Gerakan Berbagi Masker dan Makanan Nutrisi Gratis Tekan ISPA Kabut Asap

0

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo dan Forkopimda Banjarmasin serta jajaran Polresta Banjarmasin - komunitas lainnya membagikan ribuan masker dan ratusan nasi bungkus kepada pengguna jalan di depan Polresta Banjarmasin.

 

Musim Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) membawa dampak buruk bagi Banjarmasin. Karena akibat kiriman asap dari berbagai kawasan daerah tetangga, warga Banjarmasin sempat terserang ISPA. Pemerintah Kota Banjarmasin terus mengimbau warga untuk berada di rumah saat langit Banjarmasin tercemar. Jika pun ada keperluan mendesak keluar rumah warga kembali diimbau untuk menggunakan masker.

Gerakan menggunakan masker kini ramai digalakkan pasca merebaknya serangan kabut asap dan menguningnya (tidak sehat) langit kota Banjarmasin. Salah satunya dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, dengan menggelar pembagian masker serentak secara gratis di sejumlah titik.

Jumat pagi bersama jajaran serta elemen masyarakat lainnya, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo membagi-bagikan masker gratis kepada pengguna jalan raya yang melintasi Kantor Polresta Banjarmasin. Tak hanya itu kegiatan bagi-bagi masker juga diikuti langsung Dandim 107 Banjarmasin, Letkol Inf Arman Aris Sallo,Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin, Kabid Yanmed  Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr Adha Kamaruddin serta Ahli Pers Dewan Pers Muhammad Risanta.

“Ini merupakan salah satu aksi nyata bersama dalam upaya pencegahan ISPA dampak kabut asap Karthutla. Langkah konkrit adalah bagaimana warga Banjarmasin dan sekitarnya terlindungi dengan menggunakan masker saat beraktivitas ke rumah,Total masker yang dibagikan adalah 10 ribu , hari kita bagikan ada 3 ribu masker ” terang Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo, kada sejumlah wartawan, disela-sela pembagian masker gratis.

Tak hanya itu sebagai wujud kepedulian terhadap warga, pihaknya juga membagikan nasi bungkus “nutrisi” untuk masyarakat dalam program Jumat Berkah. Tak hanya warga sekitar Polresta Banjarmasin saja, sejumlah pengguna jalan pun mendapat pembagian ratusan bungkus nasi yang dibagikan secara Cuma-Cuma.

BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin menegaskan hingga saat ini kondisi udara kota Banjarmasin membaik.Meskipun demikian pihaknya pun tetap mewanti-wanti warga untuk selalu menggunakan masker.Karena faktor angin terkadang membuat Banjarmasin mendapat kiriman asap kebakaran lahan dari Batola, Banjar dan Banjarbaru.

“Kami tegaskan pula bahwa asap ini adalah kiriman pasca kebakaran lahan yang terjadi di perbatasan tiga kecamatan di Banjarmasin, Banjarmasin Utara berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin Selatan dengan Kabupaten Banjar, Banjarmasin Barat dengan wilayah Banjarbaru dan Banjar.Kita tidak bisa berbuat banyak karena faktor angin yang bertiup mengarahnya ke kota kita. Yang dilakukan adalah bagaimana mencegah supaya tidak terkena ISPA,’ tegasnya. (Olpah Sari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version