HERBO dan United Tractors Berjaya di Jakarta

0

Selamat buat Muhammad Khalid dan HERBO atas prestasi terbaik untuk Banua.

Satu lagi prestasi terbaik  di tingkat nasional ditoreh pelaku UMKM Kalsel. Dalam Malam Anugerah Bina UMKM Award 2024  yang diadakan Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Foundation di Aula Binakarna, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Sabtu (29/06/2024), UMKM HERBO (industri pengolahan Kopi dan Herbal) mendapat penghargaan Gold.

HERBO yang dikelola Muhammad Khalid dinilai sebagai salah satu UMKM yang mandiri dan berdaya saing tinggi.Hal ini selaras dengan misi penyelenggara Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Foundation yang bertujuan menjadikan para pelaku UMKM menjadi lebih mandiri, produktif dan mendukung perekonomian lokal serta global.

Tak hanya itu, PT United Tractors sang pembina UMKM HERBO pun mendapat penghargaan dari Corporate Forum for CSR Development (CFCD). Perusahaan alat berat terkemuka  di Indonesia ini memenangkan penghargaan Platinum dalam kategori Pembinaan Perusahaan dan Program Dukungan UMKM dan IKM.

PT United Tractors dinilai sebagai salah satu perusahaan yang sukses melakukan pembinaan terhadap UMKM lewat pemberdayaan ekonomi. Salah satu binaannya yang sukses berkembang adalah UMKM HERBO (industri pengolahan Kopi dan Herbal), yang berada di kawasan Siter Tanjung, Tabalong, Kalsel.

Selain itu perusahaan ini dinilai telah mendorong dan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan memperkuat struktur ekonomi.

Ketua CFCD Foundation, Thendri Supriatno mengungkapkan penghargaan tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan atau lembaga yang telah berkontribusi dan ikut berperan aktif dalam proses pengembangan UMKM menjadi binaannya yang mandiri,aktif dan berkontribusi positif bagi daerah.

“Ini merupakan yang pertama kali digelar dan harapannya kawan-kawan  pelaku UMKM menjadi lebih mandiri, produktif dan mendukung perekonomian lokal serta global. UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan ekosistem rantai pasok nasional, sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan nilai tambah, kualitas dan daya saing produk-produk industri nasional yang akan berperan dalam meningkatkan produktivitas perekonomian nasional,” ujarnya.

 

Terima Kasih United Tractors dan HERBO telah mengharumkan nama Kalsel di tingkat nasional.

Lebih lanjut  Thendri Supriatno menyebutkan pengembangan UMKM dapat ditingkatkan melalui pola kemitraan. Pentingnya pembinaan UMKM oleh perusahaan atau lembaga dalam rangka membangun rantai pasok yang kuat dan peningkatan perekonomian lokal dan global

“Mari kita seriuskan lagi pengembangan UMKM melalui pola kemitraan. Ke depannya akan banyak rangkaian pelatihan dan seminar untuk mengedukasi dan memotivasi para pengusaha dan pelaku UMKM agar dapat berbagi pengalaman,”katanya memberikan semangat.

Sementara itu Muhammad Khalid mengaku sangat bersyukur dengan penghargaan yang kedua diterimanya pada tahun ini. Bersama kawan-kawan UMKM lainnya, dirinya pun sangat berterima kasih dengan PT United Tractors yang sangat baik membina UMKM termasuk usahanya di bidang pengolahan kopi Kalimantan memadukan rempah-rempah khas daerah.

“Alhamdulillah, terima kasih dukungan PT United Tractor yang luar biasa kepada UMKM di Banua khususnya HERBO, hingga sampai menuju kesini,” ucapnya tak kuasa menahan haru usai menerima penghargaan bergengsi di level nasional.

Khalid sendiri pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini membina dan mendampingi usahanya hingga berkembang dengan baik serta mampu menghasilkan prestasi membanggakan untuk UMKM Banua.

“Terimakasih buat Bank Kalsel, Disbunak Kalsel, GAPKI Kalsel, HIPMI,KADIN,KNPI,FKP, Pama Persada Nusantara, LPB Pama Banua Lima, YDBA, Adaro Indonesia, Disprindagkop dan PLUT Tabalong, Koperasi Jusaka, POKTA, Para Mentor, Coach,  para Konsultan UMKM, Guru Guru kami dan Dosen, media massa serta Economic Travelling.Com,” tuturnya.

 

Iwan Alabio. (Foto-Dok Pribadi).

Capaian bagus Muhammad Khalid bersama “HERBO” diapresiasi pula salah satu tokoh banua, Hero Setiawan. Pria yang juga Sekjen GAPKI Kalsel,mengaku bangga dengan kinerja serta prestasi yang ditorehkan salah satu anak Banua, yang konsen dalam mengembangkan usaha.

“Yang ulun salut itu ketekunan, kesabaran dan komitmen untuk maju mengembangkan usaha dari Bang Khalid. Sungguh menginspirasi anak-anak muda. Di saat yang lain konsen ingin bekerja kantor bahkan jadi ASN, beliau justru memilih berwirausaha.Dan terbukti kerja keras dan perjuangan tidak mendustakan hasil.Sekali lagi selamat dan sukses buat Bang Khalid,” terang pria yang bakal mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Hulu Sungai Utara.

Iwan Alabio begitu pria ini disapa akrab, sangat berterima kasih dengan pemerintah daerah serta lembaga pemerintah lainnya termasuk koorporasi, yang sudah membina anak-anak muda yang terjun ke sektor UMKM. Karena potensi anak muda di Banua tidak kalah dengan daerah lain.

“Harapan kami pembinaan ini terus berkesinambungan, sebagai tanggung jawab bersama membina anak muda menyalurkan bakat dan kemampuan serta jiwa wirausaha yang baik. Berikan selalu mereka kesempatan berekspresi dalam koridor yang bagus dan profesional.UMKM Banua bersama anak muda Insya Allah terus berjaya,” pungkas Iwan Alabio. (Olpah Sari).

Olpah Sari – Penulis – Editor Economic Travelling.Com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!