Yalsin Resmi Ketua HPI DPC Hulu Sungai Selatan

0

Muhammad Yalsin Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Hulu Sungai Selatan yang dikukuhkan Ketua HPI DPD Kalsel, Antonius Panggabean.

Setelah melakukan musyawarah mufakat Muhammad Yalsin akhirnya resmi terpilih menjadi Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dalam agenda pembentukan DPC HPI Hulu Sungai Selatan, di Amandit Loksado Lestari Outbond Camp, Loksado, Kandangan, Jumat malam (02/08/2024), Yalsin mantap untuk memimpin organisasi para Tour Guide.

Tepat Sabtu pagi (03/08/2024) Yalsin resmi dilantik sebagai Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan Periode 2024-2029. Pelantikan sendiri dilakukan langsung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Kalimantan Selatan, Antonius Panggabean.

Pelantikan yang dipusatkan di Aula Amandit Loksado Lestari Outbond Camp, Loksado, Kandangan, disaksikan pula Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Selatan yang diwakili I Wayan Agus Suarjana.

Usai melantik pengurus HPI Hulu Sungai Selatan, Ketua DPD HPI Kalsel Antonius Panggabean mengajak  mereka yang memantapkan hati sebagai Tour Guide atau Pramuwisata untuk berperan serta memajukan pariwisata di daerah.Terlebih Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki potensi destinasi-destinasi wisata alam dan kearifan budaya lokal yang terbilang baik dan mendunia.

“Tugas kita semua mengenalkan lebih jauh pariwisata di Kalsel, khususnya yang ada di Hulu Sungai Selatan. Selain itu jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengugrade kapasitas. Jangan sampai pemandu wisata tidak tahu terkait informasi Kalimantan Selatan dan  Kabupaten Hulu Sungai Selatan, termasuk berapa luas daerah, berapa jumlah penduduk, ekonomi masyarakat, dan dimana saja lokasi destinasi wisata,” pesan Anton.

 

Ketua DPD HPI Kalsel, Antonius Panggabean.

Anton juga berharap ketua dan anggota DPC HPI yang dilantik dapat bersinergi dan membantu Pemkab Hulu Sungai Selatan untuk mempromosikan potensi pariwisata. Terlebih industri pariwisata di daerah ini, khususnya Loksado semakin berkembang semakin baik.

“Harapan kita juga Pemkab Hulu Sungai Selatan mendukung program HPI setempat dan HPI Kalsel. Tentunya memberikan pembinaan kepada organsisasi itu, agar berjalan lebih baik dan kualitas SDMnya semakin profesional.Hal itu juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, “ ujar Tour Guide Senior spesialis Wisatawan Mancanegara.

Hal ini diamini pula sejumlah pengurus DPD HPI Kalsel, Rahmiatun Nisa dan Ariefa F Gramenia . Kedua Tour Guide senior ini pun menyebutkan kolaborasi menjadi kata kunci sebuah organisasi seperti halnya pramuwisata. Karena peran pramuwisata salah satu pilar yang membawa perubahan terbaik dalam mengembangkankan pariwisata.

“Keberadaan pramuwisata tak hanya sebagai pendamping wisatawan ketika berkunjung ke suatu daerah, namun ia menjadi duta wisata daerah yang tak keberadaannya tak bisa dipandang sebelah mata. Karena sebagai garda terdepan pemandu wisata juga menjadi akses pembuka informasi-informasi penting kepemanduan wisata khususnya di Kalsel,” tutur Tour Guide cantik yang dimiliki Kalsel.

 

Sambutan dan pengarahan I Wayan Agus Suarjana. mewakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Selatan.

Muhammad Yalsin sendiri sangat berterima kasih dengan teman-teman seprofesi yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjalankan roda organisasi. Dirinya berharap dengan terbentuknya pengurus DPC HPI HSS, semakin mengokohkan kebersamaan dan kekompakan para Tour Guide  di Bumi Antaludin.

“Kami akan terus berkonsolidasi diantara pengurus dan anggota. Disisi lain kami juga akan membangun komunikasi dengan baik dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terlebih HSS ssalah satu kabupaten penunjang ibu kota negara baru khususnya pintu gerbangnya IKN,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sangat berterima kasih dengan HPI Kalsel dengan memberikan wadah bagi pengembangan pariwisata di Hulu Sungai Selatan. Dengan terbentuknya pengurus HPI di daerah ini, sangat membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan industri pariwisata lebih komprehensif  khususnya di Hulu Sungai Selatan.

” Pembentukan HPI HSS ini memberikan warna baru dan spirit baru bagi Tour Guide. Keberadaan HPI dan didalamnya ada Tour Guide yang profesional akan memberikan branding terbaik bagi wajah pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kami sangat berterima kasih sekali,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Selatan melalui I Wayan Agus Suarjana. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!