Indahnya Silaturahmi & Karakatan Urang Hulu Sungai Selatan

0

Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, H Hermansyah dan Ketua Ikatan Karakatan Keluarga Hulu Sungai Selatan, HM Amien Santang bersama sejumlah tokoh masyarakat Bumi Antaludin.

Kebersamaan adalah satu sifat masyarakat Indonesia yang melekat sepanjang zaman. Sifat-sifat menjunjung persatuan dalam kebersamaan menjadi ciri khas masyarakat yang beragam di negeri ini, tak terkecuali dengan masyarakat  atau Urang Hulu Sungai Selatan, di Kalimantan Selatan.

Cerminan ini terlihat dari kerakatan (keakraban dan akurnya) masyarakat Hulu Sungai Selatan, baik yang di daerah maupun di perantauan. Rasa persaudaraan dan dekatnya kebersamaan, menjadi salah satu ciri khas Urang atau masyarakat di Kabupaten yang terkenal dengan Ketupat Kandangan (Kuliner Khas Banjar).

Inilah yang terekam dalam Halal Bihalal Ikatan Kerakatan Keluarga Hulu Sungai Selatan, di Restoran Lima Rasa, Banjarmasin, Sabtu (25/05/2024). Seribu lebih perantauan Hulu Sungai Selatan dari berbagai kota di Indonesia berdatangan ke Banjarmasin untuk bersilaturahmi dan merajut kembali pertemuan akbar.

Pertemuan besar masyarakat Kandangan dan Nagara dihadiri tokoh-tokoh penting asal Bumi Antaludin,  mulai Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, H.Hermansyah, H Achmad Fikri (Bupati Hulu Sungai Selatan yang baru berakhir jabatannya),Haji Amin Santang, Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, M.A (Rektor UIN Antasari 2009-2017), Ir H Ramlan MA (Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan), Ihsan Al-haq (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjarmasin), H.Gazali Rahman (Pengusaha), H Zainuddin Djahri (Pengusaha), Dr Husni Naparin (Intelektual muda/Dosen Universitas Sari Mulia) dan Jurnalis Senior CNN Indonesia (Transmedia Grup)- Ahli Pers Dewan Pers, Muhammad Risanta,SE,MM serta sederet tokoh masyarakat dan pemuda lainnya.

 

Para Tokoh intelektual dan pakar yang dimiliki Hulu Sungai Selatan, berbincang akrab dengan Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, H.Hermansyah.

Momen Halal Bihalal warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini pun diapresiasi berbagai kalangan, terutama ribuan undangan yang memadati salah satu restoran terkenal dan ternama di Banjarmasin. Mereka pun mengaku senang bisa bertemu dengan sanak keluarga, teman dan kerabat serta kawan se-kampung semasa anak-anak dan remaja.

“Alhamdulillah, kami bisa badadapatan dengan keluarga di Kandangan yang tersebar di berbagai kota. Tadi bisa badapatan dengan kawan semasa sekolah dan ada jua sepupu di Sungai Raya, Kandangan.Rasa terharu takumpulan warga Sabanua khususnya Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” ujar Surfani dan Syahriyanto Ruslan, dua bersaudara asal Banjarmasin berdarah Kandangan.

 

Ketua Pelaksana Halal Bihalal, Ir H.Umar Rahmani, ST, MT, bersama tokoh-tokoh Kandangan dan Hulu Sungai Selatan, yang ada di Banjarmasin.

Badua Baading ini pun sangat terkesan dengan kegiatan yang dimotori Ir H.Umar Rahmani, ST, MT (salah satu pejabat utama Pemerintah Kota Banjarmasin).Karena membukakan pintu silaturahmi Urang-urang Kandangan dan Nagara yang tersebar di perantauan.

“Bagi kami ini sangat indah dalam merawat kerakatan dan kebersamaan.Alhamdulillah bisa bertemu tokoh-tokoh dan tetuha Hulu Sungai Selatan, Sebagai generasi paling muda kami sangat berterima kasih dengan Halal Bihalal ini,” ucap Syahriyanto, yang sehari-hari Jurnalis Radio Elshinta Jakarta.

Ketua Pelaksana Halal Bihalal, Ir H.Umar Rahmani, ST, MT,sangat berterima kasih dengan kehadiran masyarakat Hulu Sungai Selatan ke Banjarmasin. Karena di Banjarmasin bisa berkumpul dan menjalin karakatan dalam balutan silaturahmi. Dan sangat luar biasa antusasi Urang Hulu Sungai Selatan dari berbagai kota ke Banjarmasin.

“Ini awal yang baik dan semakin menguatkan rasa persaudaraan kita barataan, keluarga Hulu Sungai Selatan.Kegiatan rutin yang diselenggarakan tahun ini Alhamdulillah berjalan lancar dan semarak dengan hadirnya tokoh-tokoh penting, termasuk para Tuan Guru dan senior-senior kita,” kata Umar Rahmani.

Rasa syukur juga diucapkan Ketua Umum IKK Hulu Sungai Selatan, H.M Amien Santang, dengan karakatan yang terjalin baik sepanjang masa. Menurutnya Halal Bihalal adalah salah satu momentum menguatkan selalu rasa persatuan,persaudaraan masyarakat Hulu Sungai Selatan, di mana saja berada.

“Dan hari ini kita saksikan bersama ada komitmen untuk terus merawat dan melestarikan kebersamaan dan persaudaraan kita semua. Terlebih tadi dikenalkan pula Ikatan Tokoh Ulama dan Para Pemikir Banua asli Hulu Sungai Selatan, serta peran serta adik-adik mahasiswa. Kami mengharap kondisi seperti ini tetap terjaga (Karakatan) dan tahun ini sangat luar biasa, terima kasih Pak Umar, Pak Bambang Herman Taufan dkk  atas kinerja terbaiknya,” sebut Amien Santang, yang merupakan salah satu wartawan senior era 70-80-an, seangkatan tokoh pers nasional, (Alm) Tarman Azzam.

 

Para Jurnalis Hulu Sungai Selatan yang berdiam di Banjarmasin berfoto dengan Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, H.Hermansyah.

Sementara Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs.H.Hermansyah, MM, sangat berterima kasih dengan digelarnya Halal Bihalal yang diluar dugaan, dihadiri ribuan Urang Kandangan dan Nagara serta sekitarnya. Dirinya pun mengapresiasi kerukunan dan kebersamaan masyarakat yang terawat dengan baik sepanjang masa.

“Atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kami mengapresiasi terselenggaranya Halal Bihalal dan dihadiri urang-urang Hulu Sungai Selatan, mulai Kandangan, Nagara, Rantau, Balikpapan, Palangkaraya hingga Banjarmasin,” ungkap Hermansyah, yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan.

Melalui momen ini dirinya mohon dukungan masyarakat luas agar program-program pemerintah daerah, khususnya Hulu Sungai Selatan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, bisa dijalankan sebaik mungkin.

“Harapan kita bersama pula Hulu Sungai Selatan terus mengalami kemajuan yang luar biasa. Karena hingga saat ini tercatat PAD Hulu Sungai Selatan sudah berada dikisaran Rp.1, 9 Triliun.Mudahan hal positif ini semakin mendorong pembangunan di daerah kita terus berjalan baik dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat.Sekali lagi kami mohon doanya. (Olpah Sari/M.Irfani).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!