Legenda “ Raja Jalanan” Menjelajah Banjarmasin Hingga Ke Taboneo

0

Founder Global Laskar King Borneo, HM Zain bersama Tim Panitia Touring Banjarmasin-Taboneo 2023.

 

Global Laskar King Borneo (GLKB) Kampanyekan Safety Riding

Banjarmasin — Ratusan pencinta sepeda motor legendaris Yamaha RX-King, bakal mengaspal kembali setelah lama tak terdengar.Kabar terbaru, mereka yang hobbi touring bakal merasakan sensasi “lama Rasa Baru” kehebatan motor yang melegenda dari lintasan waktu ini.

Karena Minggu (03/09/2023) penggemar “Raja Jalanan” menjelajahi Banjarmasin-Taboneo, Kabupaten Tanah Laut. Touring yang digagas Global Laskar King Borneo (GLKB) memberikan warna tersendiri untuk meramaikan kembali keberadaan kendaraan besutan tahun 1983.

Touring berbasis charity tentu paling dinanti komunitas motor yang sejak berdiri selalu mengkampanyekan tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan di jalan raya untuk diri sendiri dan orang lain.

Event silaturahmi jalan raya sendiri, tidak terlepas dari sosok pria bernama Haji Muhammad Zain.Maklum saja, Haji Zain, salah satu pengusaha bersahaja Banua ini, merupakan penggagas kegiatan sekaligus Pendiri (Founder) GLKB. Pria yang dikenal low profile memang memiliki Hobi sekaligus kecintaan terhadap dunia otomotif sejak masih berusia remaj. Tak heran inilah memotivasi Haji Zain untuk menghimpun sesama pecinta otomotif khususnya RX-King ke dalam suatu wadah organisasi.

Berawal dari aktivitas refreshing sesekali melakukan touring di dalam Kota Banjarmasin bersama teman dan kolega, selanjutnya muncul gagasan untuk merealisasikan terbentuknya organisasi komunitas pecinta RX-King.

“Komunitas ini memang kira arahkan bersama  dalam berbagai kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Mulanya memang sekedar refreshing, tapi kelamaan antusias pencinta motor ini cukup tinggi, akhirnya terpikir untuk menjadikan komunitas pecinta RX-King sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas),” cerita Haji Zain, kepada Economic Travelling.Com, Kamis (31/08/2023).

 

Pendiri sekaligus pendiri Pembina Global Laskar King Borneo (GLKB) HM.Zain bersama Jurnalis Senior Transmedia Grup, Muhammad Risanta, saat pengecekan unit-unit RX-King yang akan diberangkatkan Touring.

Haji Zain tak menepis, jika masih adanya stigma negatif di kalangan masyarakat terhadap keberadaan komunitas otomotif, khususnya klub pecinta RX-King. Sejak kali pertama diproduksi dan dipasarkan pada tahun 1983 silam, RX-King dalam waktu singkat sukses meraih predikat “Raja Jalanan”. Performa mesin dan chasis yang gahar, plus suara knalpotnya yang sangar, kian meneguhkan julukan angker RX-King sebagai penguasa jalan raya.

“Justru berbagai stigma negatif itulah yang kami jadikan tantangan untuk secara perlahan bisa berubah jadi simpati dan sambutan positif masyarakat. Lewat kegiatan kopi darat seperti touring, kumpul-kumpul dan sebagainya, kepada seluruh anggota keluarga besar GLKB akan selalu diingatkan agar senantiasa menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai-nilai positif eksistensi GLKB sebagai Ormas,” tegas Haji Zain.

Nilai-nilai positif menurutnya adalah selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara, baik keselamatan diri pengendara, keselamatan sepeda motor yang dikendarai, dan terlebih lagi keselamatan pengguna jalan lain. Kedua, solidaritas terhadap sesama, tidak saja sesama pecinta RX-King akan tetapi juga sesama komunitas otomotif bahkan sesama anggota masyarakat di mana GLKB hadir dan beraktivitas.

Selain itu mereka menekankan bijak dalam beraktivitas, dengan mengarahkan sasaran kegiatan GLKB ke tujuan positif dan diharapkan bisa mendatangkan kemanfaatan. Dan terpenting adalah menjaga nama baik serta menaati segala ketentuan dan aturan organisasi. “

“Poin-poin penting itulah yang bakal menjadi sikap inti GLKB sebagai Ormas, yang tentunya juga memiliki visi misi dan tujuan organisasi. Tapi yang perlu digarisbawahi, GLKB itu Ormas lintas strata dan lintas sektor. Kami tidak membatasi keanggotaan pada suku, agama, usia atau kelompok tertentu dan sebagainya,” tegasnya.

Ketua Pelaksana Touring GLKB Banjarmasin-Tabanio 2023, H. Ariza Darmawan, menambahkan kegiatan touring bersama itu ada misi khusus yang ingin mereka bawa. Bukan sekedar kopi darat dan silaturahmi saja, namun juga ada misi sosial dan kemanusiaan untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, misi inilah yang selalu kami kedepankan, salah satunya menyiapkan dan membagikan paket sembako untuk dibagikan kepada warga yang kami lintasi terutama di Taboneo. Insya Allah ke depannya juga, GLKB juga sudah punya rencana kegiatan kegiatan lainnya,”ujar Ariza yang mengaku sangat berterimakasih dengan dukungan semua pihak termasuk juga warga Taboneo. (Olpah Sari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version