BIPA 2023 Mengantar Seni Budaya Banjarmasin Menuju Dunia 

0

Kolaborasi Indah nan menggugah. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Dua Hari Atraksi Seni Budaya Antar Bangsa Pukau Ribuan Penonton

A true artist is not one who is inspired, but one who inspires others (Seniman sejati bukanlah orang yang terinspirasi, melainkan orang yang menginspirasi orang lain.Banjarmasin baru saja dibikin haru biru sebuah event berskala nasional. Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023.

Pestanya seniman berbagai negara memberikan sesuatu berbeda sebuah peradaban seni budaya kota Banjarmasin.Sebagai salah satu kota sejarah di nusantara, Banjarmasin tak pernah lelah menyapa dunia, lewat beragam kearifan lokalnya.Di Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023 menegaskan jika kota Seribu Sungai bukan kota lama biasa, namun ia menjadi inspirasi bagi seniman dunia dalam mengekpresikan seni budaya berkarakter dan peradaban yang mampu seiring masa kekini-kinian.

Reporter Economic Travelling.Com, Ridzky Husna, yang menyaksikan selama dua hari pahelatan menulis sejumlah catatan penting bagaimana BIPA yang menjadi jendela dunia seni budaya sebuah event internasional yang mengenalkan lebih jauh kota Banjarmasin sesungguhnya. Tak hanya itu bagi Banjarmasin ini wadah kreasi dan jiwa pergelaran seni budaya berkelas dunia.

 

Kreasi yang memadukkan inspirasi kearifan lokal.(Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Tak heran selama dua hari dihelat di halaman Balai Kota Banjarmasin, memukau ribuan penonton, termasuk Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor bersama sejumlah pejabat penting lainnya serta penikmat seni budaya dari lintas generasi.

BIPA adalah kegiatan pertunjukan seni yang meliputi seni tari, seni teater yang bersifat kontemporer. Kegiatan bertaraf internasional tersebut menghadirkan para seniman luar negeri, dalam negeri luar provinsi dan dalam Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada pergelaran seni budaya tahun 2023 ini, sejumlah delegasi luar negeri turut meramaikan BIPA. Mereka adalah utusan Malaysia yang membawa 11 orang seniman, dan Lithuania 8 orang seniman dunia. Tak ketinggalan terdapat, Singapore yang membawa 10 orang seniman berbakat dan tak kalah seru meskipun cuma berdua Jepang sudah memberikan kesan luar biasa. Negeri Matador Spanyol, meski hanya berkekuatan satu orang bernama Rodrigo Parejo, mampu mengejutkan pengunjung BIPA 2023.

 

Harmonisasi dalam biru dan etnik, harmonisasi nada indah apresiasi seni kita. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

Catatan panitia menyebutkan ada total 5 negara dengan jumlah seniman 32 orang. selain itu juga delegasi seni luar daerah luar provinsi, yaitu Jogjakarta 6 orang, Kutai 14 orang, termasuk 4 grup dari Kalimantan Selatan serta bintang tamu Sruti Respati dari Solo.

“Welcome to Banjarmasin, the city of a thousand rivers merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami yang pada tahun ini berkesempatan menggelar event bertaraf internasional untuk Pertama kali nya di Kota Banjarmasin,” begitu kata Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor saat membuka resmi BIPA 2023, Senin (04/09/2023).

Bagi Banjarmasin sendiri ini menjadi event yang diharapkan pula mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara. Karena BIPA adalah salah satu program acara seni budaya yang menjadi kado khusus Peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-497.

Bertajuk “My river my inspiration” Arifin menyebutkan, BIPA 2023 menjanjikan sebuah pengalaman tak terlupakan dalam dunia seni pertunjukan yang menyatukan bakat dan semangat para seniman dari seluruh dunia khususnya di kota seribu sungai yang penuh dengan inspirasi.

 

Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor menyebut BIPA 2023 menginspirasi dan menjadi wadah seniman mengepresikan seni budaya berkelas dunia. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

BIPA sendiri menurutnya bentuk nyata komitmen pemko Banjarmasin  mempromosikan seni dan budaya sebagai jembatan pemahaman antar bangsa yang menghadirkan ragam keindahan dan kekayaan budaya dari berbagai negara, komunitas seni di Kabupaten dan Kota se-Kalsel serta luar daerah lainnya di nusantara.

