemerintah daerah untuk kembali bangkit pascapandemi.

Karena itulah dirinya menitipkan pesan khusus kepada Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor dan kepala daerah di bumi Lambung Mangkurat ini, untuk terus mengembangkan potensi wisata di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menuju tatanan ekonomi baru pascapandemi.

Pesan khusus ini disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat Gubernur, Bupati/Walikota Kalimantan Selatan, dalam acara KolaborAksi, Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu (18/5/2022) .

“Kami mendorong program unggulan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu serta pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata melalui digitalisasi. Pendampingan beberapa event daerah dan program revitalisasi sarana dan prasarana dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya saat berbicara khusus dengan Gubernur H.Sahbirin Noor dan Bupati serta Walikota se-Kalsel.

 

 

Menparekraf Sandiaga mengatakan, bahwa dirinya memiliki kedekatan psikologis dengan provinsi yang menjadi pintu gerbang bagi ibu kota baru nantinya. Ia sangat familiar dengan berbagai tempat wisata hingga kuliner khas yang ada di Kalsel.

“Kalsel itu, seperti rumah saya sendiri, karena saya dalam satu bulan bisa 3 minggu di sana waktu membangun usaha dulu. Dan saya sangat familiar dengan destinasi wisata di sana, mulai dari kuliner-kuliner Soto Banjar, Ketupat Kandangan, Nasi Itik Gambut, Mie Bancir, dan masih banyak lagi. Juga destinasi-destinasi wisatanya yang ada di Tabalong, Tanjung, sampai ke Banjarmasin, Banjar Baru, Batu Licin, Kota Baru, dan banyak sekali pengalaman indah saya di Kalimantan Selatan,” cerita Sandiaga Uno.

Oleh karena itu, lanjut Menparekraf, menugaskan jajaran di Kemenparekraf untuk memberikan perhatian khusus ke Kalimantan Selatan. Lantaran Kalsel ini sedang bertransisi dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif, dan Kalimantan selatan ini sangat cantik dari sisi eco tourism.

“Saat ini minat wisatawan lebih ke arah eco tourism, misal para pelari saat ini banyak yang meminati trail run, atau lari dengan lintasan di alam, juga ada mountain bike,” ujarnya.

 

 

Menparekraf juga akan mendukung Event Haul Guru Sekumpul 2022, jutaan orang datang, dan itu festival bersedekah, dimana orang-orang yang datang berlomba-lomba bersedekah, ada yang membagikan makanan, dan air mineral.

“Kalau ini kita buat kemas, semoga bisa menjadi event MICE, yaitu haul terbesar di dunia,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga mendorong pegunungan Meratus dengan keanekaragaman lanskap geologi, keanekaragaman hayati, dan keragaman budayanya diharapkan bisa menjadi taman bumi dunia atau geopark yang dikelola dengan konsep perlindungan holistik dan berkelanjutan.

“Kawasan yang memiliki 74 potensi situs geologi  tersebar di sembilan wilayah kabupaten/kota di Kalsel. Kami akan dorong, Taman Bumi Meratus diajukan menjadi taman bumi dunia (UNESCO Global Geopark/UGG),” sebutnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, menjelaskan Kalsel saat ini tengah memaksimalkan potensi yang beragam dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, mulai berbasis alam, wisata buatan hingga wisata religi. Hanya karena keterbatasan anggaran ditambah masih adanya kekurangan dalam infarstruktur pendukung sekt0r parekraf, menjadi kendala tersendiri dalam memaksimalkan potensi-potensi yang ada.

“Salah satunya juga adalah belum optimalnya sinergi kemitraan dalam pemasaran wisata dan ekonomi kreatif, ini yang harus diatasi.Komitmen Kalsel sendiri untuk pengembangan pariwisata, Kalsel sendiri telah menyusun peraturan gubernur terkait usulan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Kalimantan Selatan tahun 2021-2026. Harapannya ini menjadi lokomotif penggerak perekonomian masyarakat sekitar destinasi-destinasi wisata di Kalsel,” jelas Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel ini.

Kalsel sendiri saat ini tengah menetapkan Destinasi Pariwisata Prioritas pada 6 (kawasan) mulai  kawasan wisata religi Guru Sekumpul dan Datu Kalampayan di Kabupaten Banjar, serta wisata religi lainnya hingga wisata alam dan budaya pasar terapung di Lok Baintan yang ditunjang pula budaya sungai yang menjadi warisan budaya masyarakat Banjar di Kalsel.

Berdasarkan catatan lainnya, terdapat sejumlah kawasan wisata alam, buatan dan ekologi. Salah satunya adalah Pulau Bakut dan Pulau Curiak, yang menjadi kawasan konservasi Bekantan. Tak hanya itu saat ini Kalsel juga mengusulkan Geopark Meratus menjadi UNESCO Geopark Global.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version