Banjarbaru Siap Suplai Modal Bank Kalsel

0

Foto-Ilustrasi

Kekuatan Bank Kalsel sebagai Bank Pembangunan Daerah tidak terlepas dari modal perbankan. Modal perbankan sendiri adalah dana yang diinvestasikan oleh pemilik bank untuk membiayai kegiatan usaha bank. Modal bank merupakan ukuran investasi pemegang saham bank dalam bisnis.

Salah satu pemegang saham Bank Kalsel adalah Pemerintah Kota Banjarbaru. Rencananya Bank Kalsel bakal disuplai modal dalam menunjang operasional perusahaan dan pergerakan bisnisnya.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan antara Kepala Cabang Bank Kalsel Banjarbaru, Khairunnisa dengan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru Hj Nurliani, di ruang kerjanya di Balai Kota, Banjarbaru, Jumat (30/08/2024).

Pj Sekda Kota Banjarbaru Hj Nurliani didampingi Asisten III Pemko Banjarbaru Dr Hj Rahmah Khairita mengungkapkan pertemuan itu adalah kunjungan silaturahmi sekaligus konsolidasi terkait rencana penambahan penyertaan modal dari Pemko Banjarbaru kepada Bank Kalsel tahun 2025 tersebut.

Disebutkannya pada  Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Kalsel yang dilaksanakan awal tahun 2024 lalu, seluruh pemegang saham sepakat untuk kembali menambah penyertaan modal di tahun 2025.

Penambahan setoran modal ini dalam rangka memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang modal inti minimum bank umum.

Selain itu penambahan setoran modal ini untuk memperkuat kelembagaan Bank Kalsel agar berperan lebih besar dalam pembangunan khususnya di Provinsi Kalsel.

“Dengan modal yang kuat ikami berharap Bank Kalsel Cabang Banjarbaru semakin aktif dalam mendukung pembangunan Kota Banjarbaru, khususnya dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah,” sebut Nurliani.

Pemerintah Kota Banjarbaru sendiri sambungnya, telah membangun komunikasi dengan pimpinan Bank Kalsel Cabang Banjarbaru.Tentunya terkait penambahan modal ini mereka masih mengkoordinasikan dengan DPRD Kota Banjarbaru.

“Sebab penyertaan modal harus dibicarakan dengan legislatif karena akan dikuatkan dengan peraturan daerah (Perda) penyertaan modal yang menjadi dasar hukum terhadap penambahan modal pemerintah,” tambahnya lagi.

Kepala Bank Kalsel Cabang Banjarbaru Khairunnisa mengapresiasi dukungan diberikan Pemkot Banjarbaru dengan menambah penyertaan modal di bank milik Pemprov Kalsel itu.

“Bank Kalsel komitmen Bank Kalsel untuk terus mendukung program pemerintah daerah termasuk juga berperan dalam pembangunan Kota Banjarbaru yang telah menjadi ibukota Kalsel,” katanya singkat.(Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version