Atlit Triatlon Rusia Kagumi Kebun Raya Banua

0

Juara Banua Thriatlon Challenge 2023 asal Rusia Gennady Kruglov dan Vladimir Yanin bersama Jurnalis Senior dan Penggiat Pariwisata Nasional, Muhammad Risanta.

Banua Thriatlon Challenge 2023 Bikin Peserta Datang Lagi

Banua Thriatlon Challenge 2023 benar-benar memberikan kejutan bagi Kalsel. Karena baru pertama kali digelar event berskala internasional ini disambut antusias para penggiat olahraga triatlon, baik nasional maupun internasional. Terbukti hingga hari terakhir pendaftaran ratusan peserta tercatat dalam registrasi yang digawi Dinas Pariwisata Kalsel.

Menggunakan area Kebun Raya Banua, di kawasan Trikora, Banjarbaru, Minggu pagi (29/10/2023), ratusan peserta triatlon ini merasakan sensasi berbeda dengan pahelatan lomba serupa. Karena di Kalsel mereka berenang justru di sebuah kolam penampungan (embung) yang berada di tengah-tengah Kebun Raya Banua.

Tak heran suasana ini disambut gembira para peserta, mulai atlit daerah, nasional hingga sekaliber internasional. Sebut saja Duo Rusia, Gennady Kruglov dan Vladimir Yanin. Atlit yang tengah berlibur ke Indonesia ini, merasakan sensasi khusus mengikuti lomba ketahanan fisik dalam tiga tahapan (berenang, bersepeda dan lari).

Gennady  Kruglov merasa enjoy menikmati suasana pemandangan di sekeliling Kebun Raya Banua. Ia pun sempat terkejut saat dimulai lomba ternyata berenang di sebuah kolam di kebun raya nan indah ini. Trek tanah datar dan nyaman ini membuat langkah semakin mantap menyelesaikan lomba.

Meskipun tak diunggulkan Kruglov mampu menempati posisi pertama dengan catatan waktu 2 jam 17 menit di katagori Standar Overallage Grup Male . Pelari jarak menengah Rusia harus berjuang keras dan bersaing ketat dengan atlit Indonesia, Muhammad Ashidiq dan Harry Rohman. Dua nama terakhir ini pun harus menjadi juara kedua dan ketiga.

 

Atlit Triatlon Rusia, Gennady Kruglov berbincang akrab dengan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel merangkap Pj Bupati Tapin, M Syarifuddin, setelah memasuki garis finish.

Keperkasaan tim Rusia pun semakin lengkap dengan gelar katagori pria 40 tahun ke atas yang diraih atlit Vladimir Yanin. Posisi runner up disabet atlit Indonesia Mohammad Irwin dan Novriadi.

Di kelompok Standr Overallage Grup Wanita, atlit nasional Putu Melati sukses meraih podium pertama dengan catatan 2 jam 41 menit. Posisi kedua dan ketiga diraih rekan satu timnya, Qoriah Julida Nur dan Michelle Surjaputra.

Perlawanan tuan rumah akhirnya membuahkan hasil memuaskan dengan posisi kedua dalam Sprint Overrallage Grup Wanita. Atlet lari asal Kabupaten Banjar Azizah Husnul Khotimah mampu menyaingi pelari muda Indonesia lainnya Beatrice Rachel.Sedangkan posisi the best direbut pelari Arina Widya.

“Is The competion very good, i like Kebun Raya Banua. Tempatnya bagus, trek lari dan sepeda oke. Very Interisting, next time we come back,” ucap Gennady Kruglov usai memenangi Banua Thriatlon Challenge 2023.

Event Sport Tourism sangat diapresiasi berbagai kalangan, karena secara tak langsung mempromosikan lebih jauh Kebun Raya Banua dan sejumlah destinasi wisata di Kalsel.

“Harapan kita event yang dibuka secara resmi Gubernur Kalsel Paman Birin, menjadi salah satu event yang menjadi kalender tahunan sport tourism di Banua. Alhamdulillah antusias peserta sangat tinggi , termasuk dari mancanegara.Insya Allah tahun depan akan semakin meriah lagi dan peserta dari luar negeri semakin banyak,” ungkap M Syarifuddin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, kepada awak media, Minggu (29/10/2023).

Selain mempromosikan keunikan dan keindahan Kebun Raya Banua, ajang ini juga menjadi salah satu sarana melahirkan bibit muda potensi di cabang triatlon. Apalagi beberapa pelari dan atlit olahraga muda Kalsel lainnya tampil spartan dan memberikan perlawanan terhadap atlit berpengalaman nasional dan internasional.

“Semoga dari Banua Thriatlon Challenge 2023 akan semakin banyak muncul atlit-atlit muda Banua dan Insya Allah melalui pembinaan dan semakin banyak event yang diikuti mereka tumbuh dengan baik sebagai atlet profesional, mohon doa barataan,” ujar Syarifuddin didampingi tim panitia lainnya,Wirro.(Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!