Tekan Laju Kenaikan Panas Bumi, Prestasi Tapin Dianugerahi Penghargaan Menteri

0

 

Jakarta  –  Tahun 2023 tampaknya tahun prestasi terbaik bagi kabupaten sekelas Tapin. Daerah yang sekarang dipimpin seorang Penjabat Bupati bernama HM Syarifuddin kembali meraih penghargaan di level nasional.Ini menambah koleksi penghargaan bagi Tapin, setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mendapatkan penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin karena berhasil menurunkan angka stunting pada awal Oktober 2023.

Selasa (24/10/2023) Menteri Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, di Auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, memberikan langsung penghargaan khusus .kepada Penjabat Bupati Tapin HM Syarifuddin.

Penghargaan sendiri diberikan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia atas upaya pemerintah daerah yang melakukan upaya mengurangi laju kenaikan temperatur bumi dan penanganan bencana akibat perubahan iklim. Tapin membukukan Penghargaan Proklim, kategori apresiasi pembinaan Proklim tingkat Kabupaten tahun 2023.

Catatan manis juga ditulis dari Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah juga mendapatkan penghargaan proklim kategori Proklim Utama.Desa ini merupakan sentra budidaya cabe rawit di Tapin. keberadaan cabai hiyung dengan rasa pedas 17 kali lipat dibanding cabai biasa membuat Desa Hiyung terkenal yang merupakan salah satu modal bagi masyarakat sekitar untuk dikembangkan bukan di bidang sektor pertanian tetapi juga wisata.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, mengaku sangat berterimakasih dengan dukungan warga Tapin, sehingga bisa menuai prestasi membanggakan. Rasa bahagia ia rasakan seusai menerima penghargaan bahwa Kabupaten Tapin menjadi salah satu daerah yang peduli dengan lingkungan bumi.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada Kabupaten Tapin,” ujar Syarifuddin kepada awak media,

Menurut Syarifuddin, program berlingkup nasional yang dikelola Kementerian LHK sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim, sekaligus salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan bumi.

“Program ini mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim secara suka rela. Tahun ini adalah tahun terbaik Kabupaten Tapin,” demikian tutup pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kalsel. (Olpah Sari/Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!