Indahnya Kebersamaan Bawaslu dan Media Menjaga Pilkada  

0

Membangun Kebersamaan dalam Media Gathering Bersama Bawaslu Kalsel di Bukit Bintang Resto dan Resort, Banjarbaru.

Gegap gempita tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 getarannya juga terasa ke Kalimantan Selatan. Dinamika eskalasi politik pun tidak terlepas dari bayang-bayang konflik dan kerawanan, karena situasi dan kondisi yang juga bersifat dinamis.

Pesta demokrasi mencari pemimpin-pemimpin terbaik dan berkualitas serta berintegritas pun terus bergulir, seiring berjalannya tahapan pemilu hingga kampanye saat ini.

Pemilihan kepala daerah mulai level Gubernur, Wali Kota dan Bupati pun butuh informasi segar dan menyejukkan.Informasi pun harus tersaji dengan baik, berkualitas seperti halnya yang dilakukan para Jurnalis dari berbagai lintas media di Kalimantan Selatan.

Sebuah penyatuan pandangan dan kesepakatan digulirkan Bawaslu Kalimantan Selatan bersama puluhan Jurnalis di Banua. Bersama Lembaga Pers Mahasiswa serta staf Bawaslu se-Kalsel, lembaga pengawas independen ini pun menyatukannya lewat Media Gathering Bawaslu di kota Banjarbaru, secara marathon tiga hari, Jumat hingga Minggu, 04 Oktober hingga 06 Oktober 2024.

“Ini adalah upaya kita untuk memaksimalkan pengawasan pemilihan serentak 2024. Kita mengandeng kawan-kawan dari berbagai media, sama-sama mendorong terciptanya Pilkada yang damai dan aman serta menyenangkan,” terang Anggota Bawaslu Kalsel Thessa Aji Budiono, di sela-sela kegiatan Pembukaan Media Gathering bertajuk Kolaborasi Bawaslu dan Media Dalam Pengawasan dan Edukasi Informatif Pemilihan Serentak.

Thessa Aji Budiono pun menilai kolaborasi ini sangat penting dalam penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat luas. Karena peran media sangat berarti mengedukasi masyarakat serta memotivasi agar pelaksanaan Pilkada serentak ini tidak terganggu sejumlah pelanggaran.

” Kami memahami pentingnya keberadaan media terutama untuk menyampaikan informasi yang ingin disampaikan Bawaslu kepada publik , baik edukasi penyelenggaraan Pilkada , maupun sosialisasi pengawasan partisipatif “sambungnya lagi.

 

Diskusi seru, Asyikin, salah satu Jurnalis dengan para narasumber.

Pelaksanaan Media Gathering yang dikemas dalam Sosialisasi dan Outbond disambut antusias para Jurnalis dari berbagai media dan lembaga pers mahasiswa. Karena selama ini hanya Bawaslu Kalsel yang membangun komunikasi sangat baik dengan media.

“Kami pribadi mengapresiasi sekali dengan upaya-upaya yang dilakukan Bawaslu membangun komunikasi yang saling membangun serta memiliki visi yang jelas menjaga bersama Pilkada dengan baik, sesuai perannya masing-masing.Ini yang kami apresiasi sekali,” ujar Hilman Gerylyan “Ary”, Jurnalis Prima TV.

Hal serupa diakui Ketua PWI Kalsel, Zaenal Helmi.Menurut Ketua PWI dua periode ini, mereka sangat menghargai kebersamaan yang dibangun dengan baik oleh Bawaslu.Karena sepanjang penyelenggaraan Pemilu hingga Pilkada ini, Bawaslu Kalsel begitu perhatian dan mampu menyerap aspirasi media, untuk lebih intens berkomunikasi.

“Kami kira ini baru Bawaslu Kalsel yang begitu perhatian terhadap media.Tentunya perhatian itu adalah bagaimana menjalin kerjasama dalam bingkai kebersamaan dan tujuan adalah sama mensukseskan Pilkada Serentak serta menjaganya dengan baik melalui berita-berita positif dan membangun. Kendati demikian mereka juga sangat terbuka dan tetap menerima kritikan membangun yang disampaikan media,” puji Zaenal Helmi.

Helmi pun mengajak media dan Jurnalis di Banua untuk bersama-sama menyiarkan dan memberitakan sesuai porsi pemberitaan yang sesuai kaedah Jurnalistik serta berpedoman kepada Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

 

Menyatukan Kebersamaan dalam Perspekstif Media Gathering.

Sementara itu di hari pertama, Talk Show yang menghadirkan Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, Ketua PWI Kalsel serta Wakil ketua KPID Kalimantan Selatan Analisa, berlangsung menarik dan seru. Karena ketiga narasumber mampu menyajikan paparan beserta analisa yang disambut antusias peserta.Bahkan suasana diskusi pun berlangsung sengit dan penuh kejutan.

Media Gathering sendiri pada hari kedua diawali dengan kegiatan Capacity Building dan Outbond. Kegiatan yang dipusatkan di Bukit Bintang Resto dan Resort, Sungai Ulin, Banjarbaru, berlangsung cukup seru dengan sejumlah permainan mengutamakan kekompakan dan kesabaran serta kebersamaan.

“Itu acara yang betul-betul menguras tenaga dan konsentrasi.Karena melalui kegiatan ini kita diajarkan bagaimana membangun tim yang kuat dan solid untuk menyelesaikan beragam masalah yang diaktualisasikan dalam games-games seru. Pokoknya acara bersama Bawaslu Kalsel itu is the best,” seru Rini Masmuda, Jurnalis cantik dari Abdi Persada FM. (Olpah Sari).

Olpah Sari – Jurnalis-Editor Economic Travelling.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!