2 Tahun Yang Menginspirasi Bersama Economic Travelling.Com

0

    Oleh : Tina Lestari SE MM

 

Hari ini 29 September menjadi momen spesial, karena 2 tahun sudah sebuah media terbaru “online” bernama Economic Travelling.Com menapakkan langkah di industri jurnalistik. Dua tahun pula kami mengenal perjalanan media yang banyak menginspirasi ini dari berbagai tulisan yang disajikan sederhana namun sangat membekas di benak pembacanya.

Tak ada gegap gempita, tak ada perayaan besar sebagai refleksi perjalanan sang media yang banyak menuliskan sebuah informasi dalam gaya berbeda dan lebih menonjolkan kualitas karya-karya ketimbang kuantitas produk berita.

Kami mengenal Economic Travelling.Com lewat sharing artikel-artikel yang sering diposting pria bernama Muhammad Risanta. Memang media ini lahir dari sentuhan tangan dingin Magister Manajamen yang juga seorang akademisi. Bersama sang istri, Olpah Sari (Pemimpin Umum-Wartawan), dirinya membawa Economi Traveling berkiprah sebagai media baru yang sangat memberi warna perjalanan jurnalistik di Banua.

Economic Travellling.Com, konon menurut hikayatnya lahir dari sebuah perenungan panjang Muhammad Risanta sat berdiri di depan Sarinah Thamrin, Jakarta, dua tahun silam. Persis di saat yang sama dirinya tengah bersyukur dengann perayaan milad dirinya di kota orang. Saat itu dirinya tengah menghadiri sebuah acara kepariwisataan dan berkomunikasi singkat dengan sang istri, yang mengilhami untuk membangun sebuah media berbasis ekonomi dan pariwisata. Mereka pun memutuskan mendirikan media yang sedikit berbeda dengan media online kebanyakan dalam gaya dan segmentasi beritanya.

 

Salah satu wartawan Economic Travelling.Com, Olpah Sari menorehkan prestasi menjuarai Lomba Karya Jurnalistik di Tahun 2023 yang diadakan Bank Indonesia. Olpah Sari juga adalah Pemimpin Umum media Economic Travelling.Com.

Meskipun hanya sebuah situs berita sederhana, namun pertumbuhan karya-karya para penulisnya luar biasa. Gaya bahasa dan tampilan berita sangat berbeda menjadikan Economic Travelling.Com, sebuah media yang hadir dengan segmentasi pemberitaan tak biasa. Tak heran beberapa tulisan-tulisan di media menjadi  salah satu refrensi dalam memahami makna ekonomi dan pariwisata.Bagi kami kalangan akademisi Economic Travelling itu salah satu media sangat menginspirasi dan banyak info penting dan tulisan disajikan menambah deretan refrensi pengetahuan.

Dalam diskusi ringan bersama kawan-kawan banyak hal-hal penting yang dapat kami peroleh bersama media yang mengolah diksi dan kata menjadi menu khusus, yang diibaratkan sebuah karya kuliner berkelas sehingga enak dan gurih saat disantap.

Tulisan ringan ini bukanlah sebuah testimoni yang memuji berlebihan, karena ini adalah observasi dan telaahan kami tentang bagaimana media menyajikan berita-berita bernas terutama ragam berita pariwisata dan ekonomi kreatif, Perbankan, UMKM, Inspirasi, Lifestyle, Pertanian hingga berita-berita ekonomi lainnya mulai lokal hingga nasional.Tentunya gaya menulis dan analisa yang berbeda membuat media ini menjadi “Pembeda diantara Yang Berbeda”.

Mengikuti perkembangan media online ini tentunya sangat memberikan dampak sangat baik.Kami pun menemukan sumber yang dapat membuka wawasan tentang hal yang terkait dengan ekonomi dan sosial dan budaya maupun aspek-aspek kehidupan. Penyampaian informasi tidak terbatas ruang dan waktu membuat kami dapat mengakses berita kapanpun dan dimanapun secara update. Beruntungnya kami bisa menjadi bagian sejarah perjalanannya lewat membaca karya-karya terbaik penulis dan wartawan Banua, bersama Economic Travelling.Com.

Dirgahayu 2 tahun Economing Traveling, semoga selalu menjadi media online yang berkarya penuh inspiratif, kreatif dan inovatif.

 

  • Penulis adalah Dosen STIE Pancasetia Banjarmasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version