Indonesia Travel Mart 2023 Spirit Kebangkitan Pariwisata Indonesia

0

Jakarta- Indonesia Travel Mart kembali digelar. Rencananya event yang diselenggarakan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) digelar bulan Pebruari 2023 mendatang.Indonesia Travel Mart sendiri salah satu pertemuan terbesar penggiat pariwisata di tanah air. Event ini juga bakal diikuti sejumlah negara-negara sahabat, seperti Malaysia, Singapore, India hingga Thailand.

Event akbar tahunan ini pun menjadi pengobat kerinduan praktisi pariwisata nasional setelah dua tahun lebih tidak melakukan kegiatan akibat pandemi Covid-19.Membaiknya kondisi saat ini dan disusul dengan suksesnya penyelenggaraan KTT G20 di Bali, memberikan spirit khusus bagi pelaku pariwisata membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang menjadi salah satu tumpuan perekonomian Indonesia.

Ketua Panitia Indonesia Travel Mart 2023, Neni Kusumawati, menjelaskan event ini merupakan salah satu upaya mendorong dan membangkitkan selalu industri kepariwisataan di tanah air pasca pandemi. Melalui Indonesia Travel Mart 2023 yang diselenggarakan di Jakarta, 26 Pebruari hingga 28 Pebruari 2023, akan menjadi sentra informasi perkembangan terbaru pariwisata nasional, termasuk destinasi baru dan destinasi super prioritas.Ini merupakan event kedua yang diselenggarakan , setelah sebelumnya sukses digelar ditahun 2017.

 

Indonesia Travel Mart yang diselenggarakan tahun 2017, salah satu upaya mendukung program pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Foto-Dokumentasi ASPPI DPD DKI).

 

“Melalui Indonesia Travel Mart (ITM) 2023, diharapkan menjadi inspiring mendorong terus kebangkitan bagi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air pasca pandemi. Disamping itu ada sharing informasi terbaru terkait pemasaran dan destinasi-destinasi terbaru di sejumlah tempat, termasuk khusus destinasi wisata di Jakarta,” jelas Neni Kusumawati, kepada awak media, Jumat (2/12/2022).

Indonesia Travel Mart (ITM) 2023 sendiri akan menghadirkan para stakeholder kepariwisataan nasional, sepertu Biro Perjalanan Wisata, Tour Operator Wisata, Travel Agent, Tourism Board dari luar negeri maupun dalam negeri. Tak hanya itu pertemuan akbar ini bakal diikuti Online Travel Agent, Pengelola Destinasi, perhotelan dan sejumlah pelaku usaha pariwisata lainnya.

“Harapan kedepan melalui Famtrip dan Travel Mart ini ada nilai tambah bagi industri pariwisata nasional dan mampu mengangkat industri pariwisata yang semakin kreatif dan profesional. Tentunya melalui kegiatan ini menjadi salah satu trigger (pemicu) pengembangan pariwisata Indonesia yang semakin baik, yang bermuara kepada peningkatan perekonomian nasional,” ujar perempuan yang merupakan Ketua ASPPI DPD DKI Jakarta.

 

 

Suasana Pertemuan Seller dan Buyer dalam B2B Indonesia Travel Mart (Foto – Dokumentasi ASPPI DPD DKI)

 

Indonesia Travel Mart 2023 sendiri menurut Neni, memberikan kesempatan kepada siapa pun terutama penggerakan pariwisata untuk mengikuti event ini, sepanjang peserta ini adalah pelaku perjalanan wisata dan komitmen untuk memajukan kepariwisataan secara nasional.

Para peserta yang merupakan seller diharapkan mampu memberikan informasi-informasi menarik seputar destinasi wisata, penginapan dan layanan penunjang industri pariwisata dan bisa menjalin kerjasama dengan para buyer yang datang dari berbagai kota termasuk dari luar negeri, dalam sebuah sesion B2B (Bussines To Busisnes).

“Diharapkan 100 seller bisa bergabung di acara ini. Contoh peserta yang dapat berpartisipasi adalah Asosiasi pariwisata, desa wisata, taman rekreasi, travel agent, Cruises, Airline, Pusat Oleh-oleh, Transportasi darat, dan masih banyak lagi yangdapat bergabung sebagai peserta Indonesia Travel Mart 2023,” tambah Neni.

Indonesia Travel Mart Ke – 2 ini diharapkan dapat menjadi titik balik bagi para pelaku perjalanan wisata terutama para anggota ASPPI sendiri yang bisa mengembangkan destinasi di daerahnya masing-masing. Sehingga pariwisata di indonesia lebih berkembang semakin baik dan profesional.(Olpah Sari Risanta).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!