Tenang!, Sekarang Bisa Tukar Uang Rupiah di 217 Titik

0

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Wahyu Pratomo bersama diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Muhammad Amin, memukul beduk serempak tanda dimulai kegiatan SERAMBI. (Foto-Dok Bank Indonesia).

Ramadan dan Idul Fitri Uang Tunai BI Siapkan Rp.3,06 Triliun

Momen Ramadan dan jelang lebaran biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menukar uang Rupiah baru di bank.Permintaan uang pecahan pun meningkat seiring kebutuhan masyarakat yang meningkat, baik untuk keperluan Ramadan maupun Idul Fitri, termasuk pula untuk keperluan lainnya.

Guna memudahkan masyarakat menukar uang pecahan Rupiah Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, telah menyiapkan uang tunai pada bulan Ramadan 1445 H ini sebanyak Rp 3,06 triliun. Jumlah ini cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mendrop Rp 2,74 Triliun.

Bank Indonesia ini sendiri memastikan ketersediaan uang tunai ini, semakin memudahkan dan nyamannya masyarakat  bertransasksi penukaran uang di Bank Indonesia, maupun bank-bank lainnya di seluruh wilayah Kalsel.

“Ini merupakan komitmen Bank Indonesia memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.Jadi masyarakat bisa memanfaatkan penukaran uang baru di Bank Indonesia termasuk juga kas keliling yang tersebar di berbagai tempat,” terang Kepala Perwakilan BI Kalsel, Wahyu Pratomo, dalam sambutannya di sela-sela Launching Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024, Jumat sore (15/03/2024)., di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

 

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Muhammad Amin didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Wahyu Pratomo, usai melakukan penukaran uang Rupiah perdana di Kas Keliling Bank Indonesia. (Foto-Dok BI).

Wahyu juga menyebutkan secara nasional Bank Indonesia sudah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp197,6 triliun. Jumlah uang layak edar yang disediakan itu naik sebesar 4,65 persen dibanding realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp 188,8 triliun.

Di Kalsel sendiri dalam upaya memenuhi kebutuhan uang masyarakat, Bank Indonesia telah menyiapkan beragam layanan penukaran uang.

“Ada yang disebut dengan KASKEL BAIMAN (Kas Keliling Baimbaian Perbankan), yaitu layanan penukaran uang yang dilakukan secara bersinergi dengan perbankan yang di Kalsel,” kata Wahyu.

Tak hanya itu BI juga menyediakan layanan penukaran uang untuk masyarakat di bantaran sungai, dengan program LAKASI atau Layanan Kas Keliling Sungai. Sedangkan yang terbaru ada bernama  KALIMANTAN-TREN, yaitu layanan penukaran uang khusus kepada masjid dan pesantren.

“BI bekerja sama dengan perbankan menyediakan 217 titik lokasi penukaran. Terdiri dari 195 titik di perbankan dan 22 titik di Bank Perkreditan Rakyat. Jangkauan layanan kepada masyarakat juga diperluas melalui Kas Keliling Bersama Perbankan (KALIBER) yang hadir di tiga daerah yaitu Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, Tabalong, dan Tanah Bumbu,” ujar Wahyu.

Nah, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang Rupiah melalui kas keliling masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) : https://pintar.bi.go.id

“SERAMBI 2024 juga menjadi momen BI untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah,” tambahnya.

Cinta Rupiah diwujudkan dengan senantiasa menyayangi Rupiah dengan mengenali ciri keaslian uang Rupiah yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang (3D), dan merawat Rupiah yang dimiliki dengan baik yaitu Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan diremas, Jangan distapler, dan Jangan dibasahi (5J).

Bangga Rupiah karena Rupiah tidak hanya sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegiatan perekonomian nasional tetapi juga merupakan simbol kedaulatan bangsa. Penggunaan uang Rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki peranan penting dalam menjaga kedaulatan negara.

Sementara itu, Paham Rupiah ditunjukkan melalui perilaku bijak berbelanja sesuai kebutuhan, berbelanja produk dalam negeri untuk dukung UMKM nasional, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Peluncuran SERAMBI 2024 di Kalsel turut dihadiri Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Muhammad Amin mewakili Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalsel, Otoritas Jasa Keuangan, dan perbankan.

Launching Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI),dimulai penukaran uang secara perdana yang dilakukan langsung  Muhammad Amin di mobil kas keliling. Rencananya mobil kas keliling ini akan mulai beroperasi pada awal pekan depan, atau 18 Maret 2024 di pasar wadai pemko Banjarmasin.(Olpah Sari).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version