Serunya Anak TK Wisata Edukasi Di Rumah Coklat ABBA

0

Wisata Edukasi Ke Rumah Coklat ABBA Banjarbaru.

 

Ada yang berbeda dari aktivitas Rumah Coklat ABBA di Jalan Kenanga 15, Loktabat Utara, Banjarbaru, Selasa pagi (14/11/2023) yang setiap pagi sibuk membuat aneka macam coklat. Kali ini bukan karyawannya yang sibuk membuat coklat, melainkan belasan siswa Sekolah Taman Kanak-Kanak Citra Indonesia, Banjarbaru tampak asyik membuat dan menghias cokelat.

Anak-anak TK ini terlihat antusias membuat coklat yang dipandu langsung owner Rumah Coklat ABBA, Bobby Bahrul IMM.Mereka pun diajari bagaimana cara membuat coklat yang baik dengan cetakan dan dihiasi pernak pernik yang menggoda selera.Maklum saja semua bahan dasarnya terbuat dari coklat.

Wisata edukasi ini pun mampu menarik perhatian anak-anak yang begitu tiba di Workshop Coklat. Mereka pun langsung antri cuci tangan di depan Rumah Coklat ABBA sebelum memasang celemek khusus dan menuju class room, mengikuti acara membuat coklat.

“Wah asyik pakai celemek biar tidak kotor ya. Ajarin ya Pak saya tak bisa bikin coklat,itu khan kerjaaan orang dewasa,” celetuk Khaela, salah satu siswa TK Citra Indonesia, yang membikin tertawa teman-teman serta guru pendampingnya.

Membuat coklat dengan cetakan yang disiram coklat panas menjadi keasyikan tersendiri anak-anak yang langsung mencoba mempraktikkan langsung di ruangan kelas yang berada di pusat galery coklat ( tempat produk coklat ABBA yang sering dipamerkan di sejumlah pameran nasional dan internasional).

 

Salah satu hasil kreasi coklat anak-anak TK Citra Indonesia, diperlihatkan para Siswa Magang SMK PP Negeri Banjarbaru.

Celoteh canda ala anak-anak menambah ramai kelas.Karena tak jarang mereka tertawa sendiri menyaksikan coklat olahannya.Bahkan tanpa sadar tangan mereka dengan sisa coklat menyeka pipi hingga belepotan coklat, hingga membuat teman yang duduk di sebelahnya terbahak-bahak.

Meskipun begitu anak-anak ini sangat fokus membuat dan menghiasi coklat sesuai imajinasinya.Sesekali diantara mereka saling mengintip hasil karya begitu selesai membuat coklat.Hasil kreasi mereka pun langsung disimpan ke Freezeer untuk dibekukan, sebelum dibungkus dengan plastik dan dibawa pulang.

“Ini salah satu program kami mengedukasi anak-anak dengan tema Air, Api dan Udara.Salah satunya mengunjungi atau outing class ke ABBA Coklat.Disini anak-anak bisa mengasah keterampilan mereka, dengan harapan disini mereka bisa mengetahui secara nyata bagaimana pembuatan coklat,” ungkap Widi Sulistyawati, Kepala Sekolah TK Citra Indonesia, kepada Economic Travelling.Com, Selasa (14/11/2023).

 

Antusias anak-anak TK membuat coklat.

Widi menjelaskan, kegiatan seperti ini dipercaya dapat mengasah keterampilan anak didiknya pada usia dini, membuat cokelat. Kegiatan outing class sendiri dilakukan dengan melakukan 7 kali kunjungan dengan kelas yang berbeda di sekolah mereka ke Workshop ABBA Coklat di Banjarbaru.Diharapkan ke depannya anak-anak terampil dan jika dewasa bisa menjadi dasar dalam mengembangkan usaha dan cita-citanya.

Sementara itu, Bobby Bahrul , mengatakan, mengajar anak-anak TK ini memberikan pengalaman tersendiri baginya. Meski anak-anak namun mereka sangat cerdas, terbukti sangat paham diajari membuat coklat dengan tahapan-tahapan sederhana.

“Sekolah formil itu penting, namun yang namanya pendidikan tak mesti di sekolah, terutama yang sifatnya pelatihan dan praktik itu sangat perlu juga. Ini nantinya akan kerasa ketika mereka dewasa, sekolah hingga kuliah.Mereka biasanya akan tertarik keterampilan yang akhirnya bisa dipakai untuk mencari tambahan penghasilan,” katanya.

Sebagai salah satu penggiat UMKM Banua, ABBA Coklat sendiri sangat terbuka bagi siapa pun terutama anak-anak sekolah untuk menimba ilmu di tempat mereka. Apalagi sebelumnya mereka sudah menjalani kerjasama dengan SMK Pertanuan Pembangunan Negeri Banjarbaru untuk praktik pembuatan coklat. Dan terbaru adalah kerjasama dengan SMK Negeri 1 Banjarbaru dalam kerajinan gerabah dan keramik.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!