Walikota Banjarmasin Apresiasi PMK Seberang Mesjid

0

Ibnu Sina : Relawan Pemadam Kebakaran Berhati Mulia Untuk Kemanusiaan

Banjarmasin – Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengapresiasi Pemadam Kebakaran (PMK) Seberang Mesjid, atas dedikasi seluruh relawannya selama ini untuk kemanusiaan dan aksi sosial untuk berbagai bencana di Banjarmasin dan tanah air. Organisasi Pemadam Kebakaran ini pun termasuk salah satu PMK tempo dulu yang eksis hingga di usianya yang ke-43 Tahun.PMK Seberang Mesjid dikenal pula salah satu pemadam kebakaran swasta yang melegenda diantara ribuan PMK di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan.

Karena itulah atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin, H.Ibnu Sina, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PMK Seberang Mesjid, melalui peran aktifnya bersama pemadam kebakaran lainnya menanggulangi bencana kebakaran dan bencana lainnya. Karena eksistensi dan pengabdian pemadam kebakaran yang dibangun secara swadaya dan berkontribusi positif bagi kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan.

“Kami mengapresiasi dan sangat berterima kasih dengan peran serta dan kontribusi positif keluarga besar PMK Seberang Mesjid dalam penanggulangan bencana,khususnya bencana kebakaran. Karena itulah di usia yang ke-43 tahun tetaplah menebarkan kebaikan melalui aksi kemanusiaan dan semoga PMK ini semakin jaya serta berkontribusi besar untuk bangsa dan negara,” kata Walikota Banjarmasin, H.Ibnu Sina, saat memberikan sambutan Milad Ke-43 Tahun PMK Seberang Mesjid, di Sekretariat PMK Seberang Mesjid, Jalan Pahlawan, Banjarmasin, Rabu malam (29/12/2021).

 

 

 

Walikota Banjarmasin sendiri mengaku kagum dan bangga atas perjuangan para relawan pemadam kebakaran swadaya dalam membantu menanggulangi musibah kebakaran selama ini.Apalagi tak hanya berfungsi menolong memadamkan kebakaran semata, namun PMK beserta relawan ini memiliki multitalenta seperti menolong orang tenggelam, kecelakaan lalulintas serta rescue.Hal ini didukung pula rasa sosial yang tinggi sehingga semakin komplet jika relawan di Banjarmasin ini sebagai relawan sejati.

“Relawan Pemadam Kebakaran Berhati Mulia Untuk Kemanusiaan, ini tidak diragukan lagi. Kawan-kawan relawan ini hadir di setiap bencana termasuk membantu pengiriman relawan beserta logistiknya, seperti Tsunami Aceh, Gempa dan Gunung Merapi Jogja, termasuk banjir Kalteng. Kawan-kawan PMK Seberang Mesjid sampai juga kesana,” ujar Ibnu Sina.

 

 

 

Juru bicara sekaligus salah satu senior PMK Seberang Mesjid, Abdi Artha, kepada wartawan, mengatakan sangat berterimakasih atas dukungan Walikota Banjarmasin dan masyarakat di kota seribu sungai terhadap PMK mereka selama ini. Karena apa yang dilakukan mereka semata-mata untuk menolong sesama dan ikut berperan menjaga Banjarmasin dari bencana kebakaran.

Pria yang akrab dipanggil Om Goler sempat mengisahkan perjuangan awal berdirinya PMK ini hanya mengandalkan ember,sekop, pasir dan drum. Dan semangat “Ember Sekop” inilah yang terus menginspirasi dirinya dan kawan-kawan di PMK Seberang Mesjid untuk tidak pernah berhenti memberikan yang terbaik dalam menolong sesama.

“Alhamdulillah dengan diperkuat SDM handal termasuk para lady fire, doakan terus kami agar bisa memberikan partisipasi dan kontribusi membantu masyarakat pada setiap bencana kebakaran dan bencana lainnya.Semangat Ember Sekop para pendiri PMK ini terus menggelora didada kami untuk berbuat kebaikan di bidang kemanusiaan,” ujar Om Goler, yang pernah mengenyam pelatihan, baik yang dilakukan oleh Badan SAR daerah termasuk Japan Paramedical Rescue beberapa saat lalu.

Selain dihadiri Walikota Banjarmasin, Milad ke-43 PMK Seberang Mesjid juga dihadiri langsung Sekda Kota Banjarmasin, Iksan Budiman, Kapolsekta Banjarmasin Tengah, Kompol Susilo, Kepala Satpol PP dan Damkar Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin, Ketua PMK Sangga Lima, Sulaiman, Ketua Balakar 654 Banjarmasin, Taufik, wartawan senior Muhammad Risanta, dan  senior damkar Hilmi dan Zuliansyah .(Olpah Sari Risanta).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version