Presiden DMDI Dipastikan Hadir Ke Banjarmasin

0

Ketua Umum DMDI Pusat, Said Aldi Al Idrus bersama Ibnu Sina (Ketua Umum DMDI Kalsel) bersama seluruh jajaran Pengurus DMDI Kalsel usai berbuka puasa.

Ibnu Sina Siap Dilantik Jadi Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam Kalsel

Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Tun Sri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam dipastikan mengukuhkan dan melantik Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Kalimantan Selatan yang bertepatan dengan MTQ Antar Bangsa atau  Majelis Tilawah Alquran Antar Bangsa ke 14 di Banjarmasin, 29-30 Maret 2024.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DMDI Pusat,  Said Aldi Al Idrus, kepada awak media, usai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelantikan Pengurus DMDI Kalsel dan Pemantapan pelaksanaan MTQ Majelis Tilawah Al Quran Antar Bangsa pada akhir Maret 2024 di Kalsel, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota, Banjarmasin, Minggu sore (17/03/2024).

“Khusus kepada DMDI Kalimantan Selatan, Insya Allah yang mengukuhkan adalah Presiden DMDI, Tun Sri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam,.`Karena di bumi Kalimantan Selatan ini Melayu tua itu ada di kota Banjarmasin.Justru itu yang melantiknya adalah Presiden DMDI,” kata Said Aldi Al Idrus.

Said Aldi Al Idrus juga menegaskan kembali bahwa Ketua Umum DMDI Kalsel, H Ibnu Sina dilantik langsung Presiden Dunia Melayu Dunia Islam, Tun Sri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam.Penunjukkan Ibnu Sina yang juga seorang Wali Kota Banjarmasin, sebagai Ketua Umum DMDI Kalsel, tidak terlepas dari kepemimpinannya yang baik memimpin Banjarmasin sebagai kota religi, sejarah serta wisata. Tak hanya itu Ibnu Sina berhasil membawa Banjarmasin sebagai kota paling toleran di Indonesia, karena kehidupan di kota ini hidup rukun dan damai dari berbagai suku dan agama.

Sekedar diketahui Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah. Berdiri pada tahun 2000 di Malaka, Malaysia. Organisasi ini berkembang pesat hingga tersebar di 29 negara
Organisasi ini pun memiliki tujuan terbaik menjalin silaturrahim sesama bangsa Melayu di seluruh dunia, memajukan perekonomian, pendidikan dan kebudayaan, melestarikan nilai-nilai sejarah dan perjuangan, mewujudkan perdamaian, dan melaksanakan dakwah Islamiah.

 

Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Pusat, Said Aldi Al Idrus ditemani Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang juga Ketua Umum DMDI Kalsel melihat dari dekat kearifan lokal Banjar – Melayu “Pasar Wadai Ramadan”.

Said Aldi Al Idrus sendiri mengapresiasi kesiapan pengurus DMDI Kalsel dalam mengemban amanah dalam menyelarasakan tujuan-tujuan terbaik dari organisasi non pemerintah ini. Karena tujuan utama DMDI adalah memperkuat solidaritas di antara negara-negara anggota serta mempromosikan kerja sama dalam berbagai bidang di antara umat Muslim, termasuk Ekonomi, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kepemudaan, Olahraga, Kesehatan, Informasi, dan Teknologi.

Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam Kalsel, Ibnu Sina, sangat berterima kasih dengan dukungan penuh terhadap dirinya serta jajaran pengurus DMDI di Kalsel. Karena itu pula dia bersama pengurus lainnya mencanangkan kebulatan tekad membawa DMDI dalam perubahan yang baik serta mengenalkan Melayu di Kalsel lebih luas lagi. Karena Banjarmasin salah satu kota yang memiliki rumpun Melayu tertua, dengan adat istiadat yang terjaga baik sepanjang masa.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih dengan Ketua Umum DMDI Pusat, Bapak Haji Said Aldi Al Idrus yang banyak memberikan masukan terkait pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan DMDI Kalsel, pada akhir Maret 2024 ini,” ujar Ibnu Sina.

 

Ketua Umum DMDI Pusat, Said Aldi Al Idrus menerima berkas dokumen kepengurusan DMDI Kalsel, dari Ibnu Sina (Ketua Umum DMDI Kalsel).

Di satu sisi pihaknya memastikan pelaksanaan MTQ Antar Bangsa yang diikuti 40 peserta dan dilaksanakan tanggal 29 hingga 30 Maret 2024, di bulan suci Ramadan berjalan lancar. Karena itu dia meminta dukungan semua pihak termasuk masyarakat kota Banjarmasin, untuk mensukseskan pelaksanaan Majelis Tilawah Quran Antar Bangsa, yang bakal diikuti negara sahabat seperti Malaysia, Singgapura hingga Thailand.

“Disamping dua agenda besar seperti pengukuhan dan pelantikan pengurus DMDI Kalsel.Kita juga memiliki satu agenda penting lainnya yang bersamaan dengan dua kegiatan itu yaitu seminar nasional kewirausahaan internasional,” terang Ibnu Sina sembari mengajak Said Aldi Al Idrus melihat suasana Pasar Wadai Ramadan di depan Balai Kota, Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua Harian DMDI Kalsel, Ahmad Rizqon didampingi  Sekretaris DMDI Kalsel, Rusdiansyah mengatakan persiapan menuju MTQ Antar Bangsa telah dipersiapkan dengan matang dan lokasinya ada di halaman TVRI Kalsel,  Jalan Achmad Yani Banjarmasin.

“Tercatat hingga kini  ada 15 Provinsi yang menyatakan siap mengirimkan Qori dan Qoriah terbaiknya, sedangkan dari luar negeri terdiri dari 5 wakil dari Malaysia, kemudian ada Singapura dan Thailand. Ini akan menjadi event terbesar dan terbaik yang diselenggarakan di Banjarmasin,” ucap Rizqon. (Olpah Sari).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!