Wajah Baru Segarkan Perempuan Indonesia Maju

0

Potret Pengurus Organisasi Perempuan Indonesia Maju.

“A woman is the full circle. Within her is the power to create, nurture, and transform.” . Sebuah kutipan inspiring seorang Diane Mariechild (penulis buku Mother Wit and Inner Dancer) mengambarkan sosok perempuan itu memang pantas untuk diberikan kesempatan dan berbuat yang terbaik sesuai kapasitas dan keahlian serta profesionalisme sekecil apa pun.

Seperti halnya Indonesia yang dianugerahi memiliki perempuan terbaik dan hebat sepanjang masa. Dulu ada Raden Ajeng Kartini, yang menginspirasi lewat surat-suratnya yang konon dibuat buku inspiring “Habis Gelap Terbitlah perang”. Kiprah perempuan Indonesia pun berada di sisi yang berbeda, medan pertempuran, yang mencuatkan nama Cut Nyak Dien, Martha Christina Tiahahu, Ratu Zaleha, Laksamana Malahayati, Cut Nyak Meutia. Disisi lain pun muncul Dewi Sartika, Rasuna Said, Maria Wanda Maramis, hingga Fatmawati Soekarno.

Zaman pun berganti hingga membawa perubahan mendasar bagi kiprah dan peranan perempuan di indonesia. Hingga kini juga hadir sejumlah perempuan yang menghiasi bingkai emas wajah Indonesia. Indonesia pun punya Sri Mulyani ( Menteri Keuangan), Puan Maharani, Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Khofifah Indar Parawansa, Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan), Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Najwa Sihab (Presenter), Bintang Puspayoga (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak)  hingga Lana T Koentjoro (Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju).

 

Pengurus Perempuan Indonesia Maju disela-sela sebelum Prosesi Pelantikan PAW.

Bicara perempuan juga tidak lepas dengan perhimpunan perempuan di negeri ini, Perempuan Indonesia Maju. Dibawah kepemimpinan Lana T Koentjoro organisasi ini pun tumbuh dan berkembang pesat.

Hal ini selaras dengan visi Perempuan Indoensia Maju sebagai sebuah komunitas atau organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk memberikan edukasi dan membantu mewujudkan perempuan Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dan bisa sejajar dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Organisasi yang diketuai perempuan energik dan low profil, memang menitikberatkan kepada perempuan Indonesia Maju bisa menjadi bagian dalam memajukan bangsa Indonesia yang dimulai dari keluarga yang terbina dari seorang ibu terhadap anak-anaknya, hingga lingkungan sekitar, dan titik akhir yaitu bagian dalam mencerdaskan anak bangsa Indonesia.

Tak heran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun memberikan apresiasi khusus bagi organisasi sekelas Perempuan Indonesia Maju.Karena banyak peran terbaik yang sudah dilakukan termasuk di dalamnya memajukan pariwisata Indonesia.

“Perempuan Indonesia memiliki peranan penting dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Semoga dalam perkumpulan perempuan maju Indonesia mandiri dapat berperan aktif demi kemajuan perekonomian Indonesia,” ucap Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam siaran resminya beberapa saat lalu.

 

T Koentjoro (Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju) bersama Abby (Traveler Indonesia)

Sementara dalam upaya penyegaran sekaligus penguatan organisasi, Kamis (12/09/2024), organisasi yang bermarkas di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, melakukan PAW (Pergantian Antar Waktu) Pengurus Pusat Perempuan Indonesia Maju. Sejumlah nama baru pun turut menyegarkan salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia.Pelantikan sendiri dipusatkan di kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Jakarta.

Mereka yang mengisi squad organisasi, terdapat Rahajeng Widya (Sekretaris Umum),Anna Naomi H. Silitonga (Bendahara umum), Sri Rosila,SE (Kabid Organisasi), dr.Grace Hananta (Kepala Bidang Kesehatan Ibu dan Anak, drg.Wilujeng Harimulyati Agustini, M.Kes.(Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat).

Selain itu terdapat pula Joice Hapsari Fendrini, SH., M.Kn, MH. Bidang Pelatihan Baby Jane (Kepala Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat), Siswita Noviar Tanjung SE (Kepala Bidang Ekonomi dan Keuangan), Rini G Ranty (Kepala Bidang Pertanian dan Perikanan), Masayu Chairany (Kepala Bidang Pengembangan Usaha dan UMKM) Irma Herliana (Kepala Bidang Pariwisata).

Tak hanya itu kekuatan organisasi semakin bergerak dinamis dengan hadirnya Kania Pramesti(Kepala Bidang Budaya), Dhanni Rosse (Kepala Bidang Ekonomi Kreatif),serta .Listi Handayani (Bidang Event dan Pameran).

Wajah baru yang sangat familiar di dunia adventure dan traveler adalah Abby,. Perempuan yang merupakan salah satu traveler perempuan Indonesia diberikan amanah memimpin Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tak berlebihan jika jabatan ini memang sesuai ekspert (keahlian) dan pengalamannya selama ini, termasuk turut mendorong menjaga dan melestarikan hutan dan alam Indonesia dalam setiap event yang digelarnya bersama sejumlah aktivis lingkungan dan pendaki gunung.

Abby pun sangat berterima kasih dengan kepercayaan yang diberikan Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju, Lana T Koentjoro beserta jajaran, serta dukungan semua teman, sahabat dan penggiat lingkungan untuk bergabung dan berbuat yang terbaik untuk Indonesia dalam organisasi Perempuan Indonesia Maju.

“Kami pribadi sangat berterima kasih kepada Ibu Ketua Umum, Bu Lana Lana T Koentjoro, teman-teman lainnya di organisasi ini. Suatu kehormatan bagi kami, bisa bergabung untuk ikut berperan untuk memajukan Indonesia, karena ini adalah rumah kita perempuan Indonesia menjaga Indonesia,” ujar Abby.

 

Traveler Abby yang masuk dalam kepengurusan Perempuan Indonesia Maju.

Abby pun sangat mengapresiasi organisasi dengan kiprahnya yang membawa perubahan besar bagi perempuan di negeri. Terlebih organisasi ini sudah menjalin kerjasama yang harmonis dengan berbagai Instansi Pemerintahan, BUMN, Swasta dan Stakeholder lainnya untuk bersama mensukseskan program pemberdayaan perempuan dibidang kemandirian wirausaha.

Hal ini sejalan pula dengan harapan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menekankan, sinergi dan kolaborasi lintas sektor serta dukungan antar perempuan merupakan kunci dari berbagai macam tantangan dalam menghadirkan kebijakan inklusif bagi perempuan dan mendorong kesetaraan gender. Pemberdayaan perempuan menjadi penting dalam menemukan masalah dan solusi yang selama ini melingkupi perempuan, serta meningkatkan keterwakilan dan peran aktif perempuan di berbagai macam lini atau sektor pembangunan.

“Karenanya marilah berbuat, bergerak dan bermanfaat.Sekecil apa pun peran kita, akan memberikan manfaat bagi Indonesia ke depannya. Perempuan itu bangga Indonesia, maka mari kita jaga bersama,” pungkas Abby. (Olpah Sari).

Olpah Sari – Jurnalis- Editor Economic Travelling.Com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!