Keren Produk HERBO Diapresiasi Tinggi di BUNEX 2023

0

Tim UMKM Kalsel bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Drh Hj Suparmi MS, di BUNEX 2023, di Tangerang, Banten.

 

Tangerang – Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2023 menjadi momen spesial produk-produk olahan berbahan baku perkebunan di Kalsel. Karena di event pameran perkebunan terbesar di Indonesia sejumlah produknya mendapat tempat di hati pengunjung yang memadati kawasan ICE BSD City Tangerang, Banten.

Sepanjang kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 07 September hingga 09 September 2023, beberapa produk olahan UMKM berbasis produk hutan Kalimantan Selatan diapresiasi pengunjung dan tim Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Salah satu yang begitu fenomenal adalah produk kopi herbal. Dan ternyata satu produk kebanggaan Banua, kopi herbal HERBO. Kopi yang diolah dari sentuhan tangan dingin UMKM Muhammad Khalid salah satu produk yang paling dicari dan diburu pengunjung BUNEX 2023.

Begitu expo ini dibuka, perhatian pengunjung langsung tertuju ke pada stan UMKM klaster kopi “HERBO”.Mereka pun langsung menikmati secangkir kopi tester yang dibagikan gratis sang Barista sekaligus owner HERBO, Muhammad Khalid. Rasa kopi terbaik yang diseduh dan diracik mix pria tampan ini, membuat sebagian besar pengunjung tak beranjak dari stan kecil produk asli Banua ini.

“Dari sekian kopi yang pernah saya nikmati, baru kali merasakan taste dan rasa beda dari kopinya Kalimantan. Kopi herbal HERBO nikmat dan bikin fresh, padahal baru satu gelas perlahan terasa khasiatnya.Dan tadi baru beli 3 pcs kemasan ekslusif buat di rumah,” ujar HJ Santi, pengunjung asal Jakarta kepada Economic Travelling.Com, Sabtu (09/09/2023).

Kopi racikan pria yang merupakan Ketua Forum Kewirausahaan Pemuda di Kabupaten Tabalong, ternyata memberikan kesan mendalam sejumlah wisatawan dan penggiat pariwisata yang tengah mengunjungi bertajuk “Penguatan Hilirisasi Perkebunan untuk Ketahanan Ekonomi Global”,  dan BUNEX 2023 dibuka langsung oleh Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo.

“Keren kopinya dan ini yang enak sekali bagi kami selaku pencinta kopi. Kami beli buat oleh-oleh ke Bandung. Dulu pernah diberikan teman pas pendakian gunung di Tambora, Nusa Tenggara Barat, ternyata ini kopinya,” ucap Andi Sukendi, salah satu pendaki gunung nasional, yang datang dari Bandung menyaksikan BUNEX 2023.

 

Barista sekaligus Owner HERBO, Muhammad Khalid kewalahan melayani pengunjung yang merasakan tester kopi herbal racikan mix dari tangan dinginnya.

Nikmat dan rasanya yang bikin fresh memang membuat stan Herbo salah satu yang paling banyak dikunjungi. Tak heran jika selama berlangsungnya pameran, stan ini menjadi both yang paling pertama kehabisan produk.Khalid sendiri tak mengira jika produk yang dibawanya dalam jumlah banyak teryata ludes terjual.

“Alhamdulillah antusias dan sambutan pengunjung ini luar biasa. Kami tidak mengira pas hari ketiga, siang hari produk habis terjual,” kata Muhammad Khalid, sambil memberesi stan yang sudah kosong.

Khalid sendiri bersyukur mendapat kesempatan mengikuti BUNEX 2023 di Tangerang. Bersama sejumlah UMKM lainnya dibawah binaan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan, dirinya diikutsertakan memamerkan produk-produk terbaik mereka.

Khalid pun menilai pameran ini sangat bagus dan bermanfaat.Pelaku UMKM Banua bisa bertemu komunitas pelaku usaha lainnya di komoditas kopi, teh,coklat dan hasil perkebunan lainnya. Di satu sisi mereka bisa bertemu sejumlah buyer dan investor.

“Dan kami sangat berterimakasih  kepada Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan yang menyelenggarakan BUNEX 2023 yang menjadi tempat pengembangan perkebunan Indonesia yang lebih maju, mandiri dan modern,”ucap pria yang sempat dikira pengunjung sebagai bintang iklan dan pemain sinetron.

 

Owner HERBO, Muhammad Khalid bersama Andi Noor Alamsyah, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternak Kalsel, Drh HJ Suparmi, menjelaskan Bunex 2023 merupakan salah satu langkah positif untuk memperkenalkan dan mengangkat produk-produk perkebunan termasuk di dalamnya turunan kelapa sawit Kementerian Pertanian mendorong pelaku usaha memperkuat hilirisasi perkebunan sebagai kekuatan ekonomi masa depan bangsa..

Pihaknya sendiri dalam expo terbesar ini menampilkan sejumlah produk binaan yang merupakan pelaku usaha berbasis produk perkebunan dibawah binaan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel.

“Melalui pameran ini Kalsel mengenalkan dan mempromosikan secara luas hasil-hasil perkebunan potensial yang diolah menjadi satu produk berkualitas. Ini Salah satu program yang selaras dengan program Gubernur kalsel, H Sahbirin Noor dalam mendorong peningkatan UMKM di Banua.Event ini sangat bagus juga karena berfungsi sebagai sarana promosi dan pemasaran, karena di hadiri pula duta besar dan potensial buyer dari dalam dan luar negeri,” jelas Hj Suparmi. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!