Memaknai Idul Fitri Dengan Selalu Bersyukur

0

Banjarmasin – Perayaan Idul Fitri memiliki makna penting bagi umat Islam di dunia. Karena di hari tersebut,umat muslim merayakan dengan sukacita, setelah sebelum penuh menjalankan kewajiban menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan satu bulan penuh.

Karena itu pula makna Idul Fitri digambarkan sebagai kembali seseorang kepada keadaan suci atau fitrah. Idul Fitri juga mengukuhkan seseorang kembali dalam keadaan suci dan menghilangkan segala kesalahan, kejelekan serta kekhilafan. Meskipun begitu dengan memahami makna Idul Fitri, dapat membuat seseorang senantiasa selalu bersyukur kepada Allah SWT.

 

Demikian salah satu pesan yang disampaikan dalam kutbah Idul Fitri yang disampaikan Muhtar Ahmadi, S.Pd. MM, dalam pelaksanaan ibadah Ied di halaman Masjid Masjid All-Muttaqin, Jalan Sultan Adam, Rt.28 Kelurahan Surgi Mufti, Banjarmasin, Senin (02/5/2022).Pelaksanaan Ibadah Salat Ied sendiri diimami Adila Farisqi Nur Rahimi.

“Pada Idul Fitri implementasi kefitrahan tidak cukup hanya menjadi saleh secara individu, tetapi juga harus saleh secara sosial. Karena itulah momen Idul Fitri, seseorang akan lebih baik jika ia banyak menebarkan kebaikan kepada orang banyak. Setidaknya ini juga filosofi dari kita menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan penuh keimanan,” pesan Muhtar Ahmadi.

 

Ratusan warga memenuhi halaman masjid All-Muttaqin yang berada di tepi jalan raya Sultan Adam. Pelaksanaan salat Ied sendiri sendiri dilaksanakan di luar area masjid, mengingat daya tampung jemaah terbatas.

“Insya Allah kami akan memperluas area masjid, sebagai upaya memudahkan warga dan jemaah masjid melaksanakan ibadah, termasuk juga saat pelaksanaan salat Ied. Rencananya kami akan membebaskan sejumlah rumah sebagai upaya dari pembangunan perluasan masjid All-Muttaqin,” jelas H.Sugianto, Ketua Umum Pengelola Masjid All-Muttaqin. (Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!