Yok Sukseskan MTQ Antar Bangsa Ke-14 di Banjarmasin

0

Panitia MTQ Antar Bangsa ke-14 saat menggelar Rapat Khusus Persiapan yang dihadiri pula Dr. Hj. Siti Wasilah M.Si,. Med, Koordinator Biro Peranan Perempuan DMDI Kalsel.

 

Pelaksanaan Majelis Tilawah AlQuran (MTQ) Antar Bangsa Ke-14 tinggal menghitung minggu.Dan Banjarmasin pun siap menyambut kedatangan kafilah dari berbagai negara yang meramaikan pahelatan besar yang diselenggarakan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Pusat dan DMDI Provinsi Kalsel.

Rencananya agenda pertemuan Qori dan Qoriah terbaik internasional dimulai pada Jumat siang (29/04/2024) di studio TVRI Kalsel dan berakhir Sabtu malam (29/04/2024).

Persiapan pun intens dilakukan tim panitia yang merupakan Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam Provinsi Kalsel. Salah satunya menggelar Rapat Teknis dan Koordinasi, yang berkelanjutan dalam upaya mensukseskan pelaksanaan MTQ yang bakal dihadiri Sultan Malaka Tun Sri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam, yang juga Presiden Dunia Melayu Dunia Islam. Selain itu Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Komjen (Purn) H Syafruddin (Menteri Menpan RB – Wakapolri  semasa Kabinet Indonesia Maju), dipastikan hadir membuka langsung MTQ Antar Bangsa.

“Insya Allah Sultan Malaka, Tun Sri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam, yang juga Presiden Dunia Melayu Dunia Islam dan Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Bapak Haji Syafruddin berhadir dalam kegiatan MTQ Antar Bangsa, yang bertepatan pula dengan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DMDI Kalsel serta Seminar Kewirausahaan Internasional,” jelas Ketua Harian DMDI Kalsel, H Ahmad Rizqon, disela-sela kegiatan Rapat Teknis Persiapan MTQ Antar Bangsa, di Aula Kesra Pemko Banjarmasin, Selasa (19/03/2024).

 

Ketua Harian DMDI Kalsel, H Ahmad Rizqon berdiskusi dengan sejumlah Koordinator Bidang dan Panitia MTQ Antar Bangsa.

Menurut pria yang juga Sekjen BKPMRI Pusat, beberapa negara sudah memberikan konfirmasi kehadiran termasuk sejumlah provinsi di tanah air.Sejauh ini pihak terus memonitor perkembangan daftar terupdate negara-negara yang bakal meramaikan MTQ Antar Bangsa ke-14 yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Banjarmasin sendiri siap menyambut kedatangan kafilah dari berbagai negara maupun kota-kota lainnya di Indonesia. Selain itu untuk kehadiran tamu spesial Sultan Malaka dan beberapa undangan VIP lainnya, termasuk Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Bapak Haji Syafruddin. Makanya  hari ini dan seterusnya kita mantapkan persiapan agar semakin matang,” ujar Rizkon sembari berdiskusi dengan sejumlah panitia.

 

Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam Pusat, Said Aldi Al Idrus didampingi Ketua Umum DMDI Kalsel, Ibnu Sina dan Ketua Harian DMDI Kalsel H Ahmad Rizqon, mengunjungi Pasar Wadai Ramadan dan memborong salah satu masakan di stan pedagang, Minggu (17/03/2024).

Kegiatan MTQ Antar Bangsa atau  Majelis Tilawah Alquran Antar Bangsa ke 14 di Banjarmasin disambut antusias sejumlah kalangan. Mereka pun siap mendukung dan mensukseskan ajang tahunan yang mendapat perhatian luas dunia.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan atau  Majelis Tilawah Alquran Antar Bangsa ke 14 di Banjarmasin yang diselenggarakan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Pusat dan Kalsel. Di satu sisi sebagai event syiar Islam di bulan suci Ramadan, di sisi lain juga sarana mengenalkan wisata Banjarmasin dan Kalsel kepada internasional,” ucap Mutia Amana Nastiti, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata (ASPPI) DPD Kalsel.

ASPPI sendiri menurut Mutia, mendukung Banjarmasin sebagai salah satu kota wisata dan religi dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan. Karena itulah MTQ Antar Bangsa salah satu ajang terbaik mempromosikan pariwisata Banjarmasin dan Kalsel yang semakin baik.

“Terima kasih pula dengan kunjungan para utusan negara sahabat dan daerah lainnya di Indonesia, ke Banjarmasin.Karena bisa mengekplore wisata unik Banjarmasin termasuk belanja oleh-oleh para UMKM binaan Dekranasda Kota Banjarmasin,” pungkas Mutia. (Olpah Sari)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!