“Wonderland Kotabaru” Menikmati Lengkapnya Wisata Alam dan Kuliner

0

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif dan Forkopimda Kabupaten Kotabaru menikmati salah satu kuliner khas Kotabaru di salah satu stan Pameran Promosi Pariwisata "Wonderland Kotabaru).

 

Kotabaru, satu di antara daerah pesisir di Indonesia yang memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Beragam destinasi wisata dan wisata kulinernya yang tersebar di sejumlah kawasan, menjadikan Kotabaru salah satu daerah tujuan wisata terfavorit yang ada di Kalimantan Selatan.

Keindahan Kotabaru dikelilingi pegunungan dan laut menjadi kisah yang tak pernah habis sebagai kota pariwisata. Terlebih nama Kotabaru semakin melejit seiring meledaknya Film Saranjana, dengan jumlah penonton yang lebih dari satu juta.

Mau informasi lebih jelas dan akurat, yok ke Duta Mall Banjarmasin. Karena selama dua hari sejak Jumat (15/12/2023), Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru menggelar Pameran Promosi Pariwisata bertajuk Wonderland Kotabaru.

Acara yang menghadirkan sejumlah kuliner olahan khas Bumi Saijaan, kerajinan Sasirangan, hingga informasi penting destinasi wisata dari sejumlah travel agent yang tergabung dalam ASITA Kotabaru dan Kalsel, bisa menjadi refrensi menikmati wisata spesial dari daerah yang memiliki 110 pulau.

“Yang namanya wisata Kotabaru itu sorga tersembunyi dari Kalimantan Selatan.Karena hampir setiap kawasan dianugerahi pegunungan, laut dan pulau-pulau indah, layaknya seperti Maldives, Seychelles di Samudera Hindia Timur, Fiji, Permata Pasifik Selatan hingga Bali.Namun disini berbeda dan membuat terkenang selalu,” ungkap Superintendent CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT Eko Pribadi, di sela-sela pembukaan Pameran Promosi Pariwisata “Wonderland Kotabaru”, Di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Jumat (15/12/2023).

 

Salah satu stan Pokdarwis Desa Sarang Tiung, Pulau Laut Sigam, Kotabaru, yang mendapat apresiasi pengunjung Pameran Promosi Pariwisata “Wonderland Kotabaru”.

Eko yang juga salah satu penggiat pariwisata Kotabaru, menyebutkan  pariwisata Kotabaru sekarang berkembang pesat dan banyak mendapat perhatian dunia luar. Terlebih semenjak dibuka luasnya promosi melalui media sosial, beragam event hingga liputan sejumlah media lokal maupun nasional.

“Kotabaru itu diproyeksikan menjadi salah satu kota penyangga IKN, salah satu penggerak ekonominya ada di sektor pariwisata. Kami selalu mendukung eksistensi pariwisata daerah ini, karena pariwisatanya sangat didukung fakto alamnya yang sangat indah.So, ayo berwisata ke Kotabaru,” tambah Eko.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Pemandu Wisata Duta Pertiwi, Muhammad Risanta, menilai potensi pariwisata Kotabaru sangat besar. Karena itu tak salah kalau daerah yang terkenal dengan Siring Laut, Pantai Gedambaan, Hutan Meranti, hingga Bukit Mamake, Bukit Bapake, maupun pulau-pulau dengan pantai yang indah seperti Samber Gelap, Teluk Tamiang, Teluk Aru hingga Tanjung Kunyit, sayang dilewatkan begitu saja.

Apalagi di Kotabaru sendiri sekarang juga mengembangkan konsep Sport Tourism. Pemerintah Kabupaten Kotabaru sendiri sangat getol mengembangkan olahraga ekstrem namun menyenangkan dalam berwisata, seperti Mulai diving, paralayang, gantole, dan jetski.

“Sobat Parekraf, naik paralayang dan gantole, dengan melayang di langit Kotabaru memberikan sensasi luar biasa dan berbeda.Saya pernah merasakan serunya naik paralayang, dan mendarat di bibir pantai, jadi tak salah kalau Kotabaru sorga lain yang tersembunyi di Kalsel,” tutur Risanta, yang juga wartawan senior CNN Indonesia.

 

Apresiasi dari Pemkab Kotabaru, kepada lintas sektoral pendukung kegiatan pariwisata Kotabaru.

Pameran Promosi Pariwisata “Wonderland Kotabaru” sendiri dibuka langsung Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, disaksikan langsung Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis,Ketua Pengadilan Negeri Kotabaru,Danang Utaryo,Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Firmansyah,Sekretaris ASITA Kalsel, Endang Sri Wahyuni.

Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, menyampaikan kegiatan ini salah satu upaya tiada henti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk mengenalkan lebih jauh pariwisata daerah tenggara Kalimantan Selatan.Sebelumnya juga pihaknya melakukan serangkaian safari promosi pariwisata Kotabaru.

Salah satunya dengan menggelar One Night Saijaan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 9-12 Desember 2023.Sedangkan di bulan Oktober promosi juga dilakukan dengan mengikutsertakan pada Indokraf Expo 2023 di Bali. Sedangkan pada Calender Of Event Pariwisata Kalsel di Kota lama, Semarang Awal November 2023, mendapat sambutan luar biasa pengunjung. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version