40 Tahun Tak Bersua dan Silaturahmi Di Buka Puasa Bersama

0

Reunian Ala Alumni 4 SDN Simpang Ulin Banjarmasin

Bulan Ramadan benar-benar bulan yang penuh berkah. Tak hanya berkah kebaikan, rejeki, namun juga berkah untuk mempertemukan insan-insan dalam lintasan waktu dan generasi. Berkah pertemuan itu dirasakan pula para alumni 4 SD Negeri di kawasan Simpang Ulin Banjarmasin.Setelah 40 tahun tahun tak bersua, mereka justru dipertemukan dalam sebuah acara berbuka puasa.

Rasa bahagia dirasakan puluhan alumni 4 Sekolah Dasar Negeri, yang berada di kawasan Simpang Ulin Banjarmasin ( sekarang jadi Taman Edukasi Duta Mall Banjarmasin ). Karena setelah empat puluh tahun tak berjumpa, para alumni SDN Ulin, SDN Cemara, SDN Beringin dan SDN Kemuning, dipertemukan di bulan Ramadan.

“Alhamdulilah setelah lama sekali tak bertemu kawan-kawan semasa anak-anak di sekolah dasar, akhirnya hari ini Allah mempertemukan dalam suasana silaturahmi dan berbuka puasa. Sungguh pertemuan yang membuat kami bahagia dan terharu. Karena akhirnya badadapatan yang diinisiasikan kawan-kawan Pengurus Alumni 4 SDN Simpang Ulin Banjarmasin,” tutur Lisa, salah satu alumni yang hadir dalam acara Silaturahmi dan Bukber Bersama Alumni 4 SDN Simpang Ulin, di Hotel Rodhita, Banjarmasin.

 

 

Hal serupa dirasakan Nirmala salah satu alumni yang kini bermukim di Samarinda, Kaltim. Dirinya bersama saudara kembarnya Kamla, merasa senang bisa bertemu dengan teman masa kecil yang bersekolah yang sekarang menjadi kawasan mal terbesar di Kalsel, Duta Mall Banjarmasin. Ia bersyukur ternyata sahabat semasa kecil banyak yang hadir dan bisa bernostalgia kembali.

Perasaan haru dirasakan pula Maturidi, pensiunan konsultan BUMN, karena baru pertama kali bisa bertemu kawan seangkatan dan sekolah maupun kawan sekampung sama-sama bersekolah di 4 SDN tersebut. Apalagi pada masanya 4 SDN tersebut salah satu sekolah dasar favorit, yang sebagian besar mencetak tokoh-tokoh berpengaruh dan berprestasi, mulai Profesor Zairin (Ahli Orthopedi Banua) dan Profesor Sutarto yang sempat menjadi Rektor ULM (Universitas Lambung Mangkurat). Tak hanya itu di kancah politik, salah satu alumninya M Fikri pernah menjadi pimpinan DPRD Kalsel, di bidang lawyer terdapat Supiansyah Darham.Sedangkan di bidang pers terdapat Muhammad Risanta yang sekarang jadi Ahli Pers Dewan Pers selain wartawan senior Transmedia Grup (Trans7-CNN).Selanjutnya di dunia usaha mereka memiliki Haji Fahrul Rizani, yang dikenal sebagai salah satu pucuk pimpinan Biro Perjalanan Haji dan Umroh, Kaltrabu.

“Hari ini ulun merasa bahagia bercampur haru, karena bisa dipertemukan dengan kawan-kawan semasa kecil.Dulunya kada tahu lalu kalau kami itu sebelahan dinding aja rumah dengan Pahaji Fahrul, nah hanyar hari ini jua batamuan langsung.Ulun sempat melanglang buana kemana-mana, keliling Indonesia, namun akhirnya memilih pensiun di kampung halaman sendiri,” ujar Maturidi.

Ketua Umum Alumni 4 SDN Simpang Ulin Banjarmasin, H Fahrul Rizani, berharap melalui silaturahmi dan buka puasa bersama ini, semakin menguatkan rasa persaudaraan di antara mereka. Pertemuan yang pertama kali diadakan dalam suasana penuh berkah ini, menjadi tonggak pertemuan selanjutnya bukan hanya sekedar bernostalgia namun hal-hal positif yang bisa dikerjakan.

“Tentunya ini awal yang baik yang semakin merekatkan silaturahmi antara sesama alumni, yang terpenting adalah kita semua disini adalah bersaudara. Karena itulah wadah para alumni benar-benar kita bikin menjadi paguyuban atau himpunan yang memberikan manfaat kebaikan untuk kita bersama,” kata Fahrul Rizani.

 

 

Sementara itu Penasehat Alumni 4 SDN Simpang Ulin Banjarmasin, M Fikri, mengaku bersyukur dengan pertemuan antar alumni dengan sekolah berbeda namun dalam lingkungan yang sama. Tentunya hal ini sangat diapresiasi karena mereka yang tersebar di penjuru nusantara bisa bertemu, setelah sebelumnya dalam rentang masa yang cukup lama tak pernah bertemu.

“Alhamdulillah, ini momen yang bagus di bulan suci Ramadan bisa bertemu kembali kakawanan masa lagi halus (anak-anak). Karena mendekati lebaran biasanya kakawanan bulik kampung, termasuk ulun berlebaran di Banjarmasin. Ulun bangga, bahagia dan haru, kita bertemu kembali,” ucap Fikri yang banyak menghabiskan waktu bekerja di Jakarta.(Olpah Sari Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!