ASPPI Kenalkan South Kalimantan Travel Mart Di TVRI Kalsel

0

South Kalimantan Travel Mart 2.0,  menjadi ajang promosi efektif bagi Kalimantan Selatan mempromosikan pariwisatanya ke level nasional dan internasional. Event berskala nasional yang diselenggarakan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, salah satu event yang meramaikan Calender Of Event Kalimantan Selatan di tahun 2023.

South Kalimantan Travel Mart atau yang populer dengan sebutan SUKA TM, dikenal pula sebagai ajang promosi ekonomi dan destinasi unggulan dan terbarukan yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan. Selain mengunjungi Liburland Festival di hari pertama, Minggu (16/07/2023) di Amanah Borneo Park, Banjarbaru, para delegasi berbagai kota di Indonesia dan luar negeri bakal melihat dari dekat kawasan Konservasi Hewan Bekantan, Pulau Curiak dan jelajah sungai Saka Ipil, Desa Wisata Kanoko, Barito Kuala. Dua kawasan ini menjadi wisata minat khusus yang dipromosikan habis-habisan dalam South Kalimantan Travel Mart 2.0 tahun ini.

Hal ini diungkapkan langsung Ketua Umum Pelaksana South Kalimantan Travel Mart 2.0, Teguh Winarto, Dalam Dialog Khusus di TVRI Kalsel, Sabtu sore (15/07/2023).

“Tak hanya itu kami mengenalkan secara masif pula Geopark Meratus secara komprehensif dalam satu seminar dan table top,termasuk mengunjungi kawasan Tahura Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar, yang menjadi bagian Geopark wisata, Geopark Meratus.kami pun memberikan kesempatan khusus khususnya Buyer melakukan serangkaian kunjungan wisata bagi yang extend, melihat rangkaian Geopark yang menurut UNESCO juga ada sisi lain kearifan lokal di Kalsel,” ujarnya dalam Dialog Khusus di TVRI Kalsel yang dipandu presenter Arafat Al Hally.

 

 

Teguh menegaskan South Kalimantan Travel Mart 2023 adalah event yang keren dan mendapat pula apresiasi berbagai travel agent (travel wisata).Terbukti sejak Sabtu dinihari (15/07/2023) peserta berdatangan. Uniknya mereka tidak hanya melakukan perjalanan via udara saja, namun ada yang menggunakan Bus hingga kapal laut.

“Alhamdulillah ada yang dari Surabaya seperti Mas Sulistio Teguh yang udah sampai pukul 04.00 Wita dan dijemput panitia langsung. Sedangkan Bu Megawati dan Bu Nurhidayah dari Balikpapan menggunakan bus antar Provinsi.Peserta yang menggunakan pesawat sebagian udah tiba Sabtu sore dan sebagian akan tiba pada Minggu (16/07/2023),” terang pria yang juga owner Rumah Makan Bebek Bapeer Mak Pin.

Lebih jauh Teguh menjelaskan, kegiatan yang didukung Bank Kalsel, PHRI Kalsel,Bank Indonesia, Soka Grup dan Economic Travelling.Com, serta sejumlah travel agent yang tergabung di ASPPI DPD Kalsel, juga melibatkan keberadaan UMKM dan dunia usaha lainya.

“Yang terpenting adalah kita dorong juga eksistensi dan keberadaan UMKM di Banua, karena ada satu sesi juga kami mengajak kawan-kawan peserta mengunjungi sentra UMKM termasuk pula belanja wisata di Central Permata Taman Cahaya Bumi Selamat Martapura,”katanya.

ASPPI dan Panitia SUKA TM 2.0 juga sangat berterima kasih dengan perhatian Kepala Daerah yang mendukung kegiatan berskala nasional yang dipusatkan di Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Kami sangat berterimakasih dengan Pj Bupati Barito Kuala Bapak Mujiyat yang mensupport untuk Pulau Curiak dan Desa Wisata Kanoko. Selain itu kami sangat berterima kasih kepada Bapak Walikota  Banjarmasin, H Ibnu Sina yang akan mengundang makan siang bersama para peserta di Balai Kota Banjarmasin. Bersamaan dengan itu sejumlah delegasi travel agent akan mengunjungi pasar terapung” ujar Mutia Amana Nastiti, Ketua DPD ASPPI Kalsel. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version