Traveling Sosial Keliling Jogja Istimewa di Bulan Ramadan

0

 

Jogjakarta – Berbagi kebahagiaan itu indah.Terlebih dalam suasana Ramadan yang penuh berkah.Indahnya Ramadan pun dilakukan dalam beragam langkah.Momen Ramadan ini pun membuat orang berlomba-lomba berbagi kepedulian dan kebahagiaan kepada sesama, meskipun yang dilakukan sederhana namun meriah.

Inilah langkah berbeda yang dilakukan Biro Perjalanan Wisata (BPW) Lestari Wisata Jogja. Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan, mereka bekerjasama dengan Wedding Organizer (WO) Orbit Semesta Production didukung sepenuhnya oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta, menggelar Sosial Traveling dengan mengajak keluarga besar Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (Yaketunis) Yogyakarta.

Berbeda dengan kegiatan dilakukan orang kebanyakan di bulan Ramadan. Kali Biro Perjalanan Wisata (BPW) Lestari Wisata Jogja, memilih mengajak anak-anak disabilitas (tuna netra) beserta pendampingnya traveling mengunjungi sejumlah destinasi-destinasi wisata penuh historis sejarah dan falsafah. Jalan-jalan keliling Jogja Istimewa memberikan kesan beda, karena bisa mengenal lebih dekat dengan Pojok Beteng, Titik Nol Kilometer, Tugu Jogja serta kampus-kampus ternama di kota pelajar ini.

“Alhamdulillah, kami diajak keliling Jogja ngabuburit.Kami pun bisa mengenal apa itu Titik Nol Kilometer dan Tugu Jogja yang penuh sejarah, yang selama ini hanya didengar dari cerita semata, namun kami bisa berada di sana. Apalagi selama perjalanan kami dihibur kesenian Hadroh di dalam bus,” ujar Mulyono, salah satu peserta Sosial Traveling.

 

 

Meskipun menunaikan ibadah puasa, anak-anak penyandang disabilitas ini, sangat antusias mengikuti traveling keliling kota Jogja dan sekitarnya. Bahkan beberapa diantaranya tertawa riang sembari menikmati perform hadroh di dalam bus (hadroh On The Bus). Rasa lelah pun hilang saat ikut bersama salawatan di dalam bus dengan tim Hadroh yang tampil menghibur sekali, hingga tak terasa waktu salah Ashar pun tiba.

Usai menunaikan ibadah salat Ashar berjamaah di Masjid Kristal Budi Mulia Yogyakarta,rombongan Sosial Traveling pun menyusuri kawasan wisata lainnya. Salah satunya adalah situs sejarah di Candi Plaosan (menurut ahli sejarah dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M.).

Sosial Traveling keliling Jogja sendiri diakhiri dengan Silaturahmi dan buka puasa bersama di Maduroso Resto Prambanan. Di sela-sela menjelang berbuka puasa Biro Perjalanan Wisata (BPW) Lestari Wisata Jogja, menyerahkan santunan secara simbolis kepada Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (Yaketunis) Yogyakarta. Bantuan santunan sendiri merupakan donasi yang dititipkan para dermawan, donatur dan sponsorship untuk anak-anak disabilitas (tuna netra) yang tergabung dalam Yaketunis Yogyakarta.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai wujud kepeduliaan antar sesama, khususnya kepada adik-adik Yaketunis Yogyakarta. Ini juga sebagai momentum indah berbagi di bulan suci Ramadhan 1444 H ini. Alhamdulillah kita diberikan kemudahan dan langkah untuk bisa saling berbagi kebahagiaan, semoga kita senantiasa diberikan keberkahan dari Allah SWT,” terang Imam Prayitno, CEO Lestari Wisata Jogja, Jumat (07/04/2023).

 

 

Pihak sendiri menurut Imam Prayitno, sangat mengapresiasi atas dukungan penuh para sponsor, donatur, dermawan hingga keluarga besar SKH Kedaulatan Rakyat, hingga kegiatan Sosial Traveling keliling Jogja kali ini berjalan lancar.

“Harapan kami ke depannya bisa menggelar kegiatan serupa dengan mengkolaborasikan inovasi event yang memberikan manfaat bagi sesama. Tentunya apa yang dilakukan adalah dalam rangka mewujudkan pribadi yang peduli, pribadi yang sholeh secara sosial maupun spiritual,” kata Imam mengakhiri keterangan kepada awak media. (M.Irfani – Risanta).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!