Cerita Melda Gosal, Milenial Cantik Banua Kembangkan Herbal Bawang Putih

0

Don’t be afraid of being different, be afraid of being the same as everyone else, kalimat bijak setidaknya mewakili perjalanan seorang Melda Gosal. Milenial muda berparas ayu asal Kalimantan Selatan, belakangan ini mencuri perhatian publik.Bagaimana tidak di saat sejumlah anak muda fokus menjadi ASN atau pegawai negeri, ia justru hadir sebagai pembeda. Meskipun saat ini peluang menjadi pegawai kantoran termasuk terbuka lebar di perbankan, ia justru menekuni usaha rumahan.

Berkat usaha rumahan yang dilakoninya itu, perempuan yang sudah menyandang gelar Sarjana Hukum ini, menjadi salah satu UMKM muda potensial.Hampir tiga tahun lebih Melda menjalankan usaha kecil bersama keluarga menjadi pengrajin minuman kesehatan herbal “Bawang Putih”. Dengan mengusung brand Panca_ Sae Juice, ramuan herbal bawang putih olahannya salah satu yang paling dicari masyarakat yang menginginkan kebugaran tubuh, stamina dan menghilang berbagai keluhan berbagai penyakit.

Tak heran jika kehadiran perempuan cantik dengan memperkenalkan jus kesehatan bawang putih tunggal ditunggu siapa pun.Termasuk saat dirinya membuka stan kecil di arena Pameran UMKM Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di kawasan Siring Nol Kilometer, Banjarmasin. Sejak hari pembukaan, Jumat (22/07/2022) hingga hari terakhir, stan healty juice milik Melda salah satu stan favorit yang selalu dipenuhi kunjungan warga termasuk beberapa staf kementerian termasuk awak media.

“Ini merupakan ramuan warisan nenek moyang kita,kebetulan resep turun-temurun yang ulun kembangkan menjadi sebuah minuman kesehatan.Meskipun pada awal mulanya hanya dikonsumsi di kalangan keluarga saja.Dan terbukti salah satu keluarga menderita tiroid dan Alhamdulillah sembuh setelah mengkonsumsi rutin jus bawang tunggal hasil kreasi ulun bersama keluarga,” tutur Melda saat menerima kunjungan Tim Economic Travelling.Com, Sabtu (23/07/2022), di stan pameran UMKM Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Banjarmasin.

 

 

Berawal dari itu pula Melda Gosal pun memberanikan diri mengenalkan lebih jauh healty juice ke khalayak ramai. Tanpa terduga sambutan masyarakat akan produk kecil-kecilan pun sangat baik. Bahkan sejumlah menteri seperti Erick Tohir, Bahlil Lahadalia hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memuji karya anak bangsa seperti olahan dirinya.

“Ini luar biasa dan kembang terus karya-karya seperti ini.Hal ini selaras dengan komitmen Kemenparekraf mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk terus mengembangkan diri, sehingga menciptakan lokomotif ekonomi kreatif yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Sukses ya minuman kesehatan bawang putihnya,” ungkap Sandiaga Uno saat bertemu Melda Gosal di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, beberapa hari lalu.

Melda sendiri mengaku pada awalnya memang berat mengenalkan produk berkualitas dan kemasan botol yang sangat premium ke masyarakat. Karena ia harus bekerja keras bersaing dengan produk minuman kesehatan lainnya di pasaran.Namun semangatnya untuk berkontribusi di bidang kesehatan melalui sektor UMKM, membuat Melda terus menjalani usaha pembuatan dan pemasaran Healty Juice “Asli Olahan Anak Banua”.

 

 

 

“Pada mulanya kita memasarkan di lingkungan terdekat, antara teman dan Alhamdulillah dari mulut ke mulut perlahan sudah mulai dikenal luas. Sekarang kita juga memanfaatkan momen digital marketing, agar produk yang melestarikan tanaman herbal warisan nenek moyang benar-benar bisa optimal. Karena itu ulun minta doanya agar usaha untuk kebaikan orang banyak mendapat keberkahan selalu,” ujar Melda sembari mempresentasikan keunggulan jus bawang putih tunggal kepada sejumlah pengunjung yang memadati stan pameran UMKM miliknya.

Melda sendiri berharap suatu saat produk buatannya ini menjadi salah satu produk unggulan yang bisa menjadi kebanggaan Banua.Karena itulah gadis cantik kelahiran Ujung Pandang , 5 Oktober 1993, terus belajar dan memperkaya pengetahuan dengan mengikuti sejumlah pelatihan dan pameran. Karena  dirinya yakin produk dari tanaman obat di Indonesia khususnya Kalimantan Selatan suatu hari kelak akan menjadi produk yang berkontribusi bagi pengembangan usaha UMKM.

“Apalagi bawang putih salah satu tanamam yang banyak ragam manfaatnya, berbagai literatur menyebutkan pula selain untuk kesehatan pencernaan, manfaat bawang putih rebus juga berperan langsung untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan antibakteri dan antimikrobanya mampu membunuh patogen atau sumber penyakit asma hingga infeksi paru-paru.Jadi tidak usah takut mengkonsumsi bawang putih, asal sesuai takaran yang pas dan rutin Insya Allah manfaatnya luar biasa,” terang Melda.(Olpah Sari Risanta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version