Merdeka, Merah Putih Raksasa Berkibar di Puncak Tambora

0

 

Merdeka, NKRI harga mati begitu pekikan ratusan pendaki dan wisatawan dari puncak Gunung Tambora, Kamis (17/08/2023).Haru bercampur bahagia begitu bendera raksasa sepanjang 250 meter berkibar dipuncak Tambora, yang dibentangkan para pendaki yang dipimpin Andi Sukandi.

Rasa haru ini terlihat dari wajah para peserta yang memadati puncak, begitu penghormatan terhadap bendera merah putih berkumandang dari aktivis lingkungan, Andi Sukandi. Sejumlah pendaki tak mampu menahan tangis haru bisa mengibarkan massal bersama masyarakat, wisatawan dan Jurnalis dari puncak gunung yang begitu melegenda.

“Alhamdulillah, akhirnya bisa bersama Abah datang kesini dan bersama-sama mengibarkan bendera merah putih dengan teman-teman seluruh Indonesia. Terharu, ini sejarah seumur hidup bisa berada di hari Kemerdekaan di puncak gunung Tambora, sebuah gunung ternama selain Rinjani di Nusa Tenggara Barat, tutur Dr Syifa, dokter spesialis kandungan asal Sampit, Kalteng, yang ikut ekspedisi Merah Putih ke Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat.

Syifa sendiri bersyukur bisa mengikuti event Kemilau Tambora 2023, yang dilakukan komunitas KPA Algura (Komunitas Pencinta Alam Anak Lereng Gunung Tambora) berkolaborasi Elang Khatulistiwa Indonesia.Selain bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan ratusan pendaki dan wisatawan, Syifa juga merasa ada nilai-nilai positif kebangsaan dan cinta tanah air melalui kegiatan nasional yang juga didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perhutani dan Taman Nasional Tambora.

“Keren ini perjalanan yang melelahkan menuju puncak.Namun rasa lelah itu terbayar dengan keindahan-keindahan yang ditawarkan dari atap Tambora.Sungguh pemandangan luar biasa, Indahnya Tambora indahnya wisata Indonesia.Alhamdulillah, terima kasih kawan-kawan KPA Algura dan Elang Khatulistiwa Indonesia, terima kasih Bang Risanta CNN dan Bunda Olpah Sari Economic Travelling.Com,” ucap Reny, pendaki dari Bandung.

 

Sejumlah pendaki meramaikan Kemilau Tambora 2023, dalam pengibaran bendera merah putih sepanjang 250 meter.

Sebelum melakukan pembentangan bendera raksasa sepanjang 250 meter, para peserta Kemilau Tambora 2023, melakukan pendakian dengan titik nol di Taman Nasional Tambora, Kawinda To’I, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Kontingen pendaki sendiri sebelumnya dilepas secara resmi oleh Muspika Kawinda To’I,. melakukan longmarch.

Pendakian sendiri berjalan alot, maklum beberapa trek benar-benar menantang. Meskipun begitu secara umum pendakian ke Gunung Tambora sendiri terbilang aman bagi pendaki. Karena beberapa trek yang tersedia nyaman untuk dilintasi dibawah rindang pepohonan. Selain itu demi memudahkan pendaki melakukan perjalanan menuju puncak, sejumlah pemandu wisata dan porter siaga di setiap pos.

“Inilah adalah salah satu upaya kami mengenalkan lebih luas  lagi wisata minat khusus, terutama wisata pendakian. Tentunya kami juga berusaha memudahkan pendaki mencapai puncak, termasuk pada kegiatan Kemilau 2023,. Alhamdulillah para pendaki terjalin komunikasi dengan baik dengan kami dan Taman Nasional Tambora, sehingga program pendakian berjalan aman, nyaman, selamat pulang dan pergi naik gunung,”kata Tubiansyah, Ketua Komunitas Pencinta Alam Anak Lereng Tambora.

 

Jurnalis senior Transmedia yang juga Ahli Pers Dewan Pers ikut meramaikan Pendakian Kemilau Tambora 2023.

Sementara Ketua Panitia Kemilau Tambora 2023, Hanafi, mengapresiasi antusias para pendaki dan pelancong yang meramaikan pengibaran merah putih di puncak Tambora. Pihaknya sendiri sangat berterima kasih dengan suksesnya kegiatan tahun ini.

“Harapannya kegiatan serupa tahun depan bisa dilaksanakan lagi dengan jumlah peserta  yang semakin banyak.Harapannya ini juga mendorong kedatangan wisatawan mancanegara dan nusantara lebih meningkat lagi,” ujar Hanafi optimis. (Olpah Sari).

 

Tubiansyah Ketua Komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Exit mobile version