Congratulation, BUMDes Mitra Hidayah Mandiri  Raih Terbaik I Se-Kalsel

0

 

Deretan prestasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Tapin di tahun 2023 kian bertambah. Setelah Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Surya Maju Abadi, Kecamatan Hatungun, karena menjadi juara satu nasional, kini giliran BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin dinobatkan sebagai BUMDes Terbaik I Tingkat Provinsi Kalsel.

Prestasi moncer ini diraih atas kinerja dan penuh inovasi dalam mengembangkan usahanya.Beragam inovasi yang dilakukan Badan Usaha Milik Desa dinilai menjadi motor penggerak ekonomi desa dan sebagian besar berpotensi dikembangkan lebih luas lagi di masa mendatang.

Rasa bahagia bercampur haru dirasakan Pengurus BUMDes, Kepala Desa Bitahan Baru, Safarudin,hingga Pj Bupati Tapin HM Syarifuddin, saat diumumkan dalam  Pembukaan BUMDesa Expo 2023  se-Kalsel “Dari Desa Untuk Kalsel Maju” di Lapangan Dr Murjani, Kota Banjarbaru, Jumat (13/10/2023) sore.

“Alhamdulillah ini hadiah istimewa bagi warga Tapin,semakin melengkapi prestasi bagus setelah (BUMDesma) Surya Maju Abadi, Kecamatan Hatungun di level nasional.Tentunya kami sangat berterima kasih dengan Pemerintah Kabupaten Tapin yang terus membina seluruh BUMDes termasuk kami, sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik di tingkat Provinsi. Yang terpenting keberadaan BUM Des ini adalah mampu mendorong pergerakan ekonomi desa yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat,” ujar Murtoyo, Perwakilan Direktur BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru, kepada Economic Travelling, Di Banjarbaru, Jumat (13/10/2023).

 

Selain BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru,Pj Bupati Tapin HM Syarifuddin mendapat anugerah penghargaan khusus dari Gubernur Kalsel.

Murtoyo yang didampingi Kepala Desa Bitahan Baru, Safarudin, mengungkapkan sejak awal berdiri BUMDes mereka berkomitmen berusaha memberikan yang terbaik terutama dalam menggerakan perekonomian desa melalui unit-unit usaha yang dikembangkan. Sejumlah unit usaha ini melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di area Tapin, dalam rangka mengembangkan lebih luas lagi usaha mereka secara profesional.

“Usaha yang kami kembang adalah penyediaan air bersih, ternak ayam petelor yang sekarang sudah mencapai 5000 ekor, hingga jual beli besi bekas dengan perusahaan tambang. Unit usaha yang terakhir ini sangat prospek seiring permintaan besi bekas yang terus meningkat,” terang Murtoyo yang diamini Safarudin.

Pj Bupati Tapin  HM Syarifuddin sangat mengapresiasi capaian prestasi yang dicatatkan BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin. Karena harus bersaing ketat dengan BUMDes lainnya yang memiliki kapasitas dan kinerja terbaik, namun kekompakan dan usaha nyata berbasis kerakyatan disertai inovasi-inovasi dalam pengembangan usaha membuat BUMDes Mitra Hidayah Mandiri menjadi pembeda dan layak dianugerahi Is The Best Se-Kalsel.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tapin kami mengucapkan selamat atas prestasi terbaik pertama yang diraih BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru. Kami sangat berterima kasih pula dengan Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tapin, yang tiada henti mendorong semua BUMDes sehingga tumbuh berkembang sangat baik. Dan Hari ini mengantar satu BUMDes menjadi yang terbaik,” kata Pj Bupati Tapin  HM Syarifuddin, yang juga mendapat penghargaan khusus dari Gubernur Kalsel.

PJ Bupati Tapin ini berharap keberhasilan yang diraih ini hendaknya menambah spirit desa-desa di daerah, terutama bagi 126 desa. Apalagi keberadaan BUMDes sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan sekaligus menggerakan perekonomian desa. Semakin bergerak bagus maka akan menghasilkan desa-desa inovatif dan mampu berdaya saing tinggi serta berkontribusi penyumbang pendapatan suatu kabupaten.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada sejumlah badan usaha milik Desa (BUMDes) yang dinilai berhasil dalam inovasi dan kinerjanya.Salah satu yang dinobatkan sebagai BUMDes terbaik adalah BUMDes Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru.

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Roy Rizali Anwar dalam Pembukaan BUMDesa Expo 2023  se-Kalsel  yang mengusung tema “Dari Desa Untuk Kalsel Maju” di Lapangan Dr Murjani, Banjarbaru, Jumat (13/10/2023) sore.

“Kepada BUMDesa Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023, saya ucapkan selamat. Semoga para pelaku BUMDes Di Kalsel, semakin termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan BUMDesa lebih maju, berdaya saing dan berkualitas,” ujar Paman Birin dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

BUMDesa Expo sendiri adalah satu langkah strategis Pemprov Kalsel mendorong dan memberikan ruang kepada BUMDes agar menampilkan produk unggulannya, sehingga produknya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah dalam sambutannya mengungkapkan, komitmen dan kecintaan Gubernur Kalsel yang kerap disapa Paman Birin, dalam memajukan desa dan BUMDesa sangat besar, misalnya melalui kegiatan Turun ke Desa atau Turdes.

“Paman Birin sangat sering  melaksanakan turdes. Untuk mendatangi dan menyapa masyarakat desa, bahkan sampai ke pelosok ujung desa. Lantaran seringnya turun ke desa, beliau mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Gubernur dengan kunjungan ke desa mengendarai trail menempuh jarak terjauh lebih dari 1.000 kilometer,”ucap pria yang dikenal dekat dengan kalangan media. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version