Selama Ramadan, Tukar Uang di BI Kalsel Layanannya Begitu Mudah Kok

0

Menukar uang Rupiah selama bulan Ramadan sangat mudah sekali. Tak Hanya di Kantor Bank Indonesia, bisa juga menikmati layanan Kas Keliling Terapung yang mengunjungi kampung-kampung di pelosok.(Foto-Istimewa).

 

Banjarmasin – Siapa bilang menukar uang selama bulan suci Ramadan itu sulit dan akan dipersulit. Justru masyarakat mendapat kemudahan untuk mendapatkan uang baru, kualitas layak edar.Hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat di Kalimantan Selatan, sejak awa bulan Ramadan hingga jelang lebaran.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (BI Kalsel) segera memberikan layanan penukaran uang Rupiah, sepanjang bulan suci Ramadan.Program penukaran yang dikemas dalam Tajuk Serambi 2023 atau Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri 2023, dilaunching langsung Selasa (21/03/2023).

Kabar ini disampaikan langsung Direktur BI Kalsel Budi Widihartanto , dalam keterangan resminya yang disampaikan kepada seluruh media, termasuk Economic Travelling.Com

“Animo masyarakat cukup tinggi. Sehingga demi memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar (clean money policy), maka BI Kalsel akan melanjutkan layanan penukaran uang tunai selama bulan Ramadan,” terang Budi Widihartanto.

 

Layanan Penukaran Uang di bantaran sungai dengan Kas Keliling Terapung.(Foto-Istimewa)

Lebih jauh Budi menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan rangkaian uji coba inovasi layanan penukaran uang Rupiah, yaitu kas keliling susur sungai Martapura pada 14 Maret 2023, dan layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through) di kantor BI Kalsel pada 16 Maret 2023.Dari uji ini ternyata antusias masyarakat terbilang sangat tinggi.

“Ada tiga jenis inovasi layanan penukaran yang akan kami lakukan selama Ramadan. Yaitu kas keliling susur sungai Martapura menggunakan perahu bermotor (kelotok), layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through), dan kas keliling di Pasar Wadai Ramadan menggunakan mobil kas,” jelas Budi.

Bank Indonesia sendiri, telah menyusun jadwal layanan penukaran uang untuk masing-masing kegiatan. Diawali dengan kas keliling susur sungai Martapura, yang sesuai agenda digelar selama dua kali, pada tanggal 17 April 2023 dan 19 April 2023.

“Sedangkan layanan tukar uang tanpa turun kendaraan di kantor BI Kalsel, Jl. Lambung Mangkurat Banjarmasin, atau yang disebut dengan sistem Lantaru (Drive-Through) akan dilakukan sebanyak sembilan kali. Insya Allah dimulai saat  pembukaan kegiatan SERAMBI 2023 tanggal 21 Maret 2023. Selanjutnya digelar pada tanggal 3 April hingga 6 April 2023, dan disusul dari tanggal 10 sampai dengan  13 April 2023,” sambungnya lagi.

Nah ada juga nanti  layanan kas keliling di Pasar Wadai Ramadan.Kegiatan ini akan diselenggarakan secara bergantian di Taman Siring nol kilometer Banjarmasin, dan Menara Pandang Siring Banjarmasin. Totalnya sebanyak empat kali, dimulai sejak tanggal 10 hingga 13 April 2023.

Tak hanya melalui tiga kegiatan penukaran yang dilakukan BI Kalsel tadi, layanan ini bisa masyarakat rasakan di sejumlah perbankan di Kalsel. Karena itu masyarakat  bisa menukarkan uang Rupiah melalui kantor cabang bank umum dan BPR di Kalimantan Selatan.

“Tepatnya ada 207 kantor cabang bank umum dan BPR yang berpartisipasi dalam kegiatan SERAMBI 2023 ini,”pesannya lagi.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dapat terlebih dahulu mempelajari syarat penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang dapat diakses pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaranKasKeliling maupun syarat penukaran uang rusak/uang cacat pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaran.

“Ke depan, BI Kalsel akan terus berkomitmen memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar, dalam jumlah yang cukup, dan pecahan yang sesuai,”ujar Budi mengakhiri keterangannya. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!