Malaka Buka Hubungan Khusus Ekonomi & Pariwisata Dengan Banjarmasin

0

Koordinator Bidang Perempuan Dunia Melayu Dunia Islam Kalsel, Dr Hj Siti Wasilah menandatangani dokumen Kunjungan khusus di Istana Kesultanan Malaka. (Foto-Dok Siti Wasilah).

 Journey Lawatan Bidang Perempuan DMDI Kalsel Ke Malaka Malaysia

Kesultanan Malaka, Malaysia siap membuka hubungan khusus dengan Banjarmasin, melalui kiprah Dunia Melayu Dunia Islam. Hal ini pertegas Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam, saat menerima lawatan Delegasi Bidang Perempuan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kalsel, yang dipimpin Dr Hj Siti Wasilah, di Istana Kesultanan Malaka, Malaysia, pekan lalu.

Tun Seri Setia Dr. Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam sangat terkesan dengan lawatan khususnya ke Banjarmasin beberapa saat lalu. Karena Banjarmasin sebagai kota Melayu tua menyimpan potensi terbaik dalam membina hubungan secara luas Kesultanan Malaka.

“Kami sangat berterima kasih dengan kunjungan istri Wali Kota Banjarmasin beserta rombongan ke Malaka. Meskipun sekejap namun banyak hal perkara (persoalan) yang kita bincangkan bersama, terutama hubungan selanjutnya Banjarmasin dan Malaka,.Harapanya hubungan kita ini semakin erat,” ujar Tun Seri Setia Dr. Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam, didampingi Ketua Saudagar Melayu, Dato Zoy.

 

Delegasi Bidang Perempuan Dunia Melayu Dunia Islam Kalimantan Selatan yang dipimpin Dr Hj Siti Wasilah diterima langsung Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam, di Istana Kesultanan Malaka. (Foto-Dok Hj Siti Wasilah).

 

Lebih lanjut Pria yang juga Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, menjelaskan pertemuan delegasi Banjarmasin Bidang Perempuan merupakan penjajakan kerjasama antara kota Malaka dan Banjarmasin.

“Tadi kami juga memperbincangkan hubungan melalui DMDI seperti kerjasama ekonomi, pendidikan dan pariwisata maupun lain sebagainya.Insya Allah kita akan menjemput (menerima) lagi lawatan Wali Kota Banjarmasin, Haji Ibnu Sina ke Malaka,”tambah pria yang merupakan lulusan Universitas Sains Malaysia dan Universitas Malaya.

Tun Seri Setia Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam juga membeberkan sejumlah rencana perkongsian ekonomi, pariwisata dan pendidikan. Salah satunya juga dirinya menyebutkan memberikan kesempatan bagi pelukis mural asal Banjarmasin melukis di kawasan Museum Dunia Melayu Dunia Islam, di Jalan Malaka, Malaysia. Saat ini pihaknya masih menunggu rancangan desain gambar dari seniman lukis Banjarmasin yang akan dituangkan untuk museum mereka.

 

Koordinator Bidang Perempuan Dunia Melayu Dunia Islam Kalimantan Selatan, Hj Siti Wasilah memberikan cenderamata kepada Yang Dipertua Kesultanan Malaka, Tun Seri Setia Dr. Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam, saat berkunjung khusus ke Istana Kesultanan Malaka. (Foto-Dok Siti Wasilah).

Koordinator Bidang Perempuan Dunia Melayu Dunia Islam Kalsel, Dr Hj Siti Wasilah, menjelaskan kunjungan pihaknya ke Malaka, Malaysia, merupakan salah satu proses penjajakan yang dilakukan DMDI Kalsel terutama bidang ekonomi dan pariwisata.

“Karena begitu pulang melawat ke Banjarmasin, Sultan Malaka ini tertarik menjalin hubungan serius dengan Banjarmasin. Salah satunya mereka siap membuka Kedai The Tarik Malaka yang terkenal, Insya Allah di bulan Juni mendatang. Ini juga akan mendorong perekonomian Banjarmasin. Belum lagi kerjasama yang saling menguntungkan yang bermanfaat bagi Banjarmasin,” terang Siti Wasilah.

Tak hanya itu penjajakan-penjajakan kerjasama ini memberikan peluang dunia usaha dan sektor pariwisata untuk bergerak lebih dinamis. Karena sasaran dalam terjalinnya hubungan kerjasama ini akan berdampak positif bagi kota Banjarmasin.

“Sedangkan bidang pendidikan Insya Allah juga akan dibicarakan lebih lanjut antara Wali Kota Banjarmasin dan Presiden DMDI, termasuk kerjasama pengiriman pelajar Banjarmasin ke Malaka, nantinya,” tutupnya.(Olpah Sari/Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!