Pendukung Prabowo Kalsel Beralih Dukung Ganjar Pranowo

0

Anang Misran, Salah Satu tokoh muda penggagas Deklarasi Mendukung Ganjar Pranowo.

Banjarmasin – Fenomena beralihnya pendukung capres ke capres lainnya mewarnai jalannya proses demokrasi menjelang Pemilu Presiden 2024.Di Banjarmasin, seratus lebih orang yang mengaku relawan dan pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019, beralih mendukung Bakal Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Pencabutan dukungan terhadap Prabowo Subianto yang diakhiri dengan Deklarasi dukungan diwarnai aksi ganti baju, dari kaos bergambar Prabowo-Sandi menjadi kaos berganbar Ganjar Pranowo 2024 (GP 2024), Minggu siang (24/09/2023), di Cangkir Cafe, Jalan Mahligai, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Kelompok ini menamakan diri sebagai Relawan PS19GP24 secara terbuka mengumumkan sikap mereka.Pencabutan dukungan dan berpindah mendukung Ganjar Pranowo disebabkan kekecewaan selama ini terhadap sikap dan langkah Prabowo yang menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi.

Relawan Prabowo ini berasal dari Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, Marabahan dan Tanah Laut. Para relawan juga merupakan dari berbagai elemen mulai alumni pesantren, relawan millenial, penghapal alquran, dosen, dan relawan pemadam kebakaran hingga mahasiswa.

Deklarasi ini juga dihadiri sejumlah tokoh di Kalimantan Selatan. Diantaranya terdapat Ketua DPD Kerukunan Masyarakat Kalimantan (KMK) Kalimantan Selatan Anang Misran (Anang Bidik) dan tokoh agama Abdullah S.H.I yang juga merupakan Pembina desa Marabahan periode  2012-2013. Tak hanya itu dari kalangan milenial terdapat  Feri Setiadi, eks relawan PS19, Ketua Pemuda Badan Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar.

“Kami menilai sosok Prabowo terbaik, namun saat ini kami mendukung sosok terbaik diantara yang baik.Dukungan itu kami alihkan kepada Paman Ganjar Pranowo dan otomatis kami mencabut dukungan kepada Bapak Prabowo. Kami mencari sosok pemimpin yang menjadi simbol regenerasi kepemimpinan nasional. Dan yang kami nilai tepat memimpin Indonesia 2024 adalah Paman Ganjar Pranowo,”ungkap Anang Bidik,kepada sejumlah awak media, Minggu (24/09/2023).

 

Sejumlah Relawan Prabowo ramai-ramai melepas kaos Prabowo-Sandi 2019 dan menganti dengan kaos bergambar Ganjar Pranowo.

Para relawan dan simpatisan PS19GP24 menilai calon presiden yang mereka dukung di Pilpres 2019 lalu banyak mengajarkan spirit perjuangan dan pengorbanan.

“Karena itu, kami terima kasih kepada Prabowo Subianto telah mengajarkan kami arti perjuangan dan pengorbanan serta keikhlasan. Pelajaran inilah kami jadikan modal utama dalam mendukung Ganjar Pranowo,” kata Anang Bidik yang mengaku tetap menghormati Prabowo namun memilih Ganjar Pranowo sebagai orang yang didukung pada Pilpres 2024 nanti.

Menurut pria yang mengawali karir kewartawanan di sebuah mingguan terkenal di Banjarmasin di era 90-an, Kalimatan Selatan memiliki potensi pertambangan sangat besar, tapi kemiskinan dan ketimpangan sosial masih tinggi.Daerah ini juga kaya akan batubara, minyak, alam dan gas ini, juga tidak luput dari masalah kemiskinan

“Kami percaya dan yakin dibawah kepemimpinan Beliau membawa perubahan bagi Indonesia dan Khususnya Kalimantan Selatan. ,” kata Anang, yang juga menjabat sebagai Ketua 1 Pemuda Pancasila Banjarmasin.

Anang bersama kawan-kawan relawan optimis Ganjar Pranowo mampu menarik simpatik masyarakat di Kalsel dengan sosoknya yang humble dan humanis. Kecakapan dan kepintaran dirinya saat di parlemen Senayan hingga memimpin Jawa Tengah menjadi catatan tersendiri.

Lebih lanjut pria yang pernah mencalonkan diri sebagai calon Walikota Banjarmasin jalur independen, memilih Ganjar itu ada pertimbangan untuk memajukan daerah-daerah, termasuk Kalsel ketika terpilih menjadi Presiden 2024.

“Paman Ganjar Pranowo mampu menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Kami meyakini, Ganjar mampu melakukan hal serupa di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.Harapan kita Kalsel juga mendapat berkah dari kepemimpinan Paman Ganjar ini,” tutupnya.(Olpah Sari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!