Langkah Elang Khatulistiwa Indonesia Dinilai Selaras Bela Negara

0

Tenaga Profesional Bidang Ideologi LEMHANNAS RI,Brigjen TNI (Purn) Dr. Paula Theresia E P U, S.Sos., MM, saat menerima audiensi Tim Elang Khatulistiwa Indonesia, Rabu (20/12/2023), di Jakarta.

 

Kiprah Elang Khatulistiwa Indonesia ikut mendorong peningkatan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan terus mendapat apresiasi berbagai kalangan. Lembaga yang berorientasi pada pengembangan kompetensi bagi tenaga-tenaga pemandu wisata alam dan gunung (porter gunung dan pemandu wisata gunung serta pemandu geowisata) dinilai selaras dengan semangat bela negara.

Karena itu pula semangat dan dedikasi mendukung pembangunan sumber manusia khususnya kepariwisataan harus terus dilakukan, sebagai bagian dari peran-peran terbaik anak bangsa.

Demikian hal ini dikatakan Tenaga Profesional Bidang Ideologi LEMHANNAS RI,Brigjen TNI (Purn) Dr. Paula Theresia E P U, S.Sos., MM, saat menerima audiensi Tim Elang Khatulistiwa Indonesia, Rabu (20/12/2023), di Jakarta.

“Kami sangat mengapresiasi sekali dengan langkah-langkah yang dilakukan Elang Khatulistiwa Indonesia untuk menjaga wilayahnya yakni di sektor pariwisata. Penggiat dan pelaku wisata mesti memiliki kompetensi agar tercipta suasana wisata yang aman dan nyaman,” kata Paula Theresia.

 

Tim Elang Khatulistiwa Indonesia, Abby tengah berdiskusi dengan Fredy Neno .S.Sos. M.Si, Kasubdit Bela Negara Dirjen Polpum Kemendagri.

Paula Theresia sendiri sangat berterima kasih dengan semangat yang dilakukan Andi Sukandi, Abby dkk dalam menebarkan semangat NKRI dan memajukan Indonesia lewat peran mereka dalam penguatan sumber daya manusia. Karena saat ini peran-peran seperti itulah yang dibutuhkan Indonesia, menyiapkan SDM yang terampil, cakap dan mandiri serta profesional di bidangnya, khususnya kepariwisataan.

Andi Sukandi mewakili Elang Khatulistiwa Indonesia sangat berterima kasih dengan dukungan semua pihak, termasuk Dr. Paula Theresia E P U yang terus menyemangati mereka untuk berbuat menebarkan semangat kebaikan, dalam mendorong peningkatan kapasitas para Porter, Pemandu Gunung dan Pemandu Geowisata.

“Apa yang kami lakukan semata-mata bentuk kepedulian kepada anak bangsa, dalam hal ikut berperan serta membantu pemerintah menyiapkan tenaga-tenaga profesional dan beratitute baik di bidang kepariwisataan,” terang Andi Sukandi .

 

Andi Sukandi saat bertemu Ir. D. Adi Pamungkas,SE, MM Kepala Pusinfo Kwarnas.

Sebagai Lulusan Pendidikan Taplai Pemuda Lemhannas RI Andi Sukandi terus berupaya dalam mengimplementasikan nilai nilai kebangsaan yang diperolehnya kepada masyarakat luas, salah satunya yang saat ini mengembangkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK)  Elang Khatulistiwa Indonesia melalui program meningkatkan kapasitas para Porter Gunung, Pemandu Gunung dan Pemandu Geowisata.

“Mencetak Porter dan Pemandu yang kompeten adalah bentuk Bela Negara kepada bangsa dari sektor pariwisata khususnya, terutama bagi generasi penerus bangsa,”sambungnya.

Sementara itu Founder Elang Khatulistiwa Indonesia, Abby, menjelaskan keberadaan LPK  Elang Khatulistiwa Indonesia sendiri, sebagai bagian kepedulian mereka sebagai penggiat kepariwisataan berbasis alam pegunungan, untuk menghadirkan generasi-generasi baru yang andal, seiring gencarnya Indonesia mempromosikan pariwisatanya ke dunia.

“Nah wisata minat khusus seperti naik gunung dan menjelajahi alam terbuka termasuk yang diminati wisatawan terutama dari mancanegara. Promosi yang gencar itu juga harus diimbangi dengan jumlah tenaga-tenaga porter dan pemandu yang kompeten serta profesional.Sumber daya manusia kita banyak, ini yang harus kita kembangkan menjadi yang terbaik sehingga mampu bersaing dengan negara lainnya,’’ ucap Abby.

Saat ini mereka terus mengadakan serangkaian pelatihan yang bertujuan memunculkan selalu tenaga pemandu yang profesional dan sertified sesuai standar nasional. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!