Butuh Uang Tunai Baru Buat Lebaran, Mobil Kas Keliling Bank Indonesia Ada Dimana Saja

0

Banjarmasin – Masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya yang membutuhkan uang tunai baru kini tak perlu harus mengantre panjang di Bank Indonesia atau bank-bank yang lainnya. Dan jangan khawatir pula dengan ketersediaan uang tunai baru, selama Ramadhan dan untuk berlebaran.

Karena tahun 2022 Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Selatan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp2,5 Triliun. Jumlah yang lumayan besar ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H. Jika menengok ketersediaan uang tunai sekarang, maka telah terjadi peningkatan cukup signifikan sebesar 15% dibandingkan tahun 2021 yang hanya menyiapkan Rp.2,1 Triliun.

 

Bank Kalsel adalah salah satu Bank di Kalsel yang melayani transaksi penukaran uang tunai baru selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan  Imam Subarkah, mengungkapkan penyediaan uang tunai baru lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya  salah satu strategi mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali, pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kita bersyukur pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, tentu momentum ini kita manfaatkan dalam rangka mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali,” kata Imam Subarkah, di sela-sela Kegiatan Temu Wartawan di Banjarmasin, Senin sore (11/4/2022).

Disebutkan Imam Subarkah, layanan penukaran uang selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, dilakukan melalui penukaran uang di sejumlah perbankan yang yang secara resmi melayani khusus. Tercatat ada 28 Bank Umum dan 15 BPR, terhitung sejak tanggal 4 April 2022 hingga 28 April 2022. Sedikitnya ada 198 titik layanan penukaran yang terdiri dari 168 titik layanan bank umum dan 30 titik layanan BPR).

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan  Imam Subarkah, saat memberikan keterangan pers, Senin (11/4/2022) di Banjarmasin.

Nah bagi masyarakat yang tidak sempat ke bank, bisa melakukan transaksi penukaran uang pada Mobil Kas Keliling Bank Indonesia. Layanan tersedia di Lapangan Kamboja Banjarmasin (depan Kantor Kelurahan Banjarmasin Tengah) pada tanggal 5 April, 11, 12, 18, 19, 25 dan 26 April 2022. Layanan ini kembali dibuka setelah ditiadakan selama 2 (dua) tahun akibat pandemi.

“Salah satu upaya kami menghindari kerumunan masyarakat yang bertransaksi, kami telah mewujudkan sistem digitalisasi .Harapan kami masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui website PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling,” terang Imam Subarkah.

 

Untuk Mekanisme Pendaftaran Penukaran melalui website PINTAR, Sebelum melakukan penukaran di Mobil Kas Keliling, masyarakat wajib mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR dengan tautan sebagai berikut https://pintar.bi.go.id. Pemesanan menggunakan NIK-KTP dan dapat dilakukan mulai H-7 sampai maksimal pukul 23.00 WITA pada 1 (satu) hari sebelum tanggal pelaksanaan penukaran kas keliling.

Meskipun ada kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk  lebih bijak menggunakan uangnya dalam berbelanja.

“kami juga mendorong masyarakat untuk berbelanja menggunakan pembayaran non tunai karena lebih aman. Tidak perlu berbelanja berlebihan karena takut harga barang kebutuhan naik atau ketersediaan stok barang yang langka. Karena Bank Indonesia dan Pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah akan senantiasa memantau perkembangan harga dan ketersediaan barang,”pungkasnya. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version