“Besar harapan kami, agar BIPA dapat menjadi wadah yang mempertemukan berbagai komunitas seni, memperkuat katan budaya antar daerah dan antar bangsa, serta memperkaya pengetahuan dan apresiasi kita terhadap ragam senidan budaya di dunia,” harapnya.

Tak hanya mengantarkan Banjarmasin menjemput dunia, event kali ini juga menempatkan sosok perempuan cantik berkharisma menjadi sosok sentral pada gelaran yang banyak diapresiasi berbagai kalangan. Dia adalah Gita Khinanti, Maskot BIPA 2023.

“Keren dan merupakan pengalaman yang sangat berkesan meskipun digelar pertama di Banjarmasin.Sebuah event internasional yang menginspirasi.Tentunya memberikan peluang emas untuk kita mengekspresikan bersama dan semakin banyak delegasi yang datang ke Banjarmasin,” katanya turut bangga BIPA 2023 bisa sukses dan mendulang pujian.

 

Pesan Indah sebuah kreasi anak muda menjaga kearifan lokal. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

BIPA memang menyisakan kenangan terbaik sebagai salah satu event unik dan tidak biasa hadir di Banjarmasin. Karena banyak atraksi seni budaya tampil mempesona.Setidaknya juga dilihat pada hari kedua, rancak dan mengejutkan. Seperti penampilan Pulung Dance Studio asal Yogyakarta yang diselingi oleh Sanggar Tari lokal Kamilau Intan Kabupaten Banjar. Kemudian, dilanjutkan dengan kesenian Basape dari Kalimantan dan perpaduan instrumen musik oleh grup Akaracita asal Banjarbaru.

“Ini penampilan berkelas dan beruntunglah masyarakat seni dan warga Banjarmasin bisa menyaksikan langsung penampilan spesial spesial dari delegasi Lithuania, Aura Dance Theatre, delegasi Singapura, Singapore Chinese dan Maya Dance Theatre, delegasi Jepang, Miray Kawashima & Yuka Koyama. Penutupan juga semakin sempurna dan ekselen banget dari Sanggar Pusaka Saijaan berkolaborasi dengan Maskot BIPA 2023, Gita Khinanti,” kata Muhammad Risanta, Jurnalis Senior Transmedia Grup dan penggiat pariwisata nasional.

BIPA 2023 juga diapresiasi khusus Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Pusat. Karena dinilai sebagai salah satu event berskala nasional yang layak untuk membawa Banjarmasin menjadi salah satu pintu gerbang seni budaya dunia. Di satu sisi event khusus dan spesial yang digarap Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin, akan menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dan nusantata melihat pertunjukan dan mengunjungi destinasi wisata lainnya di kota bersejarah, Banjarmasin.

“Ini keren dan menginspirasi. Sangat bagus untuk dalam pengembangan pariwisata kota Banjarmasin. Karena tak hanya melihat dari dekat destinasi wisata dan sejarah peradaban di kota seribu sungai, wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan spektakuler dan berkelas dunia di Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023. Insya Allah mengandeng travel agent dan pelaku wisata lainnya, kami pikir ini sebuar kolaborasi bagus dan harus menjadi perhatian juga Pemko Banjarmasin,” ujar Agus Pahlevi, Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI).

 

Sampai bertemu di BIPA 2024 kata Asisten Pemerintahan & Kesra, Dr Machli Riyadi,saat menutup pergelaran seni budaya yang menyedot perhatian publik seni dunia. (Foto-Diskominfotik Banjarmasin).

 

Suksesnya BIPA 2023 ini juga diapresiasi spesial seorang Asisten Pemerintahan & Kesra, Dr Machli Riyadi. Saat menutup resmi acara ini pun , tak lupa pejabat yang dikenal low profil dan dekat dengan kalangan media ini, memberikan pengharaan dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh negara partisipan yang ikut andil dalam event BIPA 2023.

“Atas nama pemerintah kota Banjarmasin kami sampaikan penghargaan dan terimakasih yang luar biasa kepada seluruh negara-negara yang telah berkontribusi dalam acara. Paling spesial juga kepada warga Banjarmasin, wisatawan yang sangat antusias meramai event ini.Ini benar-benar menginspirasi semua dan menjadi hiburan serta kebahagiaan bagi masyarakat Banjarmasin.Karena itu sampai jumpa di BIPA 2024,” kata Machli Riyadi saat menutup secara resmi Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023, Selasa malam (05/09/2023).(Ridzky Husna)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